[Monday Music] Yuna Ito

August 24, 2015 9:39 pm
[Monday Music] Yuna Ito

Pada hari Senin kali ini, saya akan membahas artis yang berbeda dari artis Monday Music yang biasanya saya bahas. Bila saya biasanya membahas band-band yang keras dan didominasi oleh mereka yang berbatang, hari ini saya ingin membahas salah satu penyanyi wanita dengan suara merdu yang paling saya suka, Yuna Ito.

Penyanyi yang lahir pada tanggal 20 September 1983 ini lahir di Los Angeles, California. Ayahnya adalah seorang Jepang yang menikahi seorang wanita berdarah Korea-Amerika, menurunkan DNA campuran yang membuat parasnya eksotik bagi seorang penyanyi Jepang. Pada awalnya, keinginan Yuna Ito menjadi penyanyi ditentang oleh kedua orangtuanya yang ingin anaknya menyelesaikan studi dan bertemu dengan pria baik-baik saja. Karena itu, setelah lulus SMA, Yuna pergi ke Jepang untuk memenuhi mimpinya.

Yuna memulai debut-nya dengan memerankan Reira Serizawa dari drama adaptasi seri populer Nana. Saat itu single lagu “Endless Story” miliknya berhasil duduk di posisi kedua tangga lagu Oricon. Setelah itu, Yuna Ito mengeluarkan album pertamanya yang berjudul “Faith/Pureyes” dan berhasil mencapai peringkat keenam dalam tangga lagu Oricon.

“Pertemuan” pertama saya dengan Yuna terjadi saat saya mendengar lagu “Trust You” yang dinyanyikan Yuna sebagai salah satu lagu penutup di seri Mobile Suit Gundam 00. Saat pertama kali saya mendengar suaranya, saya langsung jatuh cinta dengan rentang suaranya yang begitu luas dan betapa menyejukkan suaranya terdengar saat mencapai nada tinggi.

Yuna bercita-cita menjadi seorang penyanyi karena terinspirasi oleh diva terkenal, Celine Dion. Yuna juga pernah menyanyikan ulang salah satu lagu paling terkenalnya, “My Heart Will Go On” yang menjadi lagu tema Titanic. Saat Celine Dion mendengar rendisi ulang Yuna, Celine langsung menawarkan Yuna untuk melakukan duet yang kemudian menjadi single ke-10 Yuna dengan judul “Anata ga Iru Kagiri: A World to Believe In.

Pada tahun 2010, Yuna mengeluarkan proyek “Yougaku Cover wo Yatte Hoshii” yang berarti aku ingin menyanyikan lagu barat. Proyek tersebut dipublikasikan lewat acara radio Heart to Heart miliknya. Setelah itu, dari 10 lagu barat, para penggemar diperbolehkan memilih lagu mana yang ingin mereka dengar. Lagu pertama yang mendapat suara terbanyak adalah “I Don’t Want to Miss A Thing” dari band Aerosmith. Lagu kedua adalah “She” milik Elvis Costello, dan yang ketiga adalah lagu “Hard to Say I’m Sorry” milik Chicago.

Sampai saat ini, Yuna sudah mengeluarkan 3 album (Heart, Wish, dan Dream) yang dirilis pada tahun 2007, 2008, dan 2009. Pada tahun 2010, Yuna merilis sebuah album kompilasi Love: Singles Best 2005-2010 yang berisi kumpulan lagu single miliknya yang juga album terakhirnya sampai saat ini.

Saat ini, Yuna Ito sudah lama tidak berkarya dan sepertinya memiliki kesibukan sendiri yang tidak terlalu jauh dari dunia hiburan. Dalam akun twitter-nya pun Yuna beberapa kali terlihat sedang melakukan sesi rekaman atau menyelesaikan lagu yang ingin dia nyanyikan berikutnya. Namun untuk kembalinya Yuna aktif di dunia hiburan, mungkin hanya dia dan Tuhan yang tahu tanggal pastinya.