‘Star Ocean 5’ Perjelas Cerita, Karakter, dan Sistem Pertarungan

September 29, 2015 18:27
‘Star Ocean 5’ Perjelas Cerita, Karakter, dan Sistem Pertarungan

Square Enix telah merilis informasi terbaru dan screenshot dari “Star Ocean 5: Integrity and Failthlessness.” Informasi yang dirilis memperdetil sinopsis cerita, profil karakter, dan mengenai sistem pertarungannya.

Sinopsis Cerita

Apakah luar angkasa yang luas melarang perdamaian untuk umat manusia—

Berabad-abad setelah meninggalkan bumi, setelah banyak cobaan, dengan dibentuknya dan penyebaran ‘Galactic Federation,’ umat manusia hampir menjadi satu dan mencapai perdamaian.

Tetapi api peperangan mulai menyala kembali.

Lebih dari 6.000 tahun cahaya dari bumi, ada sebuah planet yang tidak ramai bernama ‘Feycreed.’

Sama seperti sebelum-sebelumnya, awal sejarah dimulai dari planet kecil.

Leslia Kingdom. Sebuah negara perwakilan benua dengan kekuatan besar. Negara ini dikelilingi tiga negara, memiliki iklim yang hangat, dan diberkati oleh alam dan tanah yang subur.

Meski Leslia lebih kuat dibandingkan dengan negara tentaranya, kedamaian warganya selalu diganggu. Karena gangguan dari spellmark yang membuat binatang menjadi buas dan kelompok bandit bernama Eitron mengacau di wilayah perbatasan, Leslia masuk ke periode tidak stabil bernama “The Dark 7 Years.” Stahr, sebuah desa yang berada di ujung selatan kerajannya, hampir hancur.

Satu lelaki berdiri untuk menghadapi krisis…

Fidel Camuze…

Ayahnya adalah pelatih royal fencing dan Fidel sendiri dilatih oleh ayahnya untuk menjadi ahli pedang. Dia pergi dalam petualangan bersama teman masa kecilnya yang tumbuh seperti saudaranya, Miki.

Perjalanan ini akan membawa mereka ke banyak pertarungan dan mengubah takdir bintang.

Lokasi

Planet Feycreed

star-ocean-5-feycreed

Planet yang jaraknya 6.000 tahun cahaya dari bumi dan belum dijelajahi oleh Pangalactic Federation. Benua terbesarnya adalah Vestir dengan setengah dari total penduduk Feycreed berada di Vestir. Budaya dan teknologinya setara dengan era abad 15 dan 16 di bumi, tetapi para spellmark mage bisa menggundakan sihir. Berkat sihir, mereka punya teknologi yang unik.

Leslia Kingdom

star-ocean-5-leslia

Kerajaan yang diberkati dengan tanah yang subur dan berada di Vestir. Negara ini dikelilingi oleh pegunungan yang menjadi benteng alami. Keluarga raja Bariff telah menguasai kerajaan ini selama lebih dari 300 tahun yang membuat negara ini menjadi negara yang paling kuat di Vestir.

Tetapi, setelah masuk ke periode “The Dark 7 Years,” sisa kerajaan mereka yaitu perdamaian dan kekayaannya mulai berkurang. Kerajaan ini memiliki relasi yang bersahabat dengan negara tentangga yaitu Randock Kingdom. Kerajaan tersebut menyediakan banyak resource seperti untuk spellmark magic, kekuatan militer, dan lainnya.

Pinggiran Leslia Kingdom

star-ocean-5-pinggiran

Fidel dan Miki tinggal di Stahr Village, yang berada di ujung selatan Leslia Kingdom. Karena dekat dengan pantai, pekerjaan utama warganya adalah nelayan. Pinggiran Leslia Kingdom biasanya damai, tetapi karena “The Dark 7 Years,” monster ganas dan makhluk-makhluk yang mengguankan spellmark magic mulai bermunculan.

Dunia dan Teknologi yang Tidak Diketahui

star-ocean-5-unknown

Ruang dimensi lain, dengan teknologi dan sains yang sudah canggih. Petualangan Fidel dan kawan-kawannya tidak hanya di Feycreed saja, tetapi juga akan mengunjungi berbagai dunia yang belum diketahui. Di berbagai dunia ini, cerita Star Ocean yang unik dan menggabungkan fantasi dan sci-fi akan terungkap.

Karakter

Fidel Camuze

star-ocean-5-fidel

  • Pengisi Suara: Kaito Ishikawa
  • Jenis Kelamin: Pria
  • Umur: 23 tahun
  • Senjata: Pedang Satu Tangan
  • Asal: Stahr Village, Leslia Kingdom, Planet Feycreed

Ayah Fidel adalah pendiri sekolah pedang paling bagus di Leslia Kingdom. Di sana, aliran Camuze diajarkan. Fidel mewarisi keahlian ayahnya. Di periode “The Dark 7 Years,” Fidel berperan penting dalam menjaga keamanan publik di Stahr.

Battle Specialization: Kemampuan Fidel baru terlihat dalam pertarungan satu lawan satu. Fidel akan membantai lawannya dengan kombo tanpa henti.

Battle Skill: Sebagai orang tanpa kemampuan spellmark magic, Fidel dan Viktor menggunakan MP mereka untuk mengeluarkan jurus spesial. Fidel ahli dalam jurus aliran Camuze yang menggunakan pedang. Viktor juga menggunakan aliran Camuze, tetapi juga menggunakan aliran lainnya. Berbagai jurus dari game-game Star Ocean sebelumnya akan muncul.

Miki Sauvester

star-ocean-5-miki

  • Pengisi Suara: Nao Touyama
  • Jenis Kelamin: Perempuan
  • Umur: 18 tahun
  • Senjata: Tongkat
  • Asal: Stahr Village, Leslia Kingdom, Planet Feycreed

Gadis yang tumbuh bersama Fidel di Stahr. Karena perbedaan umur, dan dibesarkan layaknya adik kakak, Miki mencintai Fidel layak kakaknya. Miki bertingkah seperti anak-anak jika di hadapan Fidel, dan tidak terlalu keras kepala. Tetapi dia memiliki rasa tanggung jawab yang besar dan hati yang baik. Dia adalah spellmark mage dan salah satu mage yang unik di Stahr karena memiliki sihir untuk pengobatan.

Recovery Use: Miki berfokus ada spellmark magic untuk pengobatan, tetapi juga bisa menggunakan sihir api, tanah, dan cahaya. Dia adalah healer yang penting.

Spellmark Magic: Miki dan Fiore bisa menggunakan spellmark magic dengan MP. Spellmark adalah sihir yang unik karena hanya orang-orang yang memiliki “spellmark” di tubuhnya yang bisa menggunakannya. Semakin kompleks simbolnya, maka kekuatan mental penggunanya harus semakin kuat.

Viktor Orkvil

star-ocean-5-viktor

  • Pengisi Suara: Yuichi Nakamura
  • Jenis Kelamin: Pria
  • Umur: 32 tahun
  • Senjata: Pedang Satu Tangan (Satu tangan memegang pedang, satu tangan memegang sarung pedang)
  • Asal: Soma Utara, Leslia Kingdom, Planet Feycreed

Tentara yang menjadi bagian dari Leslia Kingdom Special Force. Dia sangat setia dengan tugas-tugasnya hingga mendapatkan kepercayaan dari anak buahnya. Meski Viktor adalah orang yang serius, ketika berperang, dia ragu untuk membunuh orang lain. Sebagai orang yang belajar ilmu pedang aliran Camuze, Viktor sangat menghormati ayah Fidel.

Group Battle Specialization: Viktor ahli dalam serangan jarak jauh dan serangan area, jadi dia ahli dalam bertarung melawan musuh yang banyak.

Battle Skill: Viktor tidak hanya menggunakan pedang dan sarung pedang saja, tetapi juga bisa melakukan kombo.

Fiore Burnelli

star-ocean-5-fiore

  • Pengisi Suara: Aya Endo
  • Jenis Kelamin: Perempuan
  • Umur: 25 tahun
  • Senjata: Berlian Spellmark
  • Asal: Santeroll, Randock Kingdom, Planet Feycreed

Salah satu spellmark mage terbaik di seluruh dunia yang bergabung dengan Spellmark Research Institute di Randock Kingdom. Fiore mengenakan pakaian yang seksi, tetapi sepertinya karena ingin memamerkan simbol sihir yang kuat yang terukir di tubuhnya.

Magic Attack: Fiore menggunakan sihir air, angin, dan gelap. Dia juga memberikan bantuan dengan sihir tipe assist.

Spellmark Magic: Baca penjelasan “Spellmark Magic” di profil Miki.

Sistem Pertarungan

star-ocean-5-battle

Ketika musuh mengetahui posisi kalian di field, kalian akan langsung bertarung tanpa pindah arena. Bergantung pada jarak dari musuh, serangan kalian akan otomatis berubah antara serangan jarak dekat atau serangan jarak jauh. Sistem pertarungannya memiliki tiga opsi standar: light attack, heavy attack, dan guard (termasuk guard counter). Kalian bisa mengganti karakter yang dikendalikan secara bebas hanya dengan menekan satu tombol.

  • Light Attack: Cepat dan mudah untuk digunakan, tetapi tidak terlalu kuat. Jika musuh menangkis, damage menjadi berkurang. Light attack juga bisa digunakan sebagai awal dari kombo dan untuk cancel ketika melakukan serangan spesial.
  • Heavy Attack: Serangan yang lebih kuat, tetapi bisa dihentikan oleh light attack karena lebih lambat. Heavy attack cocok untuk digunakan untuk menghancurkan guard, dan melayangkan musuh. Ketika karakter menggunakan serangan, mereka akan diselimuti oleh aura biru, jadi kalian bisa melakukan pertahanan yang tepat.
  • Guard: Berguna untuk mengurangi damage dari light attack, tapi akan hancur kalau kena heavy attack. Kalian akan bisa bergerak ketika menangkis.
  • Guard Counter: Jika kalian menekan tombol guard pada saat yang tepat ketika musuh menyerang, kalian bisa melakukan serangan balik. Masing-masing karakter memiliki serangan counter yang berbeda-beda, dan masing-masing memiliki efek yang bisa membalikkan keadaan.

Reserve Gauge

star-ocean-5-reserve

Di sisi kanan layar terdapat “Reserve Gauge” yang akan terisi setiap kali kalian melakukan light attack, heavy attack, dan guard. Seiring isinya meningkat (maksimal hingga MAX5), gauge ini akan memberikan bonus experience, skill point, dan Fol (uang) yang semakin banyak.

Light attack dan guard akan mengisi Reserve Gauge sedikit saja, sedangkan combo attack, guard counter, dan lainnya mengisi Reserve Gauge secara banyak.

Ketika gauge-nya sudah mencapai titik tertentu, kalian bisa mengaktifkan serangan super spesial dari masing-masing karakter yang bernama “Reserve Rush.”

View post on imgur.com


Star Ocean 5: Integrity and Faithlessness akan dirilis di Jepang pada tanggal 25 Februari 2016 untuk PlayStation 4 dan PlayStation 3. Versi Inggrisnya akan dirilis pada tahun 2016, tetapi untuk PlayStation 4 saja.

Sumber: Gematsu

Sorry. No data so far.