[Monday Music] Nano

September 7, 2015 6:33 pm
[Monday Music] Nano

Hari ini, JOI punya penyanyi wanita yang menggemparkan dunia anisong beberapa tahun lalu lewat suaranya yang tomboy dan dalam. Senin ini, penyanyi yang akan kami bahas tidak lain adalah Nano yang akan tampil pada gelaran AFA ID 2015 mendatang di JI Expo. Apakah kamu sudah tidak sabar ingin melihatnya tampil di panggung?

joi - monday music nano (2)

Bagi para penggemar anime, pastinya kamu mengenal Nano saat dia mengisi lagu tema untuk beberapa anime. Sebut saja Aoki Hagane no Arpeggio dimana dia berkolaborasi dengan My First Story, Nano juga pernah mengisi lagu tema untuk anime Btooom! dan M3 the dark metal. Namun sebenarnya, Nano sudah berkiprah di dunia tarik suara jauh sebelum itu.

Dara kelahiran New York pada tanggal 12 Juli 1988 ini sekarang berumur 27 tahun dan tinggal di Jepang setelah lama tinggal di Amerika. Pada awalnya, Nano menggunakan situs Youtube untuk mengunggah beberapa lagu yang dinyanyikannya. Pada tahun 2006 sampai 2007 dia menggunakan nama RogueRouge dan menggantinya dengan xoxonano mulai tahun 2007 sampai 2009. Tahun 2010 Nano menghapus kedua kanal tersebut dan memulai debut di Nico Nico Douga sebagai utaite.

Karena pernah tinggal di Amerika, Nano dapat menyanyikan baik lagu Jepang maupun lagu Amerika dengan baik. Beberapa lagu yang dinyanyikannya pun diubah liriknya ke dalam bahasa Inggris seperti lagu Just Be Friends milik Megurine Luka yang dinyanyikannya kembali.

Suara Nano yang berat dan dalam sangat cocok dengan lagu-lagu keras bertema rock, sehingga Nano dengan cepat mengambil hati saya. Apalagi saat dia berkolaborasi dengan My First Story lewat lagu Savior of Song. Saya sempat berpikir jangan-jangan merekalah ‘penyelamat musik’ dari Jepang yang sebenarnya.

Kepiawaian Nano menyanyi dan menggunakan bahasa Inggris kemudian menarik perhatian label rekaman Flying Dog yang kemudian mengontrak Nano sebagai seorang penyanyi profesional di tahun 2012. Nano meluncurkan album pertamanya, “Nanoir” pada tanggal 14 Maret 2012 disusul debut live pertamanya setahun kemudian di tanggal 16 Maret 2013.

Selain anime, lagu Nano pernah mengisi berbagai macam game dan juga acara lainnya di Jepang. Seperti misalnya “Identity Crisis” dan “Restart” untuk game Warriors Orochi, “Happy Ending Simulator” untuk game arcade Gunslinger Stratos 2. Nano menyanyikan “Infinity≠Zero” untuk acara live-action Bakumatsu Kokousei dan “Scarlet Story” untuk acara boneka Sherlock Holmes.

Sampai saat ini, Nano terus berkarya dan lagunya benar-benar pas dinikmati segala kalangan. Karena Nano juga bisa menyanyikan lagu yang sedikit sendu seperti cover lagu “Glow” Vocaloid yang dinyanyikan ulang olehnya. Tapi bila kamu merasa sedikit ingin menggila, mungkin kamu cocok dengan “Nevereverland.

Juga jangan lupa, bagi kamu yang ingin melihat Nano tampil di Indonesia, jangan lupa untuk datang ke gelaran AFA ID 2015. Kamu bisa ikut menggila bersama penggemar Nano lainnya. Kamu juga bisa membaca jawaban Nano atas beberapa pertanyaan dari pembaca JOI lewat artikel ini.