Karena Kesulitan Keuangan, Studio Manglobe Dinyatakan Bangkrut

October 1, 2015 2:51 pm
Karena Kesulitan Keuangan, Studio Manglobe Dinyatakan Bangkrut

Studio Manglobe adalah studio yang sudah bertanggung jawab untuk cukup banyak anime, walaupun mereka tidak begitu banyak mengerjakan anime akhir-akhir ini. Beberapa karyanya yang sudah cukup dikenal antara lain, Samurai Champloo (2005), Kami no Mizoshiru Sekai (2010), Samurai Flamenco (2013), dan Gangsta (2015).  Sayangnya, situs studio tersebut ditutup pada hari Rabu lalu dan membuat para pegawainya kalang kabut sebagai imbasnya.

JOI - studio manglobe bangkrut (1)

Menyusul penutupan situs tersebut, beberapa animator mulai mengekspresikan kekhawatiran mereka lewat media Twitter. Animator Toshio Kobayashi (sutradara efek Mobile Suit Gundam UC) sempat mengumumkan karena “ketidak pastian” studio tersebut, upah miliknya untuk bulan ini dan bulan depan dianggap tidak ada. Walaupun dia sudah menghapus tweet tersebut dia juga men-tweet kalau kini dia adalah seorang pengangguran yang mencari pekerjaan.

 

Di lain pihak, sutradara Hayate no Gotoku! Heaven is a Place on Earth, Hideto Komori juga mengekspresikan kekagetannya saat mendapatkan email konfirmasi dan tidak bisa menghubungi situs studio yang bersangkutan. Saat ini dia berusaha mencari cara bagaimana untuk mendapatkan upah yang belum dibayarkan oleh perusahaan yang bangkrut.

Pada tanggal 1 Oktober, dilansir dari situs berita Anime! Anime! Biz kalau studio Manglobe sudah dinyatakan bangkrut pada tanggal 29 September. Laporannya menyatakan kalau studio yang bersangkutan sudah bergelut dalam masalah keuangan sejak lama, dan melakukan pembayaran hutang sebelum melaporkan kebangkrutannya kepada pengadilan.

Laporan tersebut juga menyatakan spekulasi kekhawatiran terhadap masa depan anime, karena saat ini, semakin sedikit studio yang bisa memproduksi anime. Staf dan animator semakin lama semakin sedikit, dan jadwal produksi sering kali kacau. Maka dari itu, tidak jarang kalau produksi sebuah anime bisa melampaui budget yang sudah ditentukan.

JOI - studio manglobe bangkrut (2)

Sungguh disayangkan rasanya mendengar kejadian ini, karena menurut Ricoricorii dalam review 3 Eps Rule miliknya, anime Gangsta yang dikerjakan oleh studio tersebut adalah anime yang harus ditonton. Namun mungkin benar apa yang dikatakan oleh Yoshiyuki Tomino kalau tidak ada masa depan untuk anime.

sumber: ANN Anime! Anime! Biz MAL