[First Impression] Idolm@ster Cinderella Girls Starlight Stage

September 16, 2015 9:50 pm
[First Impression] Idolm@ster Cinderella Girls Starlight Stage

Sebenarnya saya sudah mulai menulis artikel ini sejak perilisan game Idolm@ster Cinderella Girls Starlight Stage” untuk smartphone android namun malah molor hingga game ini rilis untuk sistem iOS. Kalau kata Signum, game ini membuat pemainnya lupa waktu. Jadi seperti apa kah game ini?, simak pembahasannya dibawah ini.

Serupa Tapi Tak Sama

Secara mendasar sistem Starlight Stage tidak jauh berbeda dengan game rhythm di smartphone baik iOS atau android, jadi bagi yang sudah familiar dengan game rhythm smartphone pada umumnya akan lebih mudah menyesuaikan diri dengan sistem Starlight Stage.

Seperti game rhythm pada umumnya, Starlight Stage menggunakan stamina, bonus harian, gacha, formasi unit idol, upgrade penampilan idol, dan keakraban dengan tiap idol. Kemampuan bahasa Jepang yang terbatas tidak akan membuat pemain terlalu kesulitan dalam memahami sistem permainan Starlight Stage.

loginpresent

Namun tetap terdapat perbedaan antara Starlight Stage dengan game rhythm lainnya, yaitu sistem swipe ke kanan dan ke kiri. Pemain juga harus membiasakan diri dalam menentukan apakah harus menggunakan jari tangan kanan atau kiri. Hal ini diperburuk bila smartphone kamu punya dimensi layar diatas 5 inchi, karena jempolmu tidak mungkin mencapai seluruh bagian layar.

imas cg starlight stage gameplay (2)
Such fun!

Saran Signum: Untuk menguasai hal ini hanyalah dengan terus berlatih, karena hanya itulah cara untuk menguasai rhythm game secara sempurna.

Saran Kaptain: Mulai biasakan menggunakan jari telunjuk. Tingkat kesulitan Master menuntut menggunakan lebih banyak jari.

4komaloadingscreen
Game ini sendiri memiliki loading screen berupa berbagai potongan 4koma yang menarik, yang nantinya bisa dibaca kembali di galeri.

mikamaxlove
Pemain juga bisa berkomunikasi dengan idol untuk menaikan trust dan mendapatkan love point yang bisa dipergunakan untuk menarik gacha. Trust sendiri berfungsi untuk meningkatkan status seorang idol dan merupakan persyaratan untuk mengubah kostum idol setelah item yang relevan didapatkan.

Explorasi Menu dan Opsi

2015-09-03 16.13.05

Saya akan menjelaskan secara singkat menu-menu pada HOME:
1. HOME: tampak awal setiap kali masuk ke game ini. News Ticker di kiri bawah juga memberikan misi untuk pemain baru.
2. Idol: pada menu ini pemain bisa mengubah susunan unit idol, merubah tampilan idol dengan bantuan item, membuang idol untuk ditukarkan dengan uang, meningkatkan level idol dengan mengorbankan idol lainnya, meningkatkan Star level idol dengan mengorbankan idol yang sama, dan mengetahui informasi dari setiap idol.
3. Communication: pada menu kalian diajak berkencan dengan idol untuk meningkatkan ikatan (bond) antara produser (pemain) dengan idol.
4. Live: pada menu pemain bisa bermain dengan memilih lagu beserta tingkat kesulitannya.
5. Office: Pada menu pemain diberi semacam ruangan dimana pemain bisa melihat para anggota unit idol serta mendekorasi ruangan tersebut, seperti gambar dibawah ini.
2015-09-03 08.59.53

6. Gacha: Untuk merekrut idol dengan Star Jewel atau Love Point.
7. Option: Untuk editing profil, melihat inventory, dan berbagai kustomisasi game lainnya
8. Announcement: Pengumuman resmi dari game.
9. Friend: Daftar teman yang akan dan sudah didapatkan.
10. Present: Untuk mengambil hadiah dari Live ataupun kelebihan dari inventory.

Tampilan 3D atau 2D

Ini adalah nilai plus Idolmaster Cinderella Girls Starlight Stage dibanding game rythm bertema idol lainnya yang terdapat pada smartphone. Mode 3D full grafis sangatlah mengoda mata karena pemain bisa melihat para idol menari diatas panggung, sayangnya itu mengganggu konsentrasi dalam bermain dan sayangnya lagi mode 3D full grafis ini cenderung membuat smartphone cepat panas sehingga boros baterai, begitu pula dengan 3D statis dan 2D full grafis. Jadi bila kalian ingin baterai smartphone terjaga, gunakan mode 2D statis.

Tips untuk panen Star Jewel

slack_for_ios_upload

Untuk membuat unit yang lebih kuat, tentunya kamu memerlukan star jewel yang digunakan untuk memutar yang dinamakan Platinum Audition Gacha. Untuk memutar satu gacha, kamu membutuhkan 250 jewel dan 2500 jewel untuk 10 gacha berturut-turut, dengan garansi satu kartu Super Rare. Untuk mendapatkan jewel dalam jumlah banyak dalam waktu singkat, ada beberapa tips yang bisa saya berikan :

  • Start Dash Campaign : Login berturut-turut untuk 5 hari pertama, dan kalian akan mendapatkan 250 jewel untuk hari pertama dan 150 jewel untuk hari-hari berikutnya, total 750 jewel.
  • Menyelesaikan panel mission, sebagian berhadiah jewel.
  • Mengikuti friend invite campaign, dengan cara memasukkan ID pribadi dan teman di halaman yang disediakan pada situs resminya.
  • Memasukkan kode yang didapat dari pre-registration, 1000 jewel.
  • Menyelesaikan lagu tingkat kesulitan Pro dengan full combo, 50 jewel per lagu.
  • Menyelesaikan lagu dengan tingkat kesulitan master, 50 jewel per lagu (pastikan sudah mendapatkan unit yang mempunyai skill penyembuh agar tidak mati di tengah jalan, dan tentunya latihan terlebih dahulu)

Dengan kegigihan dan kerja keras, bahkan kalian bisa mengumpulkan 2500 jewel pada 24 jam pertama kalian bermain.

Satu hal yang menurut saya lumayan menyenangkan adalah kita juga bisa mendapatkan kartu Super Rare melalui local audition gacha, meski presentasinya sangat kecil.

Verdict

Signum: Dengan tampilan yang menarik dan animasi 3D yang luar biasa, game ini pastinya akan menghabiskan waktu banyak penggemarnya. Bahkan bagi mereka yang belum pernah mengenal IDOLM@STER bisa tertarik untuk mencobanya. Namun ingatlah untuk bermain di bawah koneksi wifi supaya game ini tidak terlalu menguras kuotamu.

Ryuukikun: Great game, Addictive tapi menurut saya perlu perbaikan di bagian loading, cukup berat terutama untuk smartphone yang spesifikasinya kurang. Agar dipastikan bisa lebih lancar, sebaiknya bermain di mode 2D tanpa animasi dan mematikan efek suara, sangat menolong untuk mengurangi lag.

Dedemit: Pemuas hasrat para Produser-san

Kaptain: Sejauh ini sumber kesenangan utama dari game adalah membuat beberapa idol tertentu menari diluar karakter mereka. Yes Shiburin, you are going to dance to all of that passion song.

Pesan Dari Signum

Tentu, bagi kamu yang tidak kuat baik mengunduh data yang besar, smartphonenya kurang kuat, atau takut salah fokus saat bermain, lebih baik menggunakan fitur 2D saja. Untuk bisa menggunakan fitur 3D milik mereka, setidaknya kamu harus punya RAM diatas 2GB supaya bisa lancar. Bila smartphone milikmu cukup kuat untuk memainkannya, you’re in for one hell of a show. Great show.