‘Star Ocean 5’ Detilkan Karakter Emerson dan Anne Serta Sistem Role

November 10, 2015 15:51
‘Star Ocean 5’ Detilkan Karakter Emerson dan Anne Serta Sistem Role

Setelah memperkenalkan karakter baru lewat Famitsu, Square Enix sekarang merilis detil dan screenshot yang mengungkapkan detil terbaru mengenai “Star Ocean 5: Integrity and Faithlessness” tentang karakter Emerson dan Anne serta menjelaskan sistem Role yang mempengaruhi karakter. Selain itu, mereka juga mendetilkan tentang kota Randock yang ada di benua Vestir.

Karakter

Emerson

  • Pengisi Suara: Junichi Suwabe
  • Jenis Kelamin: Laki-laki
  • Umur: 41 Tahun
  • Senjata: Crossbow
  • Keahlian: Senjata api

star-ocean-5-emerson

Lelaki yang berkelana bersama Anne. Meski dia terlihat seperti penjual obat, Emerson sebenarnya tidak menjual obat. Dia terlihat sangar, Emerson adalah orang yang terang-terangan dan selalu adil. Dia menyukai alkohol dan perempuan, dan langsung menggoda perempuan kemana pun dia pergi. Meski begitu, Emerson bukanlah playboy, dan kadang-kadang bertindak sebagai laki-laki dewasa.

Emerson menyerang dari jauh dengan menggunakan crossbow. Dia tidak memiliki Spellmark Magic, tetapi menggunakan MP-nya untuk menggunakan serangan spesial. Serangan spesial miliknya menggunakan crossbow, tetapi memerlukan keahlian. Serangan “Benishigure” akan menembakkan banyak panah ke banyak musuh.

Anne

  • Pengisi Suara: Ayumi Fujimura
  • Jenis Kelamin: Perempuan
  • Umur: 28 tahun
  • Senjata: Jarak dekat
  • Keahlian: Teknik serangan jarak dekat

star-ocean-5-anna

Perempuan yang berkelana bersama Emerson. Anne memiliki penampilan yang menarik, sangat pintar, dan orang yang tenang. Dia sering terlibat karena tindakan Emerson. Dia selalu memberi teguran, tetapi dia bukanlah orang yang dingin. Diam-diam dia memiliki hati yang baik dan sangat menyukai kucing.

Ketika bertarung, Anne menggunakan serangan yang beragam seperti serangan yang cepat dan serangan spesial yang kuat. Anne menggunakan serangan spesial dan combo untuk membantai musuh. Serangan “Trident Arts” miliknya akan menendang musuh tiga kali yang menghasilkan damage yang besar dan mengurangi kekuatan serangan musuh.

Dunia

star-ocean-5-randock

Ada negara besar yang terdapat di sisi timur benua Vestir yang makmur karena Spellmark Magic. Negara tersebut dipimpin oleh ratu selama beberapa generasi, dan pemimpinnya saat ini adalah Holy Queen Marbenique yang merupakan Spellmark Mage yang ahli dan memiliki Spellmark “Seigen” yang hanya dimiliki oleh keluarga raja. Negara ini adalah negara nomor satu untuk Spellmark Magic dan berteman dengan Leslia Kingdom. Mereka meminjamkan teknologi dan kekayaannya kepada kerajaan tersebut.

Santeroll

star-ocean-5-santeroll

Ibu kota dari Randock Kingdom yang merupakan kota kastil yang dilengkapi dengan sekolah Spellmark Magic dan berbagai toko. kota adalah pusat Spellmark Magic. Di dalam istana Randock terdapat Spellmark Research Institute. Tembok di istananya mengugunakan batu biasa, tetapi Spellmark Research Institute membuat desain yang berbeda dari Institute lama sebagai motifnya.

Randock Royal Spellmark Research Institute

star-ocean-5-royal-reserach

Sebuah lembaga yang sangat sulit untuk bergabung menjadi anggotanya karena hanya karakter-karakter ternama yang bisa bergabung. Karena itu, lembaga ini hanya mencari ahli Spellmark Magic terbaik, dan mereka tidak pernah berhenti mencari, baik dari dalam atau luar benua Vestir. Fiore adalah anggota Royal Research Institute dan merupakan anggota terbaik dari rekan-rekannya.

Old Randock Research Institute

star-ocean-5-old-research

Di sisi utara Santeroll terdapat bangunan misterius dari peradaban kuno. 150 tahun yang lalu sebelum ditemukan, bangunan ini sudah tidak berfungsi karena terjai pemberontakkan. Tetapi buku-buku yang berhubungan dengan Spellmark masih selamat, dan ratu pendiri Randock Kingdom menggunakan bangunan ini untuk memajukan kerajaannya.

Sistem

Role

Sistem yang digunakan untuk menentukan peran karakter di party. Role juga bisa digunakan oleh anggota party lainnya. Masing-masing karakter bisa menggunakan Role hingga empat macam.

Tipe Role

star-ocean-5-role

Terdapat Role yang berfokus menyerang, berlindung, menyembuhkan, dukungan, dan lainnya yang totalnya adalah lima macam. Masing-masing Role bisa dinaikkan levelnya dan kalian bisa membuka Role baru dengan melanjutkan cerita game-nya.

star-ocean-5-attacker

Tipe Menyerang

  • Attacker: Fokus pada jumlah serangan dan menyerang dengan aktif. Factor: ATK +4.
  • Caster: Fokus pada jumlah serangan dan menyerangan dengan serangan spesial. Factor: INT +4.
  • Buzzer: Aktif menyerang musuh yang menyerang kalian. Factor: Tidak ada.
  • Fighter: Fokus menyerang musuh tanpa memperdulikan pertahanan. Factor: Tidak ada.

star-ocean-5-guard

Tipe Bertahan

  • Defender: Fokus bertahan sambil menyerang musuh tersulit. Factor: Tidak ada.
  • Guardless Alpha: Menghadapi serangan fisik dan tidak akan terpental ketika kena serangan musuh. Factor: Tidak kena serangan musuh yang serangannya kurang dari dua persen dari total HP.
  • Knight: Fokus menghabisi musuh yang menarget anggota party yang hampir mati. Factor: DEF +8.
  • Vanguard: Bertahan dari serangan musuh sambil meningkatkan HP. Factor: Total HP meningkat dua persen / HP kadang-kadang akan sembuh satu persen apabila berhasil menangkis.

star-ocean-5-healer

Tipe Menyembuhkan

  • Healer: Tidak aktif menyerang musuh agar bisa menyembuhkan dengan cepat. Factor: Max MP +2 persen.
  • First-Aid: Melakukan pertolongan pertama ketika teman kena serang. Factor: 10 persen kemungkinan untuk menyembuhkan HP sebesar dua persen ketika diserang.
  • Guts: Bisa menangkis serangan ketika hampir mati. Factor: empat persen kemungkinan untuk meyembuhkan diri ketika hampir mati.
  • Saver: Demi melindungi nyawa, Role ini hanya berfokus menyembuhkan anggota party saja. Factor: Jumlah penyembuhan HP +4 persen.

star-ocean-5-support

Tipe Pendukung

  • Provoker: Bertarung sambil menarik perhatian musuh. Factor: Lebih mudah ditarget musuh +1.
  • Interceptor: Melakukan serangan counter secara aktif kepada musuh paling bahaya. Factor: Kemungkinan stun untuk serangan biasa +4 persen.
  • Intelligence Strategist: Menganalisa situasi dan memberi petunjuk yang sesuai. Factor: INT +10 persen untuk seluruh anggota party.
  • Attack Strategist: Menganalisa situasi dan memberi petunjuk yang singkat. ATK +30 persen untuk seluruh anggota party.

star-ocean-5-special

Tipe Spesial

  • HP BoostFactor: Max HP +10 persen.
  • MP BoostFactor: Max MPP +10 persen.
  • ATK BoostFactor: ATK +4 persen.
  • DEF BoostFactor: DEF +4 persen.

Efektivitas Role

star-ocean-5-ai

Mengatur Role yang sesuai dengan kemampuan karakter dan menggunakan Role yang berbeda agar penggunaan Factor efektif sangat menguntungkan. Role akan mengubah aksi AI teman dan mengubah berbagai parameter melalui Factor, seperti meningkatkan kemampuan serangan dan HP.

star-ocean-5-livestream

Square Enix juga mengumumkan bahwa mereka akan mengadakan livestream untuk Star Ocean 5. Acara pertamanya yang bernama “Star Ocean Program #01” akan diadakan pada tanggal 12 November melalui YouTube dan Niconico. Acaranya akan berlangsung mulai 18:00 WIB. Acara pertamanya akan menampilkan gameplay terbaru, tampak bonus cetakan perdana, detil lebih lanjut mengenai “Ultimate Box” dan informasi lainnya.

 

View post on imgur.com

Star Ocean 5 akan dirilis di Jepang pada tanggal 25 Februari untuk PlayStation 4 dan PlayStation 3. Versi Inggrisnya akan dirilis pada tahun 2016, tetapi untuk PlayStation 4 saja.

Sumber: Gematsu (1, 2)