Apakah Gundam Tekketsu no Orphans Terlalu Sadis Untuk Jam Tayangnya?

October 19, 2015 20:28
Apakah Gundam Tekketsu no Orphans Terlalu Sadis Untuk Jam Tayangnya?

Untuk serial Gundam yang memiliki tema militer dan perang (kecuali beberapa seri Gundam yang berfokus di mainan seperti Gundam Build Fighters), tentunya kekerasan dan kematian karakter itu menjadi hal yang sudah umum di seri-serinya. Namun seri Gundam terbaru yang tayang di season ini, Mobile Suit Gundam Tekketsu no Orphans menampilkan tingkat kekerasan yang cukup tidak terduga, terutama mengingat jam tayangnya.

Artikel ini memiliki beberapa spoiler Gundam Tekketsu no Orphans. Jika anda belum menonton sampai episode 3 dan berencana untuk menonton, harap berhati-hati untuk spoiler di artikel ini.

Seri Gundam sendiri tidak begitu asing dengan kematian karakter yang terhitung sadis. Mulai dari manusia yang terpanggang beam sabre/rifle hingga manusia yang tertimpa selongsong peluru mobile suit, ada banyak kematian di seri Gundam yang bisa dihitung cukup tidak mengenakkan, meski tidak digambarkan secara detil. Namun meski kematian di Gundam Tekketsu juga tidak ditampilkan dengan detil, kematian-kematian tersebut cukup mengejutkan karena keterlibatan karakter-karakter anak kecil. Sang tokoh utama, Mikazuki, juga berkali-kali ditampilkan membunuh orang lain tanpa ragu. Kematian-kematian yang ditampilkan di animenya adalah:

  • Anak kecil yang dibunuh dengan senjata api di depan layar
  • Orang dewasa yang dibunuh oleh anak kecil (tokoh utama) dengan senjata api
  • Orang dewasa yang dibunuh oleh anak kecil (tokoh utama) dengan mobile suit

tekketsuviolent1

Kematian yang biasanya terhitung kontroversial sendiri tidak jarang terjadi di anime. Tetapi jika ada, biasanya anime itu tayang di waktu tengah malam. Anime tengah malam (biasanya tayang jam 11 malam sampai jam 2 pagi subuh waktu Jepang) biasanya lebih leluasa dalam menampilkan konten kekerasan atau riskan (baca: iya, maksudnya yang banyak fanservicenya gitu loh). Contohnya di season ini, One Punch Man, Noragami Aragoto, dan Utawarerumono: Itsuwari no Kamen tayang pada pukul 1 pagi subuh waktu Jepang. Tetapi Gundam Tekketsu tayang pada hari minggu jam 5 sore di Jepang, waktu yang bisa diakses dengan mudah oleh anak kecil.

tekketsuviolent2

Saya pribadi merasa cukup terkejut, tetapi juga kagum karena Gundam Tekketsu berani mengambil topik yang cukup kontroversial, child soldier (prajurit anak-anak), dan tidak memperhalus nilai kontroversialnya. Tetapi saya juga khawatir acara ini akan kena tegur dari badan penayangan atau semacamnya dan harus merubah kontennya, sementara 3 episode pertamanya ini tampil dengan sangat bagus (ya, 3 Eps Rule-nya akan menyusul nanti, tunggu saja).

Beberapa pengguna Twitter di Jepang juga menunjukkan kekhawatiran mereka:

Menonton Tekketsu no Orphans membuatku sangat khawatir, jangan-jangan acara ini akan kena protes dari PTA (Parent Teacher Association) atau BPO (The Broadcasting Ethics & Program Improvement Organization)

Tekketsu no Orphans kemungkinan bakal diprotes PTA tapi acaranya menarik

Aku jarang melihat perkembangan cerita seperti yang ada di Orphans, tapi aku khawatir (acaranya) akan kena protes

Daripada khawatir anak-anak menonton perkembangan cerita Orphans yang terlalu keras, aku 9 kali lebih khawatir kalau mereka akan menggunakan anak-anak sebagai tameng alasan untuk memprotes acaranya

Sebelumnya, anime Gintama yang tayang pada jam 6 sore juga pernah mendapatkan protes dari BPO karena salah satu episode-nya dianggap terlalu mesum.

Sumber: Hachimakikou