Apakah Gundam Tekketsu no Orphans Merupakan Lanjutan Seri Gundam UC?

October 26, 2015 15:52
Apakah Gundam Tekketsu no Orphans Merupakan Lanjutan Seri Gundam UC?

Seri Gundam memiliki banyak timeline terpisah yang membuat berbagai serinya memiliki setting cerita yang berbeda. Timeline-nya yang paling terkenal tentunya adalah Universal Century (UC). Timeline UC memiliki cerita dan seri Gundam paling banyak dibanding timeline-timeline lainnya, termasuk 6 anime Gundam pertama. Kini, episode ke-4 dari seri Gundam yang sedang tayang, Mobile Suit Gundam Tekketsu no Orphans, menampilkan sebuah gambar yang bisa menunjukkan kalau Tekketsu no Orphans berada di satu setting yang sama dengan (atau lebih tepatnya, setelah) Universal Century.

Mobile Suit Gundam Tekketsu no Orphans terjadi pada setting timeline Post Disaster 0323, sekitar 300 tahun setelah sebuah perang besar yang dinamakan “Calamity War”, di mana unit-unit Gundam digunakan dalam perang tersebut. Di episode ke-4, anime Tekketsu no Orphans menampilkan sebuah gambar peta bumi yang menampilkan pembagian blok ekonomi di bumi.

tekketsuuc1
Menariknya, dari peta yang ditampilkan di sana, tampak Australia memiliki lubang di daerah di mana Sidney harusnya berada.

tekketsuuc2
Di Universal Century, Australia juga memiliki lubang di daerah Sidney. Hal ini diakibatkan oleh pasukan Zeon yang menjatuhkan sebuah colony luar angkasa ke bumi di Operation British pada UC 0079. Colony yang dijatuhkan ditargetkan untuk jatuh di Jaburo, markas utama Earth Federation, tetapi pasukan Earth Federation berhasil membelokkanya arah jatuhnya hingga colony tersebut jatuh dan meledak di Sidney dan meninggalkan kawah raksasa.

tekketsuuc3
Apakah kesamaan ini menunjukkan kalau timeline Post Disaster terjadi setelah kejadian dari seri-seri Universal Century? Mungkin bukan begitu dan bisa saja lubang di Australia tersebut hanya sekedar tribut ke Gundam pertama saja. Ditambah lagi sistem Alaya Vijnana yang digunakan oleh Gundam-Gundam yang digunakan di “Calamity War” sama sekali tidak pernah ada di seri UC. Tetapi animenya sendiri masih baru berjalan sebanyak 4 episode. Mari kita lihat apakah lubang di Australia tersebut akan dijelaskan di episode-episode berikutnya atau tidak.

tekketsuuc4
Peta Australia pada UC 0079
Teori ini cukup menarik juga mengingat ini bukan pertama kalinya sebuah timeline baru di suatu seri Gundam ternyata merupakan lanjutan dari timeline UC. Regild Century dari Gundam G no Reconquista merupakan lanjutan langsung dari timeline UC, dan Correct Century dari Turn A Gundam merupakan lanjutan dari semua timeline-timeline Gundam sebelumnya.

Bagaimana menurut kalian? Apakah ini sekedar tribut ke Gundam pertama? Ataukah Post Disaster merupakan lanjutan dari Universal Century?

Sumber: Hachimakikou