Takut Merusak Moral Anak, TV Tokyo Menyensor Episode Ketiga ‘Osomatsu-san’

October 30, 2015 13:54
Takut Merusak Moral Anak, TV Tokyo Menyensor Episode Ketiga ‘Osomatsu-san’

Sebelum kita mulai dengan Osomatsu-san, mari kita membahas sedikit mengenai seri Anpanman terlebih dahulu. Pada awalnya, Anpanman adalah sebuah cergam anak yang dikarang oleh Takashi Yanase sampai akhir hayatnya di tahun 2013. Anpanman diadaptasi menjadi anime yang berjalan mulai dari tahun 1988 sampai sekarang dengan jumlah episode melebihi 1,250. Tidak perlu dijelaskan lagi betapa pentingnya arti Anpanman bagi warga Jepang.

JOI - osomatsu eps 3 disensor karena anpanman (3)

Namun, seri Anpanman tidak lolos dari anime yang sarat parodi, Osomatsu-san. Dalam episode ketiganya, mereka memparodikan Anpan-Man yang diubah menjadi Dekapan-Man (Manusia Celana Besar). Dalam episode ketiga, jubah Dekapan-Man diubah warnanya supaya mirip dengan jubah Anpan-Man. Selain itu hidung dan pipinya yang kemerahan pun dihilangkan supaya nuansa Anpan-Man tidak melekat padanya.

Kenapa Dekapan-Man harus disensor adalah karena kelakuannya yang kurang pantas. Bila Anpan-Man memberikan anak-anak roti kacang merah yang bergizi, Dekapan-Man juga memberikan mereka sesuatu yang lain. Misalnya, manisan karintou yang panjang dan coklat dan juga kintama yang diambil dari dalam celananya. Kintama juga merupakan sebuah nama lain untuk testikel di Jepang.

JOI - osomatsu eps 3 disensor karena anpanman (4) JOI - osomatsu eps 3 disensor karena anpanman (5)

Yuuichi Takahashi, kepala dari TV Tokyo meminta maaf atas episode ketiga anime Osomatsu-san pada sebuah temu pers tanggal 29 Oktober. Siaran tanggal 19 Oktober lalu adalah siaran serentak sehingga dia tidak bisa mengubahnya. Pada siaran satelit tanggal 24 Oktober, TV Tokyo menyensor judul parodi tersebut, mengganti warna karintou dan kintama menjadi bola baseball.

Memiliki sutradara Yoichi Fujita dan penulis naskah Shu Matsubara yang juga menangani anime kontroversial Gintama, saya tidak heran bila mereka melakukannya. Namun mungkin, kali ini mereka sudah keterlaluan karena terlalu jauh memparodikan serial yang sangat berpengaruh bagi anak-anak.

JOI - osomatsu eps 3 disensor karena anpanman (2)

Setelah penayangan episode serentak, (beberapa orang) menanyakan bila kami harus melakukan pengeditanAnpanman adalah anime yang penting bagi anak-anak. Hal ini dirasa sangat tidak menghormatinya.” jelas Takahashi.

Sepertinya benar apa yang bukan_randy katakan pada 3 Eps Rule Osomatsu-san beberapa saat lalu, “Saya rasa dananya lari ke episode 1, seiyuu, dan surat minta maaf atas parodi & lawakan kasarnya. Tapi serius deh, komedi di Osomatsu-san ini menyegarkan dan ga tahu malu.

sumber: ANN