Situs Resmi ‘RPG Maker MV’ Tayangkan Trailer, Ungkap Detil Perdana

August 8, 2015 15:00
Situs Resmi ‘RPG Maker MV’ Tayangkan Trailer, Ungkap Detil Perdana

Setelah pengumumannya, Enterbrain dan Degica telah membuka situs resmi untuk RPG Maker MV (link untuk situs versi Jepang) yang menayangkan trailer perdananya dan juga menjelaskan fitur-fitur baru yang dihadirkan.

RPG Maker MV akan dirilis untuk PC dan Mac. Degica juga sudah mengkonfirmasikan bahwa “game” ini juga akan dirilis dalam versi bahasa Inggris, sama seperti entri sebelumnya, RPG Maker VX Ace.

Berikut adalah detil untuk masing-masing fitur barunya.

Dukungan untuk Berbagai Perangkat

Sekarang game yang kalian buat bisa dirilis sebagai game smartphone. Kalian akan bisa merilis game-nya dalam lima format: EXE untuk Windows, APP untuk Mac, APK untuk Android, IPA untuk iOS, an HTML5 untuk bisa dimainkan di browser.

Pilih Pertarungan dengan Tampilan Depan atau Samping

rpg-maker-mv-battle

Sebelumnya, RPG Maker hanya mendukung pertarungan dengan tampilan dari depan. Sekarang di RPG Maker MV ada opsi untuk menggunakan pertarungan dengan tampilan dari samping ala Final Fantasy klasik.

Dukungan Kontrol dengan Sentuhan dan Mouse

rpg-maker-mv-battle

Karena diperlukan untuk bisa bermain di smartphone dan tablet, RPG Maker MV mendukung permainan dengan kontrol sentuhan. Contohnya, ketika ingin menggerakan party, kalian hanya perlu menekan pada wilayah yang ingin dituju saja. Ketika bermain di PC, game-nya akan mendukung permainan dengan mouse, dan tentunya dengan keyboard dan game pad.

Batas Item Database Meningkat ke 2.000

rpg-maker-mv-database

Di RPG Maker VX Ace, database-nya hanya mendukung hingga 999 entri saja (sudah termasuk skill, item, senjata, armor, karakter musuh, dan grup musuh), tetapi di RPG Maker MV, batas database-nya sudah ditingkatkan dua kali lipat menjadi 2.000 entri.

Peta Otomatis Menjadi Tiga Lapisan

rpg-maker-mv-resolusi

Di RPG Maker VX Ace, bagian transparan dari tile ketika menimpa tile di lapisan atas akan terlihat dan tidak bisa dihilangkan. Tetapi sekarang di RPG Maker MV, masalah tersebut tidak akan muncul lagi karena program akan otomatis pindah dari lapisan atas dan lapisan bawah, yang artinya sekarang struktur tiga lapisan bisa diwujudkan.

Resolusi Game Ditingkatkan

rpg-maker-mv-peta

RPG Maker VX Ace hanya mendukung resolusi 544×416. Sedangkan RPG Maker MV sekarang mendukung resolusi yang lebih tinggi yaitu 816×624. Resolusi untuk tile pun meningkat dari 32×32 menjadi 48×48. Secara keseluruhan, semuanya meningkat 1,5 kali.

Kalian bisa melihat informasi lengkapnya di situs resminya.

Sumber: Gematsu

Sorry. No data so far.