[Interview] Para Gadis Cinderella ‘New Generations’ dan Kelebihannya Masing-Masing

September 8, 2015 15:08
[Interview] Para Gadis Cinderella ‘New Generations’ dan Kelebihannya Masing-Masing

Idolm@ster Cinderella Girls, anime yang bercerita tentang para gadis biasa yang memulai karir mereka sebagai idol, saat ini sudah masuk di musim kedua.

Ketenaran anime ini mulai terlihat sejak dari pemutaran episode pertamanya, terutama pada saat pertemuan Uzuki Shimamura dan Rin Shibuya, adegan saat mereka berbicara di taman. Bukan hanya monolog dan pembicaraannya saja, tetapi situasi, pemandangan, dan pencahayaannya menggambarkan suatu keadaan yang penuh dengan “harapan”, mengawali perjalanan mereka dengan animasi yang sangat indah.

CINGALS02

Di samping itu, daya tarik ketiga karakter yang menandai dimulainya CINDERELLA PROJECT juga tidak bisa dikesampingkan. Maka dari itu, untuk kali ini para pengisi suara dari karakter-karakter yang menjadi fokus dari seri ini yaitu Uzuki Shimamura, Rin Shibuya, dan Mio Honda, yang tergabung dalam unit “New Generations”, akan menyatakan daya tarik dari masing-masing karakter yang mereka perankan, kesan terhadap lagu pembukaan musim kedua, “Shine!!”, dan perasaan yang mereka curahkan kepada seri IDOLM@STER Cinderella Girls ini.

CINGALS002

Ayaka Oohashi sebagai Uzuki Shimamura

CINGALS001

Ayaka Fukuhara sebagai Rin Shibuya

CINGALS003

Sayuri Hara sebagai Mio Honda

Bisa beritahu kami poin-poin yang kalian sukai dari masing-masing karakter yang kalian perankan?

Oohashi: Hal yang saya suka dari Uzuki sudah pasti senyumannya. Saat ia sedang tersenyum, gigi depannya-

Hara: Benar-benar to the point, ya! (tertawa)

Fukuhara: Benar juga. Gigi depannya terlihat, ya. (tertawa)

CINGALS UZU01

Oohashi: Senyumannya bukan hanya indah tetapi juga bisa memberikan pengaruh kepada orang-orang lain. Ia memiliki kekuatan untuk menarik teman-temannya. Sifatnya yang teguh pada pendiriannya juga merupakan daya tariknya menurut saya.

Hara: Saat pertama kali saya melihat Uzuki, kesan saya adalah pribadinya sangat ‘biasa’. Meskipun ia adalah seorang gadis yang sangat normal, pada saat tampil di anime, saya merasakan kalau ia adalah seseorang yang sangat berpikir positif (tertawa). Kemampuannya untuk tetap berpikir positif saat keadaan yang tidak memungkinkan menyebabkan semua orang merasa tersentuh dengan perkataannya.

Daya tarik lainnya adalah ia merupakan perempuan polos yang bisa mengatakan kalimat yang agak membuat malu tanpa ragu-ragu.

Oohashi: Ia pintar memuji orang, ya.

Fukuhara: Ya, betul. Ia juga tak mudah terpengaruh orang lain. Ia selalu tersenyum bahkan pada saat keadaan sedang sedih. Senyuman Uzuki memberikan pertolongan kepada teman-teman lainnya.

Oohashi: Benar juga. Pada saat kalian semua memuji Uzuki seperti ini, saya juga merasa senang.

Pada saat berbicara langsung seperti ini, saya juga merasa kalau Oohashi-san pun merupakan orang yang seperti itu, sih.

Oohashi: Eh..? Tidak..

Fukuhara, Hara : (tertawa)

Oohashi: Saya biasanya serius, kok! (tertawa)

MIO 01

Hara: (tertawa) Daya tarik dari Mio tentunya adalah semangatnya untuk beraktifitas. Apapun yang dilakukan Mio, pasti akan memberikan pengaruh kepada orang lain. Ya, tetapi karena hal itu juga, banyak kejadian yang terjadi, sih (tertawa).

Ia bagaikan pusat dari angin puyuh sehingga pada saat ada orang yang ingin menjauhkan diri dari orang lain, ia akan menarik orang tersebut dengan paksa dan menghubungkan orang tersebut dengan orang-orang lainnya.

Fukuhara: Uzuki dan Rin merupakan tipe berbeda yang bergerak sesuai dengan tempo mereka sendiri sehingga Mio bertindak sebagai seseorang yang menggerakkan mereka. Kekuatan komunikasinya sangatlah kuat.

Hara: Ia sangat bersahabat, ya.

Oohashi: Semua orang ia panggil dengan nama singkatan, sih. (tertawa)

Uzuki memiliki kemampuan untuk menggerakkan orang lain sedangkan Mio memiliki kemampuan untuk melibatkan orang lain. Jadi apa kemampuan yang dimiliki oleh Rin?

Fukuhara: Rin itu bagaikan seorang komandan pasukan penyerang. Mengamati keadaan sekeliling dengan kepala dingin dan mengambil sebuah keputusan. Dirinya yang sangat keren tersebut adalah daya tariknya yang paling diunggulkan.

Oohashi: Saya juga merasa pada saat Uzuki dan Mio dalam keadaan gawat, satu-satunya yang tersisa dan bisa diandalkan pada akhirnya adalah Rin.

Fukuhara: Bagaikan sumber listrik cadangan, ya. (tertawa)

Oohashi, Hara: (tertawa)

Fukuhara: Kesan yang diberikan oleh Rin adalah ia bagaikan komandan pasukan yang terletak di barisan pertahanan terakhir.

RIN01

Hara: Dalam arti lain, dari sisi penonton anime, Rin adalah seseorang yang memiliki perasaan yang paling dekat dengan para penonton. Karena mereka melihat dari sudut pandang yang sama, kelebihan dari diri Rin lebih bisa dirasakan penonton.

Fukuhara: Pada saat pertama kali direkrut masuk ke dalam production, aku ingat ia mengatakan, “Ah, anak ini idol, anak itu juga idol. Idol-nya banyak sekali, ya?” (tertawa)

Hara: (tertawa) Benar, benar! Ia bagaikan orang yang mengucapkan kata-kata yang ingin diucapkan oleh para penonton.

Fukuhara: Jadi, kemampuan Rin adalah kemampuan untuk tsukkomi!

Oohashi : (tertawa) Sering sekali Mio dan Uzuki bertindak konyol, Uzuki pun ikut-ikutan dengan Mio.

Hara: Bagaikan boke dan ooboke yang tidak bisa dihentikan, ya (tertawa). Pada saat itulah Rin bertindak sebagai orang yang bisa menghentikan mereka.

Oohashi : Maka dari itulah, teamwork kami sempurna!

Saya ingin bertanya mengenai lagu pembuka musim kedua, “Shine!!”. Pada saat menyanyikan lagu ini, perasaan apa yang kalian sadari?

STAR

Hara: Pertama-tama, mulai dari lagu Star!!(lagu pembukaan musim pertama), saya merasakan adanya perubahan yang lebih dari sekadar suatu perkembangan. Rasanya seperti adanya tujuan yang baru.

Fukuhara: Lirik yang saya sukai adalah “Meskipun langitnya berawan, tetapi pasti di baliknya ada bintang kan?”. Bintang yang kami sebut dalam lagu “Star!!” juga masuk ke dalam lirik untuk lagu baru ini. Lagu ini menggambarkan jalan yang telah diambil oleh para gadis tersebut. Meskipun berada dalam keadaan yang sulit tetapi harapan itu tetap ada. Di sisi lain, lagu “Shine!!” ini bisa kami nyanyikan karena untuk pertama kalinya kami merasakan perasaan yang sama. Nafas kami menjadi satu.

Hara: ”Star!!” memiliki arti “membuka pintu takdir”, tetapi aku menyanyikannya dengan image bagaikan menapakkan kaki ke tanah dan mulai berlari. Para gadis yang sebelumnya berada di dalam mimpi yang indah akhirnya menyadari kenyataan sebagai idol dan mulai berusaha. Itulah yang saya rasakan dalam lirik lagu ini.

Oohashi:Bila dibandingkan dengan “Star!!“, lirik lagu ini terasa lebih dewasa.

CINDERELLA SHINE

Jadi, “Star!!” bagaikan lagu yang ditulis untuk orang yang belum mengetahui di mana impian mereka berada, sedangkan “Shine!!” bagaikan lagu yang ditulis untuk orang yang sudah mengetahui di mana impian mereka berada dan berlari menuju impian tersebut.

Hara: Tetapi impian tersebut terasa sangat jauh (tertawa). Dengan mengetahui di mana impian tersebut berada, jarak untuk mencapai impian tersebut juga kita ketahui, dan semakin terasa jauh.

Fukuhara: Benar, sih. Rasanya bagaikan menaiki tangga menuju kedewasaan.

Hara: Saya sering membayangkan apabila Mio mendapatkan lagu ini untuk dinyanyikan, apa image yang akan ia bayangkan. Mungkinkah ia akan menyanyikannya sendiri tetapi memberikannya juga kepada yang lainnya untuk melihat seberapa jauh ia bisa menyanyikannya bersama-sama? Saya menyanyikannya dengan perasaan Mio pada saat itu.

Oohashi: Bagi saya yang terpenting adalah menyanyikannya dengan serius.

Hara: Ya, kalau Mio sendiri mungkin akan bernyanyi dengan tersenyum dan dalam prosesnya, ia mungkin akan menjadi lebih tenang.

CINGALS03

Anime musim kedua sudah dimulai. Apa hal-hal penting yang ingin disampaikan kepada orang-orang yang juga ikut berjalan bersama dalam karya ini?

Oohashi, Fukuhara, Hara: Hmm…

Hara: “Hmm..” kita kompak, ya! (tertawa)

Fukuhara: Bagi saya yang paling penting adalah, “Perkembangan itu perlu tetapi jangan sampai ada perubahan.” Hal-hal menarik yang sudah ada pada awalnya tidak boleh diubah, tetapi hal-hal menarik tersebut lebih ditingkatkan.

Untuk Rin? Atau untuk Fukuhara-san pribadi?

Fukuhara: Ya, kami pun juga berdiri di atas panggung sehingga pastinya bila ada sesuatu yang berubah, kami akan segera mengetahuinya. Maka dari itu sambil menjawab ekspektasi dari semua orang, saya juga ingin mengkhianati ekspektasi kalian dalam artian yang baik. Agak kontradiktif, sih, tetapi itulah yang saya rasakan.

Hara: Pasti sebenarnya kamu bingung dengan apa yang harus kamu lakukan, ya? (tertawa)

Fukuhara: (tertawa) Saya pikir semuanya juga punya pikiran yang sama, kan.

Hara: Misalnya pada saat saya menerima naskah dan melihat, “Wah, Mionya berbeda dengan Mio yang saya pikirkan”. Pada saat itu saya berpikir keras apa penyebab Mio menjadi karakter yang seperti itu. Bukan hanya saya pribadi tetapi Mio juga terbentuk berkat orang-orang yang suka kepadanya. Hal tersebut tidak boleh saya lupakan. Saya ingin dapat menghargai Mio bersama dengan semua orang.

Oohashi: Saya ingin memiliki jiwa ingin tahu atas karakter yang saya perankan. Setelahnya saya pasti akan melihat sifat-sifat baru dari dalam diri Uzuki sehingga saya ingin mengamatinya satu persatu dan mendalaminya agar saya bisa menemukan hal-hal baru dalam diri Uzuki dan bisa terus memiliki perasaan sayang kepadanya.

CINDERELLA GARUZU

Sekian wawancara ketiga pemeran gadis-gadis yang berasal dari unit New Generations, Uzuki, Mio, dan Rin. Masing-masing memiliki karakter yang berbeda, tetapi mereka sangat kompak dan semuanya berjuang untuk mewujudkan mimpi mereka.

Sumber: CUT Magazine no. 358 – The IDOLM@STER CINDERELLA GIRLS – Ayaka Oohashi (Uzuki Shimamura) x Ayaka Fukuhara (Rin Shibuya) x Hara Sayuri (Mio Honda) 2nd Season Begins. The Talk Session of 3 People with Outstanding Teamwork.

Sumber Gambar: Tumblr