Kalian Tidak akan Berburu Monster di ‘Monster Hunter Stories’

September 4, 2015 2:52 pm
Kalian Tidak akan Berburu Monster di ‘Monster Hunter Stories’

Setelah trailer perdana yang diperlihatkan dalam Monster Hunter Festa ’15, Capcom akhirnya merilis banyak informasi seputar “Monster Hunter Stories” lewat situs resminya. Game untuk Nintendo 3DS ini adalah spin-off dari seri Monster Hunter, tetapi kalian disini tidak akan berburu monster, melainkan berteman dengan monster.

Informasi yang diungkapkan oleh situs resminya sangat banyak, mulai dari perkenalan cerita, karakter-karakternya, hingga sistem pertarungannya.

Cerita

Cerita Monster Hunter Stories dimulai di Rider Village. Di sana, kalian yang menjadi tokoh utama baru saja menyelesaikan uji coba untuk menjadi Rider dan mendapatkan Kizuna Stone dari kepala desa. Bersama rekan perjuangan kalian di uji coban yang bernama Nabiru, kalian akan pergi menjelajahi dunia di luar desa.

Tetapi di tempat yang jauh, terdapat sebuah kegelapan yang semakin mendekat. Orang-orang mulai menyadari terjadi perubahan besar dalam kehidupan sehari-hari dan lingkungan sekitar. Orang-orang yang telah menjadi Rider dan Hunter harus membuktikan kemampuan mereka. Kunci misteri terdapat dalam kekuatan rahasia yang ada di dalam Kizuna Stone. Sebuah kebenaran mengenai legenda kuno.

Karakter

Protagonist (Laki-laki atau Perempuan)

monster-hunter-stories-protagonis

Lahir dan dibesarkan di Rider Village. Tokoh utama Monster Hunter Stories adalah seorang remaja yang penuh semangat. Sejak kecil, dia ingin menjadi Rider dan pergi mengelilingi dunia.

Nabiru

monster-hunter-stories-nabiru

Felyne unik yang pergi berpetualang bersama tokoh utama.

Senpai Rider

monster-hunter-stories-senpai

Rider penuh semangat yang baik hati. Dia memberikan berbagai saran kepada tokoh utama yang ingin menjadi Rider.

Childhood Friend (Perempuan)

monster-hunter-stories-osananajimi-ce

Gadis periang yang penuh semangat dan rasa ingin tahu. Dia selalu menarik sang tokoh utama kemana-mana.

Childhood Friend (Laki-laki)

monster-hunter-stories-osananajimi-co

Teman masa kecil tokoh utama yang baik dan terlihat dewasa. Sama seperti sang tokoh utama, dia juga ingin menjadi Rider.

Village Mayor

monster-hunter-stories-mayor

Elder dari Dragon Tribe yang mengawasi tokoh utama dan warga desa dengan baik hati. Dia adalah orang tua yang suka jahil dan plesetan kata-kata.

Felyne dan Melynx

monster-hunter-stories-airu

Makhluk kucing imut yang bisa mengerti ucapan dan berkomunikasi dengan manusia.

Dunia

monster-hunter-stories-dunia

  • Hunter Village: Sebuah kota di pinggir laut tempat para Hunter berada. Terdapat berbagai gedung dan pasar, serta Hunter Guild yang dimiliki oleh Guild Master
  • Starter Field: Dataran yang dipenuhi dengan tetumbuhan dan reruntuhan kuno. Juga terdapat lembah yang ditengahnya terdapat monster besar.
  • Lokasi Lainnya: Sama seperti seri utama Monster Hunter, akan ada berbagai macam field seperti padang pasir yang panas, hutan yang pekat, hingga gua es.

Sistem Pertarungan

Monster Hunter Stories menggunakan sistem pertarungan turn-based. Ketika bertarung, kalian akan menggunakan opsi “Power,” “Technique,” dan “Speed.”

monster-hunter-stories-opsi

Masing-masing monster memiliki kebiasaan yang khas, jadi jika kalian memperhatikan dengan teliti, kalian bisa menentukan apa yang akan menguntungkan ketika bertarung.

Monster yang kalian kendarai adalah “Otomon.” Monster-monster tersebut memiliki pikiran dan akan bertindak sendiri. Jadi kalian harus memperdalam hubungan agar mereka bisa bergerak sesuai perintah kalian. Di saat tertentu, kalian bisa melakukan serangan kombinasi antara Rider dan Otomon.

Sama seperti seri utama Monster Hunter, Rider di Monster Hunter Stories juga bisa menggunakan senjata, dan serangan akan bergantung pada tipe senjata yang digunakan. Contohnya Large Sword memiliki skill charge yang khas, sedangkan Sword and Shield memiliki skill shield bash.

monster-hunter-stories-kizuna

Ketika relasi antara Rider dan Otomon sudah cukup tinggi, kalian bisa mengaktifkan “Ride On” untuk meningkatkan kemampuan. Dengan menggunakan Kizuna Stone, kalian bisa menggunakan “Bond Technique” yang serangannya akan bervariasi, bergantung pada monster yang ditunggangi.

Telur Otomon

monster-hunter-stories-egg

Kalian bisa menemukan telur di field dan membawanya pulang ke desa untuk dipelihara. Monster yang akan kalian dapatkan bergantung pada dimana kalian mendapatkan telurnya.

Detil Interview

Beberapa detil tambahan juga didapatkan dari wawancara antara Capcom dengan Famitsu.

  • Karena ada banyak pemain yang tertarik dengan dunia Monster Hunter, Capcom coba meneliti game RPG yang memanfaatkan setting-nya selama lima hingga enam tahun. Game-nya baru mulai dikerjakan dua tahun lalu.
  • Ada banyak orang yang menyukai monstenya, jadi sekarang mereka menyoroti monsternya.
  • Capcom ingin pemain semua umur bisa memainkan game ini. mereka membuat visual dan setting dunianya sefamiliar mungkin. Dan mereka menyadari bahwa ceritanya tidak terlalu serius.
  • Pertarungan dengan opsi “Power,” Technique,” dan “Speed” tidak hanya bergantung pada keberuntungan saja. Contohnya, Velociprey senang dengan kecepatan. Masing-masing monster memiliki ciri khas. Dengan bertarung berkali-kali, kalian bisa mempelajari ciri khasnya.
  • Tokoh utamanya bisa membentuk party dengan beberapa monster. Ketika bertarung, kalian hanya bisa menggunakan satu monster saja. Kalian bisa menukar monster ketika di tengah pertarungan.
  • Meski tokoh utama ikut bertarung, perannya lebih berfokus sebagai support. Serangan akan dilakukan oleh Otomon.
  • Masing-masing Otomon memiliki kemampuan yang unik. Bahkan, kadang-kadang kalian bisa mencapai daerah yang biasanya tidak bisa dicapai dengan menggunakan kemampuan Otomon.
  • Area baru yang belum pernah ada di game sebelumnya akan hadir di Monster Hunter Stories.
  • Rider akan menjalin hubungan dengan monster, sedangkan Hunter berburu monster. Dengan visi yang berbeda antara dua grup ini, Monster Hunter Stories akan menceritakan dunia Monster Hunter yang dalam.

Monster Hunter Stories akan dirilis di Jepang ada tahun 2016 untuk Nintendo 3DS. Versi Inggris memang masih belum ada kabar, tetapi saat ini jumlah penggemar Monster Hunter di luar Jepang semakin banyak. Jadi kalian masih bisa berharap untuk bisa memainkan game ini.

Sumber: Gematsu