[AFAID 2015 Interview] nano

October 15, 2015 15:22
[AFAID 2015 Interview] nano

nano adalah penyanyi yang memulai karirnya di bidang musik sebagai seorang utaite. Sebagai orang yang lahir di New York, ia juga fasih dalam bahasa Inggris. Kini ia sudah menyanyikan musik-musik dari berbagai anime dan game seperti BTOOOM! dan Aoki Hagane no Arpeggio. Pada AFAID 2015, kami berkesempatan untuk melakukan interview dengan nano bersama rekan-rekan media lain. Berikut hasil wawancaranya:

Q: Saat menulis lagu, apakah ada suatu kondisi tertentu yang ingin dicapai? Misalnya ingin bagian tertentu terasa seperti ini atau sebagainya?

Q: When writing a song, are there any certain condition you want to achieve? For example, you want some part to feel like this or something like it?

A: Ya. Misalnya saat saya menulis untuk musik untuk anime, aku memperhatikan apakah musiknya cocok dengan tema ceritanya. Aku memulainya dengan begitu, lalu sisanya aku lebih bebas menggunakan imajinasiku.

A: Yes. For example when I’m writing a song for an anime, I will make sure that the music fits the theme of the story. That’s how I start, and then I leave it to my imaginations.

Q: Apa hal yang ingin anda raih berikutnya?

Q: What are your next goals?

A: Tujuan akhir saya masih jauh, tapi di tengah-tengahnya masih banyak hal-hal yang ingin kuraih. Yang pasti untuk saat ini, tahun ini aku sudah mengadakan live di Jerman dan Taiwan, lalu di Indonesia ini, dan juga nantinya Singapur. Menurutku ini adalah tahun yang sangat memuaskan. Tapi aku ingin melakukan live di lebih banyak negara lagi, jadi mungkin di tahun depan atau tahun depannya lagi. Jadi aku akan memperbesar harapanku dan berusaha aktif secara worldwide.

A: My end goals are still pretty far, but there are many milestones I want to achieve. At least for now, I have performed live in German and Taiwan, and now here in Indonesia, and later Singapore. I think this is a very satisfying year. But I want to perform live in many more countries, perhaps in the next year or the year after. So I will broaden my hopes and will try to be active worldwide.

AFAID15 - D1 - nano-_DKT0628

©AFAID 2015

Q: Menurut anda, apa prestasi terbesar anda sejauh ini?

Q: What do you think is your biggest achievement so far?

A: Debut(major)-ku masih baru 3 tahun saja, tapi jumlah keajaiban yang sudah terjadi hingga saat ini sungguh melebihi dugaanku. Bagiku yang paling luar biasa adalah… seperti saat ini ketika aku bisa datang ke Indonesia… aku baru saja kepikiran. Ya, yang paling luar biasa adalah ketika aku bisa pergi naik pesawat selama 8 jam dan sampai ke tempat di mana orang-orang tetap mengenaliku, itu sangat menyentuh bagiku. Untuk saat ini itulah yang kurasa paling luar biasa untukku.

A: It’s only 3 years since my (major) debut, but the number of miracles that have happened so far truly has surpassed my imaginations. The most amazing thing is.. just like how I get to Indonesia right now… I just thought about it. Yes, the most amazing thing is that I could hop on a plane trip for 8 hours and still reach a place where people would recognize me. It is very touching.

Q: Apa perbedaan album “Rock on.” dengan album-album sebelumnya?

Q: What are the differences between the album “Rock on.” with your previous albums?

A: Ini menjadi album ketiga yang kurilis, dan meski ada kesamaan dengan album pertama dan kedua, aku selalu menganggap masing-masing albumnya dapat berdiri sendiri. Tentunya aku menginginkan suara baru, petualangan baru untuknya, dan tentunya aku terus melakukan riset suara dan riset lirik ketika tidak mengerjakan album, jadi aku membuat album ini sembari berevolusi selangkah lebih jauh. Dan aku merasa album “Rock on.” ini adalah kumpulan dari hasil riset terbaru kami. Dan sesuai dengan judulnya, “Rock on.”, aku merasa album ini cocok untuk dimainkan di acara live, jadi aku ingin semuanya mendengarkannya seperti itu.

A: This is the third album that I’ve released, and while there are some similarities with the first and second, I always think that each of them are a different beast. Of course I wanted new sounds, new adventures for it. Of course I kept doing my research on sounds and lyrics when I’m not making an album, so I made this album as I evolved a step further. And I believe that the album “Rock on.” is filled with the result of our latest research. Just like the title, I feel like people can rock on this album, that it’s fitting to be played live. Please listen to it.

Q: Apa anda punya tips untuk penyanyi pemula yang ingin bermain di dunia online?

Q: Do you have any tips for amateur singer that want to start online?

A: Aku juga berasal dari sana, tapi sejujurnya aku merasa aku tidak berada di posisi yang bisa memberikan nasihat untuk itu. Tapi kalau dibilang dari pengalaman pribadi, lakukanlah tanpa menyerah sampai mendapat hasil yang diinginkan. Musik bagiku, meski bukan merupakan hobi, adalah sesuatu yang sangat kusukai. Untuk terus-menerus melakukan itu bukanlah hal yang mudah, tetapi jika memang benar-benar menyukainya, teruslah mengejarnya, jadikanlah itu sesuatu yang hanya bisa diciptakan olehmu dan kau senangi.

Oh, dan omong-omong soal internet… hebatnya internet adalah, anda bisa langsung mencapai negara-negara lain tanpa berada langsung di sana. Anda mendapatkan kesempatan untuk didengarkan oleh banyak orang. Karena itu jangan takut dan terus keluarkan karya-karyamu. Mendapatkan reaksi dari orang-orang di berbagai negara itu sangat menyenangkan.

A: I had my roots there too, but to be honest I don’t think I’m in any position to offer advice for it. But speaking from my experience, you should do it without giving up until you get the results you wanted. While it’s not a hobby, music is something that I really like. To keep doing it again-and-again isn’t an easy thing, but if you truly really like it, then pursue it, make it something you like that only you can make.

Oh, and speaking of internet… the wonder of internet is, that you can cross many countries without actually being there. You get the chances to be listened by many people. So don’t be afraid and keep making stuffs. Getting reactions from many people from various countries is very exciting.

Q: Jika anda bisa menggambarkan diri anda dalam satu kalimat, kira-kira apa?

Q: If you could describe yourself in one sentence, what would it be?

A: Hmm, kurasa “sangat positif”. Dalam hatiku aku merasa sifatku itu suka bertarung, tetapi bukan bertarung dalam artian negatif. Sebaliknya, aku bertarung karena aku “ingin menang”. Karena itu aku merasa aku sangat positif. Bahkan mungkin aku bisa dibilang terlalu positif.

A: Hmm, I have to say “very positive”. I always felt that my personality is that I like to fight, but not fighting in a negative meaning. In fact, I like to fight because I “want to win”. That’s why think I’m very positive. I think it’s to a point where you could call me stupidly positive.

AFAID15 - D1 - nano-_A8C2467

©AFAID 2015

Q: Di konser anda di Jerman sebelumnya, anda membawakan lagu baru anda, “Freedom is Yours”. Bisakah anda ceritakan pendapat anda tentang itu?

Q: Recently in your concert in German, you performed a new song, “Freedom is Yours”. Can you share some thoughts about it?

A: Lagu “Freedom is Yours” pertama kali saya mainkan di konser di Jerman tersebut. Kurasa yang mendengarkannya akan tahu, musik ini agak berbeda dengan yang musik-musik lainku sebelumnya. Menurutku musiknya sangat “membebaskan”. Aku senang banyak orang di Eropa yang mendengarkannya dan menyukainya. Tetapi sebenarnya, ketika menyelesaikan lagu ini, aku sempat berpikir “ini sepertinya agak lemah”. Jadi untuk saat ini aku masih belum memperdengarkannya ke seluruh dunia, tapi aku berencana untuk melakukannya suatu saat nanti. Mohon ditunggu.

A: I first performed “Freedom is Yours” on that concert in German. I’m sure those who have listened would’ve know, this music is slightly different from my other musics. I think the music feels “liberating”. I’m glad many people in Europe listened to it and said that it’s good. Personally, when I listened to the finished song, I felt that it was a bit weak. For now I haven’t put it for public, but I plan to. Look forward to it.

Q: Bisa anda ceritakan lebih banyak mengenai musik anda, “Mirror Mirror”, yang ada di game Bad Apple Wars?

Q: Can you tell us more about your song, “Mirror Mirror”, that is in the Bad Apple Wars game?

A: “Mirror Mirror” adalah musik baruku yang menjadi musik opening dari game Bad Apple Wars. Menurut para staff, di antara musik-musik nano, musik inilah yang paling cepat temponya. Belakangan ini sendiri aku sering menyanyikan musik-musik cepat sampai-sampai aku mati rasa dan tidak menyadarinya. Karena musiknya menjadi opening dari Bad Apple Wars, aku menggunakan “apel beracun” sebagai topik di liriknya, seperti kisah putri salju. Aku rasa itu akan menarik. Silahkan didengarkan.

A: “Mirror Mirror” is my new single that will be the opening theme to the Bad Apple Wars game. According to the staff, among my songs, this one has the fastest tempo. Recently I myself has been singing a lot of fast paced music to the point that I’m numbed to it and didn’t realize. Because the music is the opening theme for Bad Apple Wars, I used “poisonous apple” as the theme for the lyrics, like in the Snow White fairy tale. I thought it would be interesting. Please check it out.

Jadi, sampai sini dulu wawancara kami dengan nano yang sangat positif ini, apakah kamu berhasil menemukan informasi lebih mengenai nano yang belum kamu ketahui sebelumnya? Jangan lupa kalau JOI masih memiliki beberapa wawancara lagi dengan artis-artis lain yang tidak kalah seru! Jangan lupa ya!