[Celebrity Sunday] Gust

September 20, 2015 17:48
[Celebrity Sunday] Gust

Untuk Celebrity Sunday di pekan ini, JOI coba sedikit membahas hal yang berbeda. Sebelumnya, saya membahas tentang selebriti perorangan. Mengingat sekarang adalah hari terakhir Tokyo Game Show 2015, saya coba membahas tentang studio game. Studio yang akan saya perkenalkan kali ini adalah Gust, studio asal Jepang yang terkenal dengan seri Atelier.

Gust pertama kali didirikan pada tahun 1993. Studio ini adalah pecahan dari sebuah perusahaan software di Nagano yang membuat game arcade bernama Keiken System. Dengan perpecahan ini, Gust adalah studio game pertama yang ada di Nagano.

Ketika Gust memperkenalkan diri untuk pertama kalinya di sebuah majalah, mereka juga memperkenalkan game pertama mereka yang berjudul “Ares Ou no Monogatari” (The Story of King Ares) yang dirilis untuk PC-9801. Gust awalnya membuat game untuk PC, tetapi tidak lama kemudian di tahun 1994, Gust mulai berfokus ke konsol game. Tentunya mereka langsung memilih konsol yang sukses saat itu yaitu PlayStation pertama.

celeb-sunday-gust-sophie

Game pertama di PlayStation adalah Falcata yang merupakan game strategi. Game ini rilis pada tahun 1996 di Jepang saja. Nama Gust mulai melonjak di tahun 1997, ketika mereka merilis game Atelier pertama yaitu Atelier Marie. Game ini langsung terkenal karena berupa game RPG yang sangat berbeda pada saat itu.

RPG pada tahun 1997 rata-rata penuh aksi dan memiliki cerita tentang menyelamatkan dunia, contohnya adalah Final Fantasy VII. Tetapi Atelier Marie memiliki suasana yang tenang. Marie adalah seorang siswi di Salburg Academy yang terkenal dengan kurikulum alkimianya.

Tetapi Marie ternyata selalu mendapatkan nilai jelek. Akhirnya gurunya memutuskan bahwa Marie tidak bisa diajarkan dengan cara biasa. Karena itu, dia mengijinkan Marie untuk membuka toko alkimia. Tetapi dia memiliki jangka waktu lima tahun untuk bisa membuat barang yang bisa memenuhi keinginan gurunya.

Berkat keunikan game-nya, Atelier sekarang menjadi judul andalan Gust. Sejak Atelier Lilie yang rilis pada tahun 2002, Gust selalu merilis game Atelier setiap tahunnya. Sekarang, Atelier telah mencapai entri ke-17, lebih banyak dari Final Fantasy.

Seri Atelier sekarang ditangani langsung oleh Yoshito Okamura. Sutradara ini awalnya bekerja di Gust secara paruh waktu. Tetapi sejak Atelier Iris, Okamura diminta untuk menangani game balance di berbagai game. Okamura juga terkenal mengerjakan berbagai sub-event, yang merupakan salah satu kelebihan Gust. Okamura mulai diminta jadi sutradara untuk seri Atelier sejak Atelier Rorona yang rilis pada tahun 2009.

Selain seri Atelier, Gust juga memilki beberapa seri lainnya yang cukup terkenal, contohnya adalah Ar tonelico, seri RPG yang merupakan kolaborasi antara Gust dengan Banpresto. Seri ini dibuat oleh Akira Tsuchiya, sutradara lainnya yang ada di Gust.


Kegilaan Akira Tsuchiya memperkenalkan merchandise Gust

Tsuchiya memulai karirnya di Gust pada tahun 1998 untuk menangani bagian musik. Tsuchiya sendiri memang sangat suka dengan musik, yang bisa kalian lihat dalam seri Ar tonelico dan Surge Concerto. Kedua seri tersebut memiliki tema musik yang sangat kental.

Pada saat bertugas di bagian musik, Tsuchiya juga sempat bekerja secara terpisah dengan nama Ealia. Pada tahun 1999, dia meluncurkan dua buah situs pribadi (sekarang sudah ditutup). Di situsnya, Tsuchiya sering membuat lagu orisinal yang berfokus pada cerita, game gratis, animasi flash, dan lainnya. Untuk animasi flash, tentunya dia menggambarnya sendiri. Tsuchiya juga pernah membuat CD musik doujin dan merilisnya di Comic Market.

Pada tahun 2011, Koei Tecmo mengumumkan bahwa mereka akan membeli Gust sebagai anak perusahaannya. Meski begitu, Gust diberi kebebasan untuk membuat game sesuai keinginan mereka. Tetapi di tahun 2014, Gust di-merger ke dalam Koei Tecmo. Karena itu, sekarang Gust bukan lagi perusahaan terpisah, melainkan menjadi merk milik Koei Tecmo. Perubahan di tahun 2014 ini terjadi karena Koei Tecmo memang melakukan perubahan besar-besaran, salah satunya adalah menempatkan Keisuke Kikuchi, yang terkenal sebagai produser seri Deception, di Gust.

Ketika Kikuchi ditempatkan di Gust, dia mengungkapkan bahwa dia tidak ingin Gust hanya mengandalkan seri Atelier dan Surge Concerto saja. Oleh karena itu, dia membuat game baru yang berjudul Yoru no Nai Kuni.

Saat ini, Gust sedang menangani Yoru no Nai Kuni yang akan dirilis pada tanggal 1 Oktober untuk PlayStation 4, PlayStation 3, dan PlayStation Vita. Versi Inggris dari Yoru no Nai Kuni juga sudah dikonfirmasikan, tetapi akan rilis untuk PlayStation 4 saja.

celeb-sunday-gust-yorukuni

Sedangkan Atelier untuk tahun ini adalah Atelier Sophie yang akan rilis di Jepang pada tanggal 19 November untuk PlayStation 4, PlayStation 3, dan PlayStation Vita. Sejak Atelier Iris, game Atelier selalu hadir versi Inggrisnya. Jadi sekarang kalian tinggal menunggu pengumuman versi Inggris dari Atelier Sophie saja.

Sekarang game yang nasibnya masih misterius adalah Chronos Materia. Gust mengumumkan game RPG untuk PS Vita ini pada tahun 2013, tetapi sampai sekarang masih belum dirilis. Tetapi Gust tidak memberikan informasi apa-apa mengenai game ini, jadi masih belum diketahui apakah game-nya dibatalkan atau tidak.

Kalian bisa mengikuti Gust di Facebook, Twitter, dan YouTube. Akun-akun tersebut dikhususkan untuk wilayah Jepang, tetapi Koei Tecmo Europe juga menghadirkan fanpage Gust di Facebook.