Inilah 10 Studio Animasi Dengan Kualitas Terbaik Pilihan MyNavi

November 10, 2015 3:18 pm
Inilah 10 Studio Animasi Dengan Kualitas Terbaik Pilihan MyNavi

Studio Animasi tentunya menjadi sebuah pertimbangan penting saat kamu akan menonton anime dan memutuskan apakah kamu akan menontonnya atau tidak. Berbeda dengan beberapa tahun lalu saat kualitas anime belum se-wah sekarang. Karena itu dulu kita bisa menonton Fate/stay night tanpa protes dengan kualitas Studio DEEN yang tidak berubah bahkan sampai menayangkan Log Horizon 2.

Karena itu, kali ini situs berita MyNavi ingin mengulas mengenai 10 Studio Animasi dengan animasi yang terbaik. Harap diingat bahwa daftar di bawah ini tidak berurutan sehingga tidak ada studio yang terbaik, ataupun yang terburuk dari 10 studio di bawah. Hanya saja, ke 10 studio tersebut memang pantas diacungi jempol atas karya-karya mereka.

KyoAni

JOI - 10 studio anime paling berkualitas (11)

Suzumiya Haruhi no Yuutsu, Hibike! Euphonium, Full Metal Panic!

Kyoto Animation, adalah studio yang sudah sangat dikenal karena karya-karya legendarisnya seperti K-On! dan Suzumiya Haruhi. Dianggap memiliki desain karakter dan background yang luar biasa, KyoAni dikenal otaku karena karakter-karakternya yang moe dan kemampuannya membuat mereka menjadi menarik. Namun mereka juga bisa membuat anime yang serius seperti Full Metal Panic!.

P.A. Works

JOI - 10 studio anime paling berkualitas (13)

Angel Beats!, Shirobako

Studio yang berbasis di Tohoku ini telah melahirkan banyak sekali karya yang indah, cakupan temanya pun banyak mulai dari masa muda sampai ke science fiction, namun belakangan ini mereka sepertinya sedang fokus kepada tema “wanita yang bekerja”. Karya-karya terakhir mereka seperti Hanasaku Iroha dan Shirobako dinilai tinggi karena selain kualitas videonya, mereka juga memiliki cerita yang “menggetarkan“.

Bones

JOI - 10 studio anime paling berkualitas (17)

Fullmetal Alchemist, Eureka Seven

Studio Bones adalah studio yang terlahir berkat kerjasama 3 orang staf studio Sunrise yang sayangnya tidak masuk daftar ini. Masahiko Minami, Hiroshi Oosaka dan Toshihiro Kawamoto adalah nama-nama pendirinya yang kemudian menjadikan studio tersebut terkenal karena animasi aksi dan mechanya benar-benar baik. Saking baiknya, animasi untuk seri TV dikatakan setara dengan animasi untuk versi film layar lebarnya.

Production I.G.

JOI - 10 studio anime paling berkualitas (2)

Ghost in the Shell, Psycho-Pass

Production I.G. adalah sebuah studio ‘cabang’ dari Tatsunoko Pro yang dipuji karena kualitas animasi digitalnya. Mereka adalah salah satu pionir dari teknik animasi digital yang dapat membuat nama GitS melambung sampai dibuat adaptasi Hollywoodnya. Production I.G. dipuja karena komposisi digital, efek digital, storyboarding digital, dan digital color grading yang membuat mereka dianggap lebih ke arah laboratorium animasi ketimbang sebuah studio.

Madhouse

JOI - 10 studio anime paling berkualitas (9)

One Punch Man, Paprika, Parasyte

Studio veteran yang sudah berdiri sejak tahun 1972 ini masih berjalan kuat sampai sekarang. Reputasi kualitas gambar mereka membuat mereka masih berjalan sampai tahun 2000-an. Sebagai buktinya, kamu semua pasti sudah mengakui kualitas dari anime One Punch Man yang sedang tayang saat ini. Walaupun dianggap gambar tangan Yuusuke Murata masih lebih indah, namun para stafnya tidak kalah semangat dalam bekerja.

Shaft

JOI - 10 studio anime paling berkualitas (12)

Monogatari, MadoMagi, Hidamari Sketch

Tidak jauh berbeda dengan studio Madhouse, Shaft sudah berdiri sejak tahun 1975. Dikenal dengan gambar-gambarnya yang unik, mereka telah mendapatkan sebuah reputasi tinggi. Anime Koufuku Graffiti yang sebelum ini ditayangkannya pun mendapat pujian karena gambar makanannya. Bila ada satu lagi hal yang terkenal mengenai studio Shaft, itu pasti head tilt mereka yang dirumorkan sudah membuat keseleo ribuan leher.

Ufotable

JOI - 10 studio anime paling berkualitas (15)

Fate/stay night: Unlimited Blade Works, Fate/Zero, Kara no Kyoukai

Studio muda yang terlahir tahun 2000 ini tentu sudah memiliki tempat tersendiri, terutama di antara para penggemar seri buatan Type Moon. Tidak hanya kualitas gambar mereka yang di atas rata-rata, animasi pergerakan karakter mereka juga pantas diacungi beberapa jempol. They also the one responsible to put Deen back on their place.

Mappa

JOI - 10 studio anime paling berkualitas (16)

Zankyou no Terror, Punch Line, Rage of Bahamut

Lebih muda lagi dari Ufotable, Mappa adalah studio baru yang lahir di tahun 2011 di bawah pimpinan mantan produser Madhouse, Masao Murayama. Walaupun terhitung sangat baru bila dibandingkan pendahulunya, studio ini berhasil menciptakan blockbuster seperti Zankyou no Terror yang dianggap sangat baik karena gambarnya yang luar biasa.

Chizu

JOI - 10 studio anime paling berkualitas (8)

Ookami Kodomo no Ame to Yuki, Bakemono no Ko

Studio Chizu adalah sebuah studio yang lahir setelah Mamoru Hosoda, sutradara anime yang telah bekerja di studio Madhouse sejak tahun 2005 sampai 2011. Mamoru Hosoda bekerja sama dengan Saito Yuichiro membentuk studio tersebut yang walaupun baru mengerjakan 2 karya, sudah dipuji karena kualitas gambarnya yang detil.

Doga Kobo

JOI - 10 studio anime paling berkualitas (5)

Plastic Memories, Mikakunin de Shinkoukei, Himouto! Umaru-chan

Studio buatan Hideo Furusawa yang pernah bekerja pada studio Toei Animation di tahun 1973 ini sudah mengerjakan banyak sekali anime. Salah satunya adalah anime Kaze no Tani no Nausicaa yang saat saya masih berlangganan majalah anime Animonster di pertengahan tahun 2000 tidak pernah absen dari tangga anime terpopulernya.

Honorable Mentions

Tentu, dalam memilih studio pun preferensi pribadi tidak bisa diabaikan, karena banyak orang pasti memiliki selera yang berbeda. Tentu, ada juga studio yang JOI anggap seharusnya bisa masuk ke dalam 10 besar studio dengan animasi berkualitas terbaik ini, antara lain:

Rikka

JOI - 10 studio anime paling berkualitas (10)

Eve no Jikan, Sakasama no Patema

Studio pilihan Etherlite ini dibentuk oleh sutradara animasi pendek dan penulis skenario muda, Yasuhiro Yoshiura. Banyak karya dari Studio Rikka yang sudah menyabet penghargaan bergengsi. Beberapa anime yang mendapat penghargaan antara lain Pale Cocoon dan Eve no Jikan. Studio ini didirikan pada tahun 2000, usia yang sangat muda mengingat Yasuhiro mendirikannya saat dia baru berusia 20 tahun.

Trigger

JOI - 10 studio anime paling berkualitas (6)

Kill la Kill, Ninja Slayer, Little Witch Academia

Hiroyuki Imaishi, adalah seorang sutradara yang sebelum membentuk studio Trigger menyutradarai anime Tengen Toppa Gurren Lagann. Bila menilai dari keindahan latar belakang, mungkin Trigger tidak sebaik beberapa studio di atas, namun bila kita menilai dari faktor yang dapat membuat darahmu mendidih, tidak ada yang sebaik dia dalam melakukannya. Trigger juga cukup iseng/jenius/gila untuk bikin karya keren/katro macam Inferno Cop dan Ninja Slayer.

Ghibli

JOI - 10 studio anime paling berkualitas (3)

How’s Moving Castle, Spirited Away, Grave of the Fireflies

Ghibli mungkin adalah salah satu studio animasi paling terkenal di dunia, karena karya-karyanya yang sering kali surreal namun penuh dengan fantasi. Namun bukan berarti cerita non-fantasi Ghibli tidak menarik, lihat saja Grave of the Fireflies yang mengambil setting 2 anak yang mencoba bertahan hidup di zaman perang dunia. Saya tidak heran bila Bukan_Randy kemudian menyarankan studio ini untuk dimasukkan ke dalam daftar.

A-1 Pictures

JOI - 10 studio anime paling berkualitas (14)

Sword Art Online, The Idolm@ster: Cinderella Girls

You know, that one studio that reuses a lot of still pictures to fill it’s screen time on SAO. Dibalik kesalahan dan kesalahan fatalnya, A-1 Pictures tetap sebuah studio yang mumpuni, dengan kualitas gambar yang lebih dari yang lain. Sword Art Online menjadi contoh kenapa Nugrahadi memilih studio ini untuk disebutkan. Selain itu, apakah kamu sudah menonton episode terakhir Im@s CG? Belum? You should.

Silver Link

JOI - 10 studio anime paling berkualitas (4)

Fate/kaleid liner Prisma Illya, Non Non Biyori, C3 Cube

Studio Silver Link adalah salah satu studio dengan kualitas yang sangat konsisten, terlebih anime buatannya sering menjadi anime favorit para penonton. Tidak heran bila studio pilihan Nanamiku ini kualitasnya disamakan dengan kualitas milik Ufotable. Tidak percaya? Lihat saja adegan pembuka C3 Cube dan adegan henshin Prisma Illya ini.

sumber: MyNavi