10 Gundam Utama Dengan Warna Unik

October 21, 2015 16:46
10 Gundam Utama Dengan Warna Unik

Kalau dengar kata Gundam, pastinya selain terbayang bentuk umumnya, pasti juga ingat warna putih-biru-merah-kuning khasnya. Bahkan Gundam utama dengan bentuk yang unik seperti Z, Ex-S, G-Self, Turn-A, dan Barbatos saja tetap memiliki skema warna khas Gundam itu. Tetapi tidak semua Gundam milik tokoh utama menggunakan warna tersebut. Berikut 10 Gundam tokoh utama dengan skema warna yang unik.

gundamcolor1 Penggemar seri Gundam pasti mengerti maksud gambar ini

List ini dibatasi untuk Gundam yang digunakan oleh tokoh utama saja, karena kebanyakan Gundam yang tidak digunakan oleh tokoh utama memang tidak menggunakan skema warna khas Gundam utama. Dan nggak, urutannya acak saja kok, bukan berarti yang angkanya lebih tinggi itu lebih "beda" atau gimana gitu.

1. Unicorn Gundam

gundamcolor2

Unicorn Gundam dari Gundam Unicorn (well duh) tampil unik tidak hanya karena tanduknya di Unicorn Mode, tetapi juga warnanya yang dominan putih. Warna lainnya hanyalah biru tua dan abu-abu di beberapa bagian. Warna kuningnya sendiri hanya muncul sedikit ketika Gundam Unicorn mengaktifkan Super Mode Trans-Am Destroy Mode (bersamaan dengan clear part bagian merah menyalanya). Meski Gundam ini memiliki referensi menarik ke Gundam paling pertama dalam wujud suara beam magnum milik yang sangat mirip dengan suara beam rifle RX-78-2, secara penampilan Gundam ini tidak memiliki banyak kemiripan dengan moyangnya itu.

2. Gundam Astray Red Frame

gundamcolor3

Kepopuleran unit-unit seri Astray bisa dibilang adalah berkat dari desainnya yang unik. Selain warnanya yang dominan merah-putih dengan beberapa hitam dan abu-abu, Gundam ini memiliki desain unik di mana armor-nya hanya menutupi beberapa bagian dan inner frame-nya tampak dengan jelas di beberapa bagian. Ditambah lagi, Astray Red Frame juga menggunakan katana raksasa. Entah seberapa efektif besi raksasa tersebut di setting dunia yang dipenuhi dengan unit-unit yang memiliki Phase Shift Armor, tapi desain yang lebih mementingkan rule of cool ini berhasil memberikan model kitnya julukan "Gunpla sejuta umat" karena, yah, everybody has them.

3. Freedom Gundam & Strike Freedom Gundam

gundamcolor4

Meski Strike Gundam memiliki warna khas Gundam, Gundam ke-2 dan ke-3 yang dinaiki Kira Yamato memiliki warna yang cukup unik. Meski warna putih-biru-merah-kuning tetap ada di unitnya, peletakan skema warnanya berbeda dengan Gundam-Gundam lainnya. Biru di perutnya, merahnya hanya digunakan sebagai tambahan detil, dan tentunya sayap hitam-birunya yang khas. Sayapnya yang menyembunyikan sebuah meriam beam juga tampil unik di antara Gundam-Gundam dengan backpack raksasa lainnya di seri SEED.

gundamcolor4b

Dan Strike Freedom adalah Freedom yang lebih lancip dengan inner frame berwarna emas. Gitu deh.

4. Gundam Double X

gundamcolor5

Gundam dengan salah satu daya tembak paling kuat (dan juga waktu charging paling lama) ini memiliki warna dominan hitam-putih dan detil kuning, hijau, & merah di badannya. Ketika mengaktifkan Twin Satellite Cannon-nya, Double X menambah hiasan warnanya dengan kilauan emas dari kaki, lengan, dan keenam Solar Panel-nya yang terbuka (mungkin lebih tepat kalau namanya Double W ketimbang Double X ya). Jika mau ditambah perbedaan warna lagi, Gundam DX adalah satu dari sedikit Gundam yang menggunakan beam saber yang berwarna hijau. The force must be strong with this one.

5. Gundam AGE-FX

gundamcolor6

Gundam terakhir dari Gundam AGE dan Gundam kedua yang dinaiki Kio Asuno ini memiliki skema warna yang sangat unik dengan warna dominan putih-biru dengan clear part bagian hijau menyala. Dan ketika AGE-FX menyalakan Super Mode Trans-Am Destroy Mode FX Burst, AGE-FX akan menjadi biru total. Hal yang paling unik dari Gundam AGE-FX adalah detil faceplate-nya. Ketika kebanyakan Gundam menampilkan lubang ventilasi di faceplate-nya, AGE-FX justru memiliki sebuah garis dari satu ujung ke ujung lain.

gundamcolor6b
Sayangnya saya malah jadi sering tertawa ketika kepala AGE-FX dilihat dari depan karena garisnya malah terlihat seperti mulut bebek

6. Build Burning Gundam

gundamcolor7

Setelah sebelumnya Build Strike Gundam tampil dengan sangat normal (karena hanya modifikasi sebagian dari Strike biasa), Build Burning Gundam tampil dengan penampilan serba baru dan juga warna dominan putih-merah. Warna dominan merahnya sendiri tampak jelas merupakan pembagian warna untuk ketiga tokoh utamanya di mana unit-unit Burning berwarna merah, Lightning berwarna biru, dan Winning berwarna kuning. Desainnya yang minimalis ini menekankan spesialisasi pertarungan tangan kosong Build Burning dengan kemampuannya untuk melakukan pergerakan bebas. Bahkan hal tersebut juga tampak di kit HG-nya yang sangat asyik untuk dimainkan seandainya pundaknya tidak gampang copot.

7. Gundam Ez8

gundamcolor8

Dengan warna yang sangat berbeda dan juga tidak memiliki v-fin, Gundam Ez8 memiliki penampilan yang sangat unik di antara Gundam-Gundam lainnya. Bahkan penampilannya bisa membuat beberapa penggemar mempertanyakan apakah Ez8 terhitung sebagai "Gundam". Tapi jangan bingung, Ez8 benar-benar adalah sebuah Gundam karena unit tersebut merupakan sebuah unit RX-79[G] Gundam Ground yang diperbagus. Dan kapan lagi dapat Gundam yang pilotnya diisi suaranya oleh Nobuyuki Hiyama yang berani memutuskan salah satu lengannya untuk dijadikan pentungan?

8. Nu Gundam & Hi-Nu Gundam

gundamcolor9

Menariknya, unit Gundam terakhir dari sang pilot Gundam pertama, Amuro Ray, malah tidak memiliki warna khas Gundam. Tetapi sebagai gantinya, kita mendapatkan unit yang skema warnanya sederhana, tapi juga sangat keren. Gundam dengan warna dominan putih-hitam ini memiliki bentuk yang simpel dan elegan, ditambah dengan pemasangan Fin Funnel-nya yang asimetris yang memberikannya penampilan unik di antara unit-unit Gundam. Mungkin Nu Gundam memang menyebabkan sebuah tren yang menurut saya agak membosankan di mana kebanyakan unit terakhir Gundam utama modern hampir selalu memiliki persenjataan tipe funnel, but Nu Gundam is a damn nice unit for Amuro's last ride.

gundamcolor9bc

Versi upgrade dari Nu Gundam yang hanya muncul di novel, Hi-Nu Gundam, juga memiliki skema warna yang unik, putih-ungu (versi novel) atau putih-biru (versi MG 2007).

9. Gundam Griepe

gundamcolor10

Hai kamu-kamu yang di masa mudanya pernah baca komik sidestory Gundam Wing: G-Unit yang pernah beredar di Indonesia, kamu tahu ga kalau Gundam utama terakhir di komik itu, Gundam Griepe, ternyata warnanya kayak begini? Saya sendiri juga sebelumnya tidak mengetahui warna asli Gundam Griepe (karena komiknya hitam-putih) sebelum akhirnya Gundam ini muncul di game SD Gundam G Generation Overworld. Dan tahu ga kalau dia nyalain Super Mode Trans-Am Destroy Mode FX Burst PX System (serius deh, ada berapa nama buat super mode sih di seri2 Gundam?), unitnya akan menyala biru, dan ketika PX System-nya overdrive, warna menyalanya jadi kuning?

gundamcolor10b
Sekian informasi warna dari Gundam Gerwalk Griepe ini

10. Gundam Mk-II

gundamcolor11

Gundam yang muncul kedua paling awal dari semua seri animasi Gundam ini justru pertama kali tampil dengan warna yang sangat berbeda dari pendahulunya, yaitu dominan biru tua dan hitam! Bahkan, Gundam Mk-II adalah Gundam paling pertama yang memiliki v-fin kuning yang juga menjadi warna v-fin yang lebih populer ketimbang putih, terutama di seri Gundam setelahnya hingga seri tahun 90-an. Setelah direbut oleh AEUG dan dicat ulang, Gundam Mk-II versi warna AEUG tetap memiliki warna yang agak berbeda dari pendahulunya, dengan warna biru tua (hampir hitam malah) dan v-fin kuning yang tadi sudah disebutkan. Tidak hanya warnanya, desainnya yang agak bulky memberikan kesan kalau Gundam ini tampak cukup kuat tanpa terkesan pelan. Meski tidak memiliki kemampuan spesial dan langsung kalah kuat dengan banyak unit musuh baru di pertengahan serinya, Gundam Mk-II tampil sederhana tapi keren, dan selalu menjadi desain Gundam idaman saya.

gundamcolor11b
Iya, alasan Mk-II di paling akhir itu cuma karena penulisnya maniak Mk-II atau semacamnya

Apakah ada Gundam utama dengan warna unik yang tidak kami sebut di atas? Silahkan tuliskan di bagian komentar!