Rayakan Edisi ke-600, Dengeki PlayStation Rilis Kuesioner ke Banyak Developer

October 8, 2015 11:46
Rayakan Edisi ke-600, Dengeki PlayStation Rilis Kuesioner ke Banyak Developer

Dengeki PlayStation yang terbit pekan ini adalah edisi ke-600. Untuk merayakannya, majalah tersebut merilis artikel yang berisikan wawancara dengan banyak developer ternama dari Jepang seperti dari Square Enix, Capcom, dan masih banyak lainnya.

Tidak perlu lama-lama, berikut adalah hasil wawancaranya:

Toshimichi Mori dari Arc System Works

Q: Apakah anda tertarik untuk membuat game seperti BlazBlue vs. Guilty Gear?

A: Karena masing-masing seri memiliki cerita yang berbeda, saya rasa sekarang bukan saatnya. Tetapi seiring waktu berlalu, tentu kami akan mempertimbangkannya.

Q: Bagaimana seri BlazBlue ke depannya?

A: Saya mempertimbangkan banyak ide. Melanjutkan cerita “Azure” dalam berbagai bentuk adalah salah satu yang ingin saya lakukan.

Masachika Kawata dari Capcom

Q: Bagaimana pendapat anda mengenai opini yang mengatakan elemen horor dari Resident Evil sudah hilang?

A: Merilis game-game spin-off adalah prioritas kami, jadi mungkin kelihatannya begitu. Tentunya saya merasa kami harus merilis game yang menghadirkan elemen horor dan kami bekerja kerasa untuk hal tersebut.

dengeki-ps-interview-4

Q: Apakah kalian akan merilis versi HD dari Resident Evil 2, Resident Evil 3, dan Resident Evil Outbreak?

A: Ini adalah rintangan yang berat, tetapi kami ingin memenuhi permintaan fans sebanyak mungkin.

Q: Bagaimana dengan Resident Evil 7?

A: Saat ini saya tidak bisa bilang apa-apa… Tunggu informasinya.

Hiroyuki Kobayashi dari Capcom

Q: Apa rencana saat ini untuk Sengoku Basara dalam hal game dan anime?

A: Saya ingin mengerjakannya, tetapi saat ini belum ditentukan.

Q: Apakah ada rencana untuk Devil May Cry dan Dragon’s Dogma baru yang offline?

A: Meski saya ingin mengerjakannya, saat ini masih belum dipastikan.

Kazuki Morishita dari GungHo

Q: Apa rencana anda saat ini untuk game-game di platform PlayStation?

A: Tentunya ada rencana. Saya mohon maaf karena telah membuat semua orang menunggu, tetapi tunggu informasi yang akan datang.

Yoshito Okamura dari Gust

Q: Apakah akan ada entri keempat dari subseri ‘Dusk’ dari Atelier?

A: Berdasarkan respon dari semua fans, saya ingin mengerjakannya dalam suatu bentuk. Tetapi untuk bisa melakukannya, kami memerlukan dorongan lainnya. Saat ini kami berada di tahap mempertimbangkan berbagai ide untuk bisa melakukannya. Mungkin kami akan bisa melaporkannya dalam waktu dekat.

Hisashi Koinuma dari Koei Tecmo

Q: Jadi sebenarnya apa yang terjadi dalam pengerjaan Ni-Oh selama 10 tahun yang diam-diam?

A: Kami membuat dua versi uji coba untuk PlayStation 3, tetapi hasilnya tidak sebagus yang kami harapkan. Sekarang dengan PlayStation 4 yang memenuhi kebutuhan kami, kami memperkenalkan kembali game-nya.

Q: Game dengan gaya Warriors apa yang ingin anda kerjakan?

A: Star Wars Warriors

dengeki-ps-interview-2

Q: Kami ingin Atelier Warriors!

A: Jika itu yang lebih diinginkan oleh fans, kami akan mempertimbangkannya.

Yosuke Hayashi dari Koei Tecmo

Q: Apakah akan Ninja Gaiden baru dalam waktu dekat ini?

A: Meski banyak staff kami yang ingin mengerjakannya, tetapi karena kami mengerjakan berbagai proyek, kami masih belum mengerjakannya. Kami ada berbagai ide, jadi kami akan mengumumkannya jika sudah siap.

Keiji Inafune dari Comcept

Q: Apakah Soul Sacrifice baru sedang dikerjakan?

A: Coba tanya Sony Computer Entertainment. Saya juga masih menunggu.

Hajime Tabata dari Square Enix

Q: Apa game yang ingin anda buat setelah Final Fantasy XV?

A: Game berikutnya pasti ada. Saya ingin menantang lebih jauh untuk game skala besar. Yang pasti game-nya bukan sekuel Final Fantasy XV atau lanjutan dari Final Fantasy Type-0.

Tetsuya Nomura dari Square Enix

Q: Apakah anda ada ide untuk game yang benar-benar baru?

A: Saya punya banyak konsep yang ingin saya kerjakan kalau diberi kesempatan. Tetapi sayangnya saat ini saya tidak punya kesempatan.

dengeki-ps-interview-3

Q: Beri kami informasi baru seputar Kingdom Hearts III!

A: Kami akan merilis informasi baru dalam acara Disney “D23” yang berlangsung 3 November.

Kazutaka Kodaka dari Spike Chunsoft

Q: Kenapa tidak port Danganronpa 1 dan 2 ke PlayStation 4?

A: Jika perusahaan ingin melakukannya, kami akan melakukannya. Bagi saya sendiri, kedua game itu sudah selesai saya kerjakan dan saya tidak tertarik untuk melakukannya.

Q: Beri kami informasi mengenai New Danganronpa V3!

A: Saya menulis skenarionya. Desain karakternya ditangani oleh Rui Komatsuzaki.

Satoshi Sakai dari Sega

Q: Apakah anda tidak akan merilis game baru dalam seri Phantasy Star Online Portable? Kami ingin game non-Phantasy Star Online 2.

A: Sayangnya kami tidak ada rencana tersebut. Jika kami merasa kami perlu melakukan sesuatu untuk merubah Phantasy Star Online 2 menjadi seri, mungkin kami akan mengerjakannya.

Q: Kami ingin memainkan game baru dengan tokoh utama naga seperti Panzer Dragoon.

A: Saya ingin mengerjakannya, tetapi kami berada di posisi yang sulit untuk game seperti itu bisa laku.

Toshihiro Nagoshi dari Sega

Q: Apakah Yakuza Studio mempertimbangkan IP baru?

A: Tidak ada komentar, tetapi kami mempertimbangkannya.

Q: Apakah Yakuza 2 juga akan dibuat ulang?

A: Pertama kami akan merilis Yakuza Kiwami dulu, dan setelah itu akan bergantung atas respon game tersebut.

Keiichiro Toyama dari Sony Computer Entertainment

dengeki-ps-interview-6

Q: Apakah ada game Siren baru yang sedang dikerjakan?

A: Secara pribadi, saya ingin mengerjakannya. Tetapi akan sulit untuk diwujudkan tanpa menyelesaikan berbagai masalah terlebih dahulu, jadi cukup sulit.

Q: Berapa besar skala kota di Gravity Rush 2?

A: Saya belum bisa memberi detilnya, tetapi kalian bisa mengharapkan banyak hal. Trailer-nya memperlihatkan kota baru, tetapi itu hanya satu bagian saja.

Toshihiro Kondo dari Falcom

Q: Apakah kalian akan merilis Trails of Cold Steel I dan II ke PlayStation 4?

A: Meski saya ingin merilisnya di PlayStation 4, saat ini kami berfokus pada game baru. Saya ingin membawa seri Trails ke PlayStation 4, jadi kami rasa akan bisa diwujudkan seiring waktu berlalu.

Q: Banyak yang tidak yakin kita bisa melihat akhir dari seri Trails saat kita masih hidup. Berapa tahun lagi sampai serinya berakhir?

A: Saya tidak bisa bilang berapa tahun tepatnya, tetapi saya merasa 60 persen dari seluruh cerita Trails sudah diwujudkan dalam Trails of Cold Steel II.

Masami Yamamoto dari Sony Computer Entertainment

Q: Apakah ada game What Did I Do to Deserve This, My Lord? baru yang sedang dikerjakan?

A: Saya terus mencari kesempatan, tetapi saya malu mengatakan sebagai pemimpin departemen, saya memprioritaskan IP dari saya.

Sohei Niikawa dari Nippon Ichi Software

Q: Apakah kalian akan menghidupkan kembali seri Marl Kingdom?

A: Sampai sekarang kami terus mendengar fans menginginkan serinya dihidupkan kembali. Kami terus mempertimbangkan untuk menghidupkan kembali seri yang sesuai dengan generasi kini, atau bahkan membuat game musikal baru.

dengeki-ps-interview-5

Q: Kapan Makai Wars akan dirilis? Dan bagaimana nasib Asagi!

A: Tentu kami harus merilisnya.

Q: Kalian terus merilis IP baru secara rutin. Kenapa?

A: Saya percaya bahwa game baru adalah tantangan dan cukup sulit untuk menghidupkan game dengan sejarah yang terkenal. Saya lebih memilih untuk meramaikan pasar dengan semua orang.

Yusuke Tomizawa dari Bandai Namco

Q: Toukiden 2 adalah open world. Apakah ada kemungkinan God Eater akan menjadi open world juga?

A: Saya masih tidak tahu saat ini, tetapi karena desain game-nya berubah, saya ingin game-nya menjadi lebih interaktif antara pemain dan pikirannya.

Katsuhiro Harada dari Bandai Namco

Q: Apakah perempuan juga bisa menikmati Summer Lesson?

A: Perempuan di tim development menikmatinya. Tetapi banyak yang ingin ada lelaki tampan dalam game-nya.

dengeki-ps-interview-1

Q: Selain Summer Lesson, apa rencana lain anda untuk virtual reality?

A: Kami sudah menyiapkan beberapa genre di balik layar. Salah satunya yang saya sukai adalah empat orang duduk di kotatsu dan bermain mahjong lewat VR.

Kenichiro Takaki dari Marvelous

Q: Apakah mungkin kita bisa melihat game Senran Kagura dengan kualitas gameplay seperti opening dari Senran Kagura: Estival Versus?

A: Saya ingin mewujudkannya ketika kemampuan kami di PlayStation 4 sudah cukup.

Q: Jika anda bisa membuat game apa saja di VR, apa yang akan anda buat?

A: Game yang benar-benar mesum.

Chiyomaru Shikura dari MAGES

Q: Kapan kami bisa mendapatkan informasi baru dari Anonymous;Code?

A: Saya rasa informasinya akan dirilis setelah akhir tahun ini.

Q: Bagaimana dengan proyek kolaborasi dengan Hideo Kojima?

A: Metal Gear Solid V sudah rilis, jadi saya ingin mengerjakannya secara resmi dalam waktu dekat.

Akihiro Hino dari Level-5

Q: Apakah mungkin Yo-kai Watch akan dirilis di PS Vita dan PS4?

A: Mungkin saja. Mungkin kami akan memerlukan sebuah “lahan” baru untuk bisa berkembang ke berbagai bentuk hiburan.

Q: Bagaimana mengenai game PlayStation 4 “yang lebih epik dari White Knight Chronicles?”

A: Kami sedang mengerjakannya. Ketika waktunya tiba, kami akan mengumumkannya.

Yoko Taro

Q: Semoga berhasil!

A: Terima kasih banyak. Saya akan menyampaikannya ke yang lain.

Sumber: Gematsu

Sorry. No data so far.