[Monday Music] Angela

August 31, 2015 7:33 pm
[Monday Music] Angela

Kalau kalian sudah mengikuti anime dan anisong sudah cukup lama, mungkin nama Angela sudah tidak asing lagi bagi kalian. Band yang sudah lama bergelut di dunia anisong ini terdiri dari dua anggota: Atsuko dan Katsu.

Di Angela, Atsuko adalah vokalis, sedangkan Katsu bertanggung jawab atas keyboard dan gitar. Tetapi lagu-lagu Angela biasanya dikarang mereka sendiri.

Memang nama Angela sekarang sudah sangat terkenal. Tetapi perjalanan Angela hingga saat ini tidaklah mudah. Sebelum membentuk Angela, Atsuko dan Katsu adalah anggota band yang berbeda, bahkan mereka pernah bersaingan. Mereka berdua berasal dari kota Okayama.

Masing-masing band tempat Atsuko dan Katsu berada memiliki target untuk debut di Tokyo. Tetapi seiring waktu berlalu, satu per satu anggotanya keluar. Akhirnya, masing-masing band hanya tinggal Atsuko dan Katsu saja.

Di tahun 1999, mereka akhirnya debut dengan nama ANGELA di bawah label Warner Music dengan single “memories” yang menjadi lagu opening untuk serial anime Shin Hakkenden. Tetapi di tahun 2000, mereka memutuskan untuk berpisah dengan Warner Music dan kembali menjadi indie band dengan nama angela.

Selama menjadi indie band, Angela manggung di jalanan. Mereka terus manggung di jalanan hingga tahun 2002 ketika produser Go Nakanishi menemukan mereka. Angela pun akhirnya bergabung dengan King Records, tempat Nakanishi bekerja.

Di 2003, Angela kembali lagi debut melalui single “Asu e no Brilliant Road” yang menjadi lagu opening dari serial anime Uchuu no Stellvia. Tetapi nama angela benar-benar meroket ketika single “Shangri-la” dirilis. Single yang dirilis pada tahun 2004 dan menjadi lagu opening dari serial Soukyuu no Fafner tersebut berhasil menduduki posisi 12 di Oricon Chart ketika dirilis.

Di tahun 2004, Angela juga mencetak rekor dengan tampil dalam konser di luar Jepang untuk pertama kalinya. Tepatnya tampil di Otakon di Amerika. Berkat penampilan ini, album mereka yang berjudul “Sora no Koe” dirilis di seluruh Amerika Serikat.

Salah satu keunikan Angela adalah ketika mereka tampil di konser. Katsu suka menyampaikan pidato Gihren Zabi dari anime Gundam pertama yang disampaikan ketika Garma Zabi mati di perperangan. Pidato ini juga pernah dilakukan Katsu ketika tampil di Indonesia dalam AFA ID 2012. Dalam sesi ini, biasanya penonton ikut berinteraksi dengan menyahut “Sieg Zeon!”

monday-music-angela-afaid

Single terbaru dari Angela adalah “DEAD OR ALIVE” yang akan dirilis pada tanggal 11 November 2015. Single ini merupakan lagu opening dari serial anime Soukyuu no Fafner Exodus.