Iklan Terbaru Softbank Dianggap Melecehkan Sailor Moon, Golgo 13 dan Masih Banyak Lagi

November 4, 2015 1:40 pm
Iklan Terbaru Softbank Dianggap Melecehkan Sailor Moon, Golgo 13 dan Masih Banyak Lagi

Anime merupakan sebuah bagian yang sudah tidak bisa dipisahkan dari budaya Jepang, bahkan beberapa anime kerap kali digunakan sebagai iklan untuk produk tertentu. Tidak terkecuali SoftBank, perusahaan penyedia layanan mobile di Jepang. Baru-baru ini, perusahaan tersebut membuat sebuah iklan live-action yang menggambarkan kehidupan masa depan beberapa karakter anime lawas yang kini harus berhadapan dengan realita dunia.

Berikut adalah beberapa karakter anime dan para pemeran yang tampil dalam iklan tersebut:

  • Kyoko Koizumi sebagai Usagi Tsukino
  • Suzu Hirose sebagai Maruko-chan
  • Ichikawa Ebizou sebagai Kenshiro
  • Shinnosuke Mitsushima sebagai Obocchama-kun
  • Fumiyo Kohinata sebagai Duke “Golgo 13” Tougou 
  • Naoki Matayoshi sebagai Joe Yabuki
  • Masato Sakai sebagai Astro Boy

Untuk iklan pertama, kita melihat Usagi Tsukino yang membuka sebuah bar bernama Moon Ribar dibantu oleh Maruko-chan. Astro Boy, yang sekarang menjadi seorang salaryman datang untuk makan malam.

Iklan kedua memperlihatkan Golgo 13 yang sekarang adalah anggota dewan sedang berdebat di sebuah rapat. Orang-orang terlihat takut saat dia mengambil smartphone yang disimpan dalam holster pistol miliknya. Sepertinya masa lalu dirinya sangat susah untuk dihapus.

Iklan berikutnya memperlihatkan dua mantan pria kuat, Joe Yabuki dan Kenshiro yang sepertinya tidak bisa melawan kutukan usia.

Iklan keempat memperlihatkan Obocchama-kun yang berusaha menghibur orang-orang lewat channel streaming miliknya. Walaupun beberapa leluconnya agak ‘basi’ dan kuno, namun para karakter anime tersebut tetap menontonnya.

Pada iklan terakhir, disinilah semua karakter bertemu dan sepertinya maksud SoftBank adalah untuk memperkenalkan jaringannya yang kuat sampai waktu tidak akan bisa memisahkan mereka yang sudah tua.

Namun sayangnya, tidak semua orang bisa menerima iklan ini dengan baik. Iklan yang seharusnya bertema nostalgia bittersweet ini ternyata menuai reaksi negatif dari beberapa netizen karena dianggap ‘melecehkan’ karya orisinalnya. Beberapa penggemar memprotes karena jalannya masa depan ini tidak sesuai cerita. Sebagai contoh, seharusnya Usagi di masa depan tinggal di istana bulan dan menjadi abadi di umur 22 tahun, bukan seorang pemilik bar.

JOI - iklan softbank dianggap melecehkan (2)

Kritik lain datang dari Twitter dimana seseorang berkata kalau Astro Boy seharusnya tidak bisa menjadi dewasa.

Secara pribadi, saya sendiri merasa melihat karakter-karakter tersebut dalam skenario baru memiliki pesona tersendiri dibandingkan dunia yang dibuat oleh penulisnya masing-masing. Namun sayangnya, mungkin pola pikir orang-orang berbeda-beda. Bagaimana menurutmu?

sumber: Hachima Kikou via ANN
gambar: Pixiv