[Celebrity Sunday] Kazuma Kamachi

November 8, 2015 4:49 pm
[Celebrity Sunday] Kazuma Kamachi

Untuk Celebrity Sunday kali ini, JOI akan membahas tentang pengarang light novel yang sangat proaktif yaitu Kazuma Kamachi. Pengarang ini terkenal mengerjakan serial To Aru Majutsu no Index. Selain itu, serial anime Heavy Object yang mengadaptasi light novel karyanya juga sedang tayang.

Kamachi memulai karirnya dengan mengirimkan karyanya ke Dengeki Game Novel Award kesembilan, tetapi sayangnya karyanya gagal di babak ketiga. Tetapi karyanya mendapatkan perhatian dari editor yang bertanggung jawab untuk menyeleksi karya-karyanya yaitu Kazuma Miki, editor di Dengeki Bunko yang terkenal bertanggung jawab atas berbagai pengarang light novel ternama. Tidak lama setelah kompetisinya selesai, Kamachi mendapat kontak dari Miki yang menanyakan apakah dia mau mencoba menulis novel atau tidak. Setelah itu, Kamachi berusaha selama kurang lebih setahun untuk berlatih dengan mencoba menulis berbagai karya dan diskusi bersama editornya.

celeb-sunday-kazuma-kamachi-index

Setelah berlatih keras, Kamachi berhasil debut di 2004 melalui To Aru Matsu no Index setelah direvisi hingga tujuh kali. Waktu volume pertamanya rilis, Kamachi takut karyanya tidak laku, karena itu dia menulisnya seperti ceritanya tamat dalam satu volume saja. Tetapi ternyata karyanya cukup sukses untuk karya pertama dari pengarang baru yang belum dikenal. Karena itu, akhirnya To Aru Majutsu no Index menjadi sebuah seri.

Waktu kecil, Kamachi pernah menyerah untuk mengejar mimpinya menjadi pengarang novel. Sewaktu sekolah pun dia kebingungan untuk memilih masa depannya. Tetapi dia kemudian berpikir untuk serius di satu-satunya mimpi dia yaitu menjadi penulis. Waktu SMP, dia pun mulai menulis berbagai macam novel, tetapi sayangnya dia tidak pernah menulis sampai selesai. Dia baru bisa serius menulis novel sampai tamat setelah lulus SMA. Kamachi mengatakan bahwa berbagai novel yang dia tulis dari masa berlatih hingga debut tersimpan di rumahnya.

celeb-sunday-kazuma-kamachi-heavy-object

Yang paling misterius dari Kazuma Kamachi adalah jati dirinya. Sampai sekarang profil Kamachi tidak diketahui, mulai dari wajah, umur, dan lainnya. Dia pun tidak pernah berbicara tentang topik lain selain pekerjaan dia. Karena pace menulis Kamachi sangat cepat, banyak rumor unik yang mengelilinginya. Di internet ada yang mengatakan bahwa Kamachi adalah super human atau sebenarnya adalah sekelompok pengarang novel yang terdiri dari beberapa orang.

Demi menghindari light novel karyanya tidak sesuai dengan perkiraan pembaca, Kamachi memilih cara yang unik. Ketika menulis cerita, dia biasanya membuatnya seperti sesuai perkiraan pembaca, tetapi kemudian dia melakukan plot twist. Contohnya adalah di To Aru Majutsu no Index untuk karakter Shiage Hamazura. Awalnya dia adalah karakter tidak penting tetapi tiba-tiba menjadi salah satu tokoh utamanya.

celeb-sunday-kazuma-kamachi-kantan

Hobi Kamachi adalah bekerja, artinya dia hobi mengarang light novel. Di saat hari istirahat pun dia masih menulis cerita, memikirkan plot, hingga mengumpulkan berbagai materi. Kamachi memilikin pace menulis yang cepat, tetapi dirinya tidak merasa begitu. Menurut dia, kalau dia mendapatkan ide tetapi tidak bisa langsung digunakan, dia akan menyimpannya di komputer dia. Karena jumlah ide yang dia miliki sangat banyak, jadi terlihat dia memiliki pace menulis yang cepat. Bahkan ketika dia sakit karena norovirus pun dia tetap mengarang light novel.

Karena pace menulisnya sangat cepat, Kamachi sering membuat kejutan ke orang-orang sekitarnya. Biasanya dalam setahun, seorang pengarang light novel merilis tiga volume, untuk Index dia selalu menulis empat volume dalam setahun. Bahkan kadang sering mengejar waktu editing-nya. Contoh gila lainnya adalah untuk penulisan volume 2 Index, dia hanya perlu waktu 17 hari untuk menyelesaikannya. Meski dia sibuk menulis Index, menulis materi cerita untuk manga To Aru Kagaku no Railgun, menulis cerita pendek untuk bonus majalah, hingga menulis cerita game, semuanya ditulis dalam waktu yang bersamaan. Jadwal rilisnya pun tidak terganggu karena Kamachi tidak pernah melanggar deadline.

celeb-sunday-kazuma-kamachi-blood-sign

Contoh lainnya adalah untuk Heavy Object. Kamachi memperlihatkan sinopsis Heavy Object kepada editornya pada bulan April 2009. Setelah editornya memberikan lampu hijau, Kamachi hanya memerlukan lima kali pertemuan dan mengurus plot hingga terbit volume pertamanya. Karena sukses, editornya pun meminta Kamachi untuk menulis volume kedua dan Kamachi menyetujuinya. Beberapa hari kemudian, editornya mendapatkan email yang berisikan plot ceritanya yang kalau dicetak akan mencapai beberapa ratus halaman.

celeb-sunday-kazuma-kamachi-crossover

Saat ini serial light novel yang dia kerjakan ada tujuh yaitu: To Aru Majutsu no Index, Heavy Object, Intellectual Village no Zashiki Warashi, seri Kantan na, Waltraute-san no Konkatsu Jijou, Mitou Shoukan: // Blood Sign, dan serial light novel cross over To Aru Majutsu no Heavy na Zashiki Warashi ga Kantan na Satsujinki no Konkatsu Jijou.