[AFAID 2015 Interview] FLOW

September 30, 2015 10:33
[AFAID 2015 Interview] FLOW

FLOW adalah salah satu band anisong yang terkenal karena banyak menyanyikan lagu-lagu dari seri Naruto dan Eureka Seven. Kali ini, mereka datang ke Indonesia dalam gelaran AFA ID 2015 dan akan membawakan lagu-lagu mereka dalam konsernya. Namun sebelumnya, mereka juga sempat diwawancara oleh JOI dan rekan-rekan media lain! Berikut adalah hasil wawancaranya.

JOI - afa id flow interview (3)

©AFAID 2015

Q: Sebelum ini, FLOW sudah pernah bekerja sama dengan GRANRODEO dalam lagu Seven. Apakah ada rencana kerja sama dengan artis lain di masa mendatang?

Q: Previously, FLOW has collaborated with GRANRODEO on the song Seven. Are there any plan to collaborate with other artists in the future?

A: Hmm, siapa ya? Sebenarnya untuk album baru kami, kami sedang memikirkan untuk mengadakan kolaborasi baru. Silahkan tunggu tahun depan hahahaha, sekarang masih belum selesai. Kami juga ingin untuk bertemu dengan GRANRODEO di luar Jepang untuk menyanyi bareng. Tapi di tengah penerbangan ke sini pesawatnya banyak bergetar. Mereka pasti tidak bisa datang. Kisho-san tidak akan berani. Kami ingin saja bermain bersama GRANRODEO di Indonesia, tapi Kisho-san sangat tidak suka dengan pesawat hahaha. Silahkan tunggu saja (album barunya).

A: Hmm, who will it be? We actually had plans to collaborate with someone for our new album. Well, wait for it next year hahahaha, it’s not done yet. We also wanted to go outside Japan together with GRANRODEO. But in our flight here, we experienced tons of turbulences. That’s definitely a “no” for them. Kisho-san won’t go through that. We would like to play together with GRANRODEO in Indonesia if that’s possible, but Kisho-san really dislikes planes hahaha. Well, please wait for it (our album).

Q: Apa yang sudah kalian ketahui tentang Indonesia dan yang ingin kalian lihat di negara ini?

Q: What do you know about Indonesia and what do you want to see in this country?

A: Karena ini adalah kali pertama kali kami datang ke Indonesia, kami tidak tahu banyak mengenai negara ini. Karena itu sebaliknya, apakah ada yang harus kami coba di Indonesia?

A: This is our first time in Indonesia, and we don’t know much about it. In return, do you have any recommendations?

Q: Silahkan mencoba makanan pedas!

Q: Please try spicy foods!

A: Ooohhhh, nasi goreng? Mie goreng!

Q: Dalam kegiatan bermusik kalian, apakah ada band atau pemusik lain yang menjadi inspirasi bagi kalian?

Q: When making musics, are there any certain bands or artist that inspires you?

A: Kami mendapatkan inspirasi dari musik-musik yang kami suka, yang kami dengarkan dari masa kecil dan tentunya juga yang kami dengarkan saat ini. Kemudian kami serap (inspirasi dari) lagu-lagu tersebut dan kami tuangkan lagi ke dalam lagu-lagu yang baru.

A: We got our inspirations from various musics that we liked, the one we listened to from our childhood and of course the one we listened right now. We then took (inspirations from) those songs and we pour them again as new songs.

JOI - afa id flow interview (4)

©AFAID 2015

Q: Apa yang kalian pikirkan tentang Indonesia sebelum kamu datang ke sini?

Q: What do you think about Indonesia before coming here?

A: Aku berpikir tempatnya akan panas sekali hahaha.

A: I thought it’s going to be a really hot place hahaha.

Q: Apakah kalian juga menonton Naruto dan Eureka Seven? Apakah ada anime lain yang pernah kalian tonton?

Q: Do you watch Naruto and Eureka Seven? Are there other anime that you have watched?

A: Ya tentu, kami menontonnya. Kami membaca manga Naruto dan menonton anime-nya. Kami juga menonton Eureka Seven. Selain itu kami juga menonton Code Geass.

A: Yes of course, we watched them. We read Naruto’s manga and the anime. We also watched Eureka Seven. Other than that we also watched Code Geass.

Q: FLOW dikenal sebagai band yang banyak menyanyikan lagu anisong. Anime apakah yang menjadi favorit dari FLOW dan apakah ada rencana untuk tampil sambil bercosplay?

Q: Which Anime is your favorite? And do you have any plan to perform live while cosplaying?

A: Naruto! Sebelum ini kami pernah mengisi lagu dari Dragon Ball dan kami berpakaian seperti Son Goku. Waktu itu drummer kami, Iwasaki-san, juga memiliki rambut pirang seperti sekarang. Ya dia adalah versi manusia super saiyanya!

A: Naruto! Once we had performed a song from Dragon Ball while wearing Son Goku’s costume. At that time, our drummer, Iwasaki-san, also had blonde hair just like now. He was a super saiyan!

Q: Apakah ada aspek dari anime yang menginspirasi kalian dalam bermusik?

Q: Are there any aspects from animes that inspires you when making musics?

A:Setiap kami membuat lagu, kami selalu mengecek sumber cerita animenya. Menurut kami kecocokan antara musiknya dengan setting dunia ceritanya itu penting. Jadi kalau cocok dan dapat dimengerti oleh penonton, maka kami akan senang.

A: Whenever we’re making musics for an anime, we always checked the source material. We think that it’s important for the music to fit the story’s world setting. So if that worked and were understood by the viewers, we would be very happy.

Sampai sinilah akhir wawancara dengan personil-personil dari FLOW, mereka adalah orang-orang yang sangat ceria dan bersemangat. Para personilnya sangat friendly dan menjawab pertanyaan kami tanpa ada rasa beban. Mereka juga humoris saat bercanda dengan rekan-rekan media yang lain.

JOI - afa id flow interview (2)

©AFAID 2015

Selain FLOW, kami juga mewawancara artis-artis lain seperti Garnidelia, Fripside, dan masih banyak lagi. Karena itu, harap ditunggu ya hasil wawancaranya.

Sorry. No data so far.