[Celebrity Sunday] Takeshi Obata & Tsugumi Ohba

November 1, 2015 11:17 am
[Celebrity Sunday] Takeshi Obata & Tsugumi Ohba

Celebrity Sunday kali ini akan membahas tentang kombi mangaka yang sudah pasti kalian kenal yaitu Takeshi Obata dan Tsugumi Ohba. Kedua mangaka ini bukanlah pasangan tetap, tetapi karya mereka berdua selalu sukses dan namanya terkenal di seluruh dunia, contohnya adalah Death Note dan Bakuman.

Sebelum kita membahas Tsugumi Ohba yang sangat misterius, kita membahas Takeshi Obata terdahulu, yang menangani porsi menggambar di Death Note dan Bakuman. Pria kelahiran tahun 1969 ini memulai karirnya sebagai mangaka sejak umur 17 tahun, pada saat duduk di bangku SMA. Dia berhasil memenangkan Tezuka Award ke 30 melalui karyanya 500 Kounen no Shinwa. Meski masih berumur 17 tahun, editornya mengatakan bahwa gambarnya sudah sangat bagus. Semua hadiah uangnya dihabiskan bersama teman-teman sekelasnya. Serial manga pertamanya yang rilis di Shonen Jump adalah Cyborg Jii-chan G yang merupakan manga gag. Pada saat debut, Obata menggunakan nama Shigeru Hijikata. Tetapi sejak Arabian Majin Boukentan Lamp Lamp yang rilis pada tahun 1991, dia mengganti namanya menjadi Takeshi Obata.

celeb-sunday-takeshi-obata-tsugumi-ohba-bakuman

Nama Obata baru mulai terkenal pada tahun 1998, tepatnya pada ketika mengerjakan serial Hikaru no Go bersama Yumi Hotta. Setelah Hikaru no Go tamat di tahun 2003, Obata berkolaborasi dengan Tsugumi Ohba untuk Death Note. Manga ini membuat kedua mangaka ini menjadi sangat terkenal di seluruh dunia. Setelah itu, mereka berdua mengarang Bakuman yang dirilis pada tahun 2008. Ketiga manga ini mendapatkan adaptasi serial anime. Bahkan, Death Note dan Bakuman mendapatkan adaptasi film live-action.

Obata terkenal bisa menggambar dengan sangat cepat. Di tengah kesibukannya mengerjakan serial manga yang terbit secara mingguan, Obata masih sempat untuk menggambar berbagai ilustrasi untuk karya lainnya. Contohnya adalah di tengah kesibukan mengerjakan Bakuman, Obata masih sempat mendesain semua karakter dalam game fighting Castlevania: Judgment yang rilis di Wii pada tahun 2009.

celeb-sunday-takeshi-obata-tsugumi-ohba-castlevania-judgment

Sedangkan Tsugumi Ohba adalah seorang mangaka yang sangat misterius. Nama asli, jenis kelamin, dan tanggal lahirnya tidak diketahui. Dia memulai karirnya pada tahun 2003 melalui Death Note, padahal dia belum memiliki prestasi apa-apa. Tetapi ternyata Death Note sangat sukses. Awalnya adalah manga one-shot, manga tersebut langsung menjadi serial. Ohba dikatakan adalah orang yang gila akan kebersihan. Dalam waktu sehari, dia bisa bersih-bersih hingga tiga kali. Dia mengatakan bahwa dirinya tidak bisa bekerja kalau ruangannya kotor.

celeb-sunday-takeshi-obata-tsugumi-ohba-all-you-need-is-kill

Jati diri Ohba sejak awal sudah penuh misteri. Shueisha mengatakan bahwa Ohba adalah mangaka baru. Ohba membawa name-nya ke Shueisha, dan oleh editor yang menerimanya langsung menunjuk Obata untuk melanjutkan name-nya. Name tersebut akhirnya menjadi Death Note. Karena sosoknya yang misterius ini, banyak rumor yang beredar mengenai Ohba, salah satunya ada yang mengatakan bahwa dia sebenarnya adalah novelis yang veteran.

celeb-sunday-takeshi-obata-tsugumi-ohba-name

Selain itu ada juga rumor yang mengatakan bahwa Tsugumi Ohba adalah nama pena dari Hiroshi Gamou, mangaka yang sering membuat serial manga gag, contohnya adalah Tottemo! Luckyman. Rumornya berawal dari Toshio Okada, salah satu pendiri Gainax yang mengatakan bahwa Ohba sebenarnya adalah Gamou dalam Japan Otaku Award keempat. Dalam acara yang sama, kritikus Housai Tsuruoka mengatakan bahwa cara penyampaian cerita Ohba mirip dengan gaya penceritaan Gamou di Tottemo! Luckyman. Di internet juga beredar beberapa point yang menunjukkan bahwa Ohba dan Gamou adalah orang yang sama:

  • Di chapter pertama Death Note, Light pergi kursus di Gamou Seminar.
  • Gamou sebelumnya pernah mengarang manga misteri yang berjudul Boku wa Shonen Tantei Dan.
  • Name yang digambar Ohba yang diperlihatkan dalam tankoubon Death Note dan Bakuman gambarnya mirip dengan gambar Gamou.
  • Dalam Bakuman volume 1 terdapat manga yang sangat mirip dengan Tottemo! Luckyman.

celeb-sunday-takeshi-obata-tsugumi-ohba-platinum-end

Takeshi Obata dan Tsugumi Ohba kembali berkolaborasi dalam Platinum End yang baru saja dimulai di Jump Square yang terbit secara bulanan.