Konspirasi Netizen Jepang Hampir Membuat Figuran SAO Menjadi Karakter Terpopuler

October 22, 2015 10:53
Konspirasi Netizen Jepang Hampir Membuat Figuran SAO Menjadi Karakter Terpopuler

Sense of humor. Sesuatu yang sangat kontroversial dan bervariasi tergantung masing-masing individual yang memilikinya. Seseorang yang terbuka dan toleran mungkin memiliki sense of humor yang lebih luas bila dibandingkan mereka yang disiplin dan teratur. Tidak jarang juga ada kasus saat sense of humor seseorang bisa melampaui batas, seperti yang dilakukan para netizen Jepang.

JOI - kibaou nyaris menjadi karakter terpopuler (2)

Dengeki Bunko, penerbit dari seri light novel mega-hit Sword Art Online sedang mengadakan sebuah polling online untuk menentukan karakter yang ingin para penggemar lihat di sampul buku terbaru mereka. Dengeki Bunko menjanjikan 5 karakter teratas dari hasil polling tersebut akan diilustrasikan oleh abec dalam sampul art book terbarunya.

Namun, para netizen sepertinya memiliki rencana lain, mereka melihat kesempatan ini sebagai kesempatan emas untuk merusak harem Kirito-kun membuat seorang figuran tampil dalam sampul art book. Ini juga menjadi kesempatan untuk mempermainkan sebuah seri yang sangat terkenal hanya dengan memanipulasi jumlah suara. Mereka pun langsung menjalankan rencana mereka tersebut.

JOI - kibaou nyaris menjadi karakter terpopuler (3)

Hasilnya, sebelum Dengeki Bunko menyadari perbuatan konyol para netizen, Kibaou berhasil menduduki peringkat pertama dan mengungguli baik Asuna maupun Kirito, kedua karakter utama seri tersebut.

JOI - kibaou nyaris menjadi karakter terpopuler (1)

Namun hal tersebut tidak bertahan begitu lama, karena saat para staf menyadarinya, nama Kibaou merosot jauh ke posisi 17. Peringkat yang cukup fantastis mengingat betapa tidak signifikannya peran Kibaou kepada seri tersebut secara keseluruhan.

Saat ini, Asuna berhasil menduduki peringkat teratas diikuti oleh sang husbando tercinta, raja harem self-insert Kirito-kun. Berada tepat di bawah Kirito adalah para selir karakter dari game lain seperti Sinon, Yuki, dan Alice. Seperti yang sudah diduga, Kirito-kun akan dikelilingi oleh para gadis untuk yang kesekian kalinya untuk tampil di sampul art book terbarunya.

JOI - kibaou nyaris menjadi karakter terpopuler (4)

Kamu tidak akan bisa menggoyahkan posisi sang raja harem.

10. Suguha Kirigaya
9. Asuna Yuuki
8. Sinon (ALO)
7. Asuna (Alicization)
6. Eugeo
5. Yuuki Konno
4. Alice Schuberg
3. Sinon (GGO)
2.Kirito (SAO)
1. Asuna (SAO)

Namun kasus pengambilalihan hasil polling ini bukanlah yang pertama terjadi di Jepang. Pada tahun 2010, usaha para netizen dalam menguasai polling seri Inazuma Eleven berhasil membuat Masaru Kojo, seorang figuran menjadi karakter terpopuler dengan margin puluhan ribu suara. Netizen kembali menyerbu seri yang sama pada tahun 2013 dengan membuat sebuah pesawat terbang sebagai karakter terpopulernya.

In a way, hal ini memang lucu dan berpotensi untuk membuat banyak orang tertawa. Namun di satu sisi yang lain, hal ini juga harus ditanggapi dengan serius karena bermain-main dengan hasil polling resmi perusahaan is not the smartest thing to do.

JOI - kibaou nyaris menjadi karakter terpopuler (5)

You’ll make Kibaou cry.

Sumber: Hachima Kikou