10 Faktor dan Fitur Menarik Cinderella Girls Starlight Stage Yang Membuat Kalian Betah

October 3, 2015 10:57
10 Faktor dan Fitur Menarik Cinderella Girls Starlight Stage Yang Membuat Kalian Betah

Idolm@ster Cinderella Girls: Starlight Stage adalah Rhythm game terbaru yang dirilis oleh Bandai Namco Entertainment Inc. sebagai game kedua dari seri Cinderella Girls. Game ini cukup laris, bahkan dalam waktu seminggu saja sudah melebihi 4 juta user yang mengunduh aplikasi ini (tidak terpungkiri dengan banyaknya akun yang digunakan untuk re-roll sih). Mungkin salah satu alasan lain banyaknya pengguna adalah perilisannya terlebih dahulu di Android sebelum iOS.

Di samping semua itu, menurut saya pribadi, Idolm@ster Cinderella Girls: Starlight Stage memiliki fitur-fitur yang menarik, sistem yang bersahabat dan menyempurnakan aspek-aspek yang sebelumnya dibutuhkan untuk game-game serupa. Apa saja fitur-fiturnya?

1. 3D Mode dengan grafis yang indah dan menarik perhatian

IMG_3791

Salah satu faktor yang membuat game ini cukup berbeda adalah grafisnya yang membuat saya tidak percaya pada awal trailernya ditayangkan. Sebelumnya grafis 3D untuk Idol Rhythm game juga pernah diaplikasikan pada game lain tetapi belum ada yang sebagus ini, terutama mengingat bahwa game ini dimainkan di smartphone. Sayangnya 3D Mode ini cukup berat untuk beberapa smartphone dengan spesifikasi yang kurang. Selain berat, mode ini juga cukup menguras batere, karenanya disediakan juga 2D Mode yang lebih ringan dan diharapkan bisa membuat konsentrasi pemain lebih terfokus.

2. 2D Mode yang lucu dan imut

IMG_3792

2D mode yang disediakan juga tidak kalah menariknya. 5 Idol yang kalian pilih meloncat-loncat di atas stage dalam bentuk Chibi (atau dikenal juga dengan sebutan Puchiderella) dengan berbagai ekspresi yang menarik, sambil diiringi oleh lampu pen light para fans. Bagi yang ingin lebih fokus lagi, bisa juga memilih mode 2D dengan latar belakang still image.

3. Fitur kamar: ekspresikan dirimu!

IMG_3783

Bagi kalian yang punya hobi untuk mendesain dan menata kamar, uang yang didapatkan dari bermain lagu bisa digunakan untuk membeli perabotan-perabotan kantor, yang akan dihuni oleh para Puchiderella pilihan kalian. Lebih tepatnya, fungsi uang satu-satunya adalah untuk membeli perabotan kamar, jadi jangan segan-segan untuk menghabiskan uang kalian dalam menata kamar!

Selain itu, para idol juga bisa berinteraksi dengan perabotan di kamar. Anzu menaiki treadmill? Akane iseng dengan lampu kamar? Anastasia bermain boneka? Membuat altar sesembahan Chihiro? Semua bisa kalian wujudkan!

4. Interaksi dengan para Idol pilihan di layar utama

IMG_3784

Idol yang kalian pilih sebagai favorit bisa tampil di layar utama mengutarakan isi hati dan kesan-kesan mereka, dan juga dapat dengan mudah diganti dengan scroll ke kiri atau kanan layar.

CINGALS01

Selain itu, kalian juga bisa memilih untuk berinteraksi dengan para Idol dalam versi sebelum berubah, sehingga kalian tidak dituntut untuk memiliki 2 kartu idol yang sama.

5. Sistem evolusi yang mudah

CINGALS12

Bisa dibilang, mungkin sistem inilah yang menjadi alasan utama saya untuk terus bermain. Untuk bisa berubah dari orang biasa menjadi idol, yang dibutuhkan hanyalah mengumpulkan item-item perubahan seperti baju, anting, kalung, sepatu dan tiara, tidak perlu mengumpulkan dua kartu yang sama untuk digabungkan. Mendapatkan satu kartu saja sudah cukup, sehingga seluruh pemain bisa mengeluarkan potensi terdalam dari kartu yang mereka dapatkan, tanpa menyia-nyiakan kartu SR dan SSR yang mungkin selamanya tak akan bisa berubah karena kekurangan pasangan untuk merubahnya.

CINGALS11

Akan tetapi, mendapatkan dua idol yang serupa juga bukan berarti sia-sia. Idol yang didapat bisa dikonsumsi sebagai bahan star lesson, yang akan meningkatkan jumlah uang yang didapat dari bermain, serta meningkatkan kemungkinan untuk mendapatkan kartu rare pada saat bermain.

6. Menaikkan level idol cenderung mudah dan murah

CINGALS10

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, uang tidak digunakan untuk meningkatkan level idol, yang diperlukan hanyalah kartu-kartu sisa atau kartu-kartu yang memang khusus digunakan untuk meningkatkan level, yaitu trainer ticket. Trainer ticket bisa didapatkan melalui berbagai macam cara seperti menaruh kanvas di room, yang akan meregenerasi tiket setiap beberapa jam, atau bermain pada saat trainer ticket time.

Lebih menyenangkannya lagi adalah slot para idol tidak termakan dengan slot tiket-tiket ini, jadi para pemain bisa bebas menyimpan tiket sebanyak-banyaknya tanpa perlu khawatir tempatnya akan habis. Pada saat latihan tersebut, game ini juga sudah menulis berapa banyaknya exp yang didapat, sehingga tidak membuat para pemain mubazir dalam melatih.

7. Terdapat berbagai alternatif untuk mengisi staminaCINGALS07

Bagi para pemain Cinderella Girls sudah pasti familiar dengan keberadaan stamina drink, item yang bisa digunakan untuk mengisi stamina dengan jumlah yang sudah ditentukan. Stamina Drink bisa didapatkan melalui daily login, sehingga kalian bisa mengatur sendiri kapan perlu menggunakan minuman tersebut. Saya pribadi sering mempergunakannya pada saat exp point sudah cukup mepet untuk naik level tetapi malas untuk menunggu lagi, dan juga pada saat menggunakan Star Jewel untuk mengisi stamina malah akan mengakibatkan banyaknya stamina yang terbuang.

Stamina Drink terdiri dari 3 varian: 10 stamina, 20 stamina dan 30 stamina, sehingga pemakaiannya bisa kalian atur sendiri demi efisiensi dan efektifitas waktu.

8. Fitur Idol Communication dan Idol TopicsCINGALS03

Komunikasi dengan para idol itu penting, apalagi untuk mendapatkan jewel gratis. Untuk membuka Communication selanjutnya, pemain diharapkan untuk bermain menggunakan idol tersebut sampai jumlah fans yang ditentukan dan juga mengubah idol tersebut. Dengan adanya fitur ini, pemain dituntut untuk menggunakan kartu mereka sampai batas tertentu, jadi tidak ada kartu yang sia-sia.

CINGALS04 CINGALS05

Fitur lain adalah Idol Topics, yaitu macam-macam info tentang para idol serta panel komik para idol yang muncul setiap kali layar loading, membuat para pemain ingin terus bermain demi mengumpulkan semua komik dan info tersebut.

9. Pamer Power Level dengan Producer ProfileCINGALS06

Pada Producer Profile terdapat informasi-informasi dasar seperti level, nomor ID dan producer rank, tetapi juga terdapat layar yang menunjukkan berapa banyak lagu yang sudah diselesaikan, lengkap dengan jumlah lagu yang sudah full combo yang bisa digunakan untuk menunjukkan power level kalian.

10. Sistem Gacha Yang lebih “Murah” dan Dermawan

CINGALS09

Space untuk Idol hampir dipastikan selalu cukup, ada alternatif stamina drink untuk mengisi stamina, furnitur ruangan semua bisa dibeli dengan uang in-game, jadi dari mana penghasilan Bandai Namco? Tentunya dari Gacha untuk scout Idol.  Terdapat 2 macam gacha, Local Audition yang bisa ditarik dengan friend point yang bisa didapatkan dengan mudah, atau Platinum Audition yang bisa ditarik dengan menggunakan star jewel, yang bisa didapatkan dengan cara yang agak sulit atau dengan cara membelinya dengan uang.

Yang menjadi poin penting di sini adalah: terdapat Daily Platinum Audition yang bisa ditarik dengan menggunakan 60 star jewel untuk sekali setiap harinya, dibandingkan dengan menarik biasa yang membutuhkan 250 jewel, tentunya merupakan penawaran yang sangat menarik. Akan tetapi, untuk menarik daily platinum, pemain diharuskan menariknya dengan star jewel yang mereka beli menggunakan uang, bukan jewel gratisan yang bisa didapat in-game.

CINGALS15

Ditambah lagi dengan RNG-sama yang cukup dermawan, membagi-bagikan SR dan SSR, bahkan untuk single pull, persentasi kemunculan idol dengan rarity tinggi cukuplah sering.

CINGALS14

Tarikan yang sebelumnya hanya impian di game lain.

Untuk Bulk Pull, game ini juga memberikan garansi minimal 1 SR setiap menarik 10 idol sekaligus, sehingga dari awal pun kalian bisa memiliki idol yang cukup kuat untuk formasi kalian.

Sekian fitur-fitur yang menurut saya cukup membedakan Cinderella Stage dari Idol Rhythm game lainnya. Bila ada yang kurang, bisa kalian komen langsung di bawah ya!

CINGALS16

Saat ini event pertama game ini, Atashi Ponkotsu Android juga sedang berlangsung. Bagi kalian yang juga memainkan game ini, bagaimana progress kalian?

Sumber: Cinderella Girls Starlight Stage Official Website

Sorry. No data so far.