Seiyuu Yurina Hase Jelaskan Alasan Tinggalkan Peran Yukiho dari The Idolm@ster

November 4, 2015 1:04 pm
Seiyuu Yurina Hase Jelaskan Alasan Tinggalkan Peran Yukiho dari The Idolm@ster

Kalau kalian sudah lama mengikuti serial The Idolm@ster, pasti kalian tahu bahwa pengisi suara Yukiho Hagiwara pernah berganti dari Yurina Hase menjadi Azumi Asakura. Sekarang, Yurina Hase menjelaskan di Twitter kenapa dia meninggalkan peran tersebut pada tahun 2010.

Ketika mengisi suara Yukiho di tahun 2009, Hase menerima beberapa surat ancaman yang mengatakan akan membunuhnya. Surat ini membuat Hase untuk tidak tampil di berbagai event The Idolm@ster. Pada saat ini, Hase mendengar rumor bahwa apabila dia tidak bisa tampil di event, maka karakter Yukiho akan dihapus. Tetapi Hase menjelaskan bahwa rumor tersebut mungkin adalah kebohongan yang dikatakan oleh managernya. Hase bahkan menerima email dari managernya yang mengatakan bahwa tim kreator The Idolm@ster sudah mulai mencari seiyuu baru untuk mengisi suara Yukiho.


hase-yurina-imas-yukiho-1

“Saya tidak tahu apakah saya harus mengatakan sesuatu, tetapi kalau mengatakannya pasti akan sulit,” ujar Hase di Twitter.

Hase terus menjelaskan bahwa surat ancaman ini menjadi sumber utama kegelisahannya. Tekanan yang dia dapatkan dari berkomunikasi dengan polisi membuat dia kesulitan melakukan rekaman, baik dari sisi fisik dan sisi mental. Hanya melakukan rehearsal saja membuat dirinya langsung mengalami hiperventilasi. Meski Hase sudah mengatakan dia tidak bisa tampil di event kepada staff Bandai Namco, mereka tetap mengatakan, “Tolong terus perankan Yukiho!”


hase-yurina-imas-yukiho-2

Meski Hase tidak memutuskan untuk meninggalkan perannya, agensinya memilih untuk melepas Hase dari peran Yukiho. Managernya menyetujui keputusan ini tanpa memberitahu Hase agar agensinya tidak perlu bertanggung jawab atas skandal apa pun. Meski panik dan kesal, Hase merasa aman bahwa Azumi Asakura akan menggantikan perannya.

“….Saya rasa Yukiho yang saya perankan adalah Yukiho saya, dan yang diperankan Azumin (nama panggilan Azumi Asakura) adalah Yukiho miliknya. Pada akhirnya, kalau saya tidak merasa seperti itu, maka saya bertindak tidak sopan kepada Azumin. Dia adalah Yukiho yang benar-benar imut. Yukiho yang menakjubkan. Tetapi, saya benar-benar menyayangi Yukiho yang saya perankan.”

Hase memutuskan untuk mengungkapkan hal ini setelah mendengar informasi tentang meninggalnya Miyu Matsuki.

“Dia seperti kakak bagi saya,” ujar Hase mengingat kembali pertemuannya ketika dia baru mulai menjadi seiyuu. “Ketika saya baru mulai menjadi seiyuu, dia benar-benar baik kepada saya.”

Hase juga menuliskan bagaimana dia sulit untuk hidup setelah insiden tersebut.

“Ini adalah mukjizat karena saya masih bisa hidup sampai sekarang. Tidak peduli betapa miskinnya, tidak peduli betapa lemahnya, tidak peduli bagaimaan sulitnya tiap hari, saya masih hidup… Saya masih bertahap hidup. Karena itu, saya harus berusaha agar tetap bisa hidup.”

hase-yurina-imas-yukiho-3

Dia juga mengingat kembali bagaimana relasi dia dengan seiyuu Chieko Honda, yang meninggal pada tahun 2013.

“Saya benar-benar menghormati kedua orang ini karena saya berkesempatan untuk bekerja bersama mereka berdua. Saya juga menyayangi perasaan para fans The Idolm@ster di hati saya. Seandainya saya tidak perlu menunggu hingga sekarang untuk mengatakan semua ini. Saya mohon maaf sedalam-dalamnya.”

Hase pun meminta maaf karena perlu waktu lama untuk mengungkapkan hal ini.

“Melihat kembali ke masa lalu, itu adalah pengalaman yang menakjubkan. Saya benar-benar merasakannya seperti itu. Karena itu saya tidak dendam kepada siapa pun, dan saya rasa itu adalah yang terbaik,” ujarnya. “Saya merasa jika saya tidak mengatakannya sekarang, saya mungkin tidak akan mengatakannya sama sekali.”

Yurina Hase yang akrab dengan nama panggilan Yurishii merupakan seiyuu yang terkenal dengan perannya sebagai Konomi Yuzuhara dari To Heart 2 dan juga sebagai seiyuu Yukiho sejak Idolm@ster pertama sampai Live for You dan SP. Sebelumnya ia menggunakan nama Ochiai Yurika, tetapi sejak menerima banyak ancaman pembunuhan, ia merubah nama panggungnya menjadi Yurina Hase.

Selain perannya sebagai seiyuu, ia juga sempat berkarir sebagai penyanyi dengan total 12 single yang ia rilis perbulan sejak tahun 2008 -2009, serta 1 mini album dan album pada tahun 2006 dan 2007.

Sumber: ANN