Nintendo Direct Beri Kejutan: Cloud Bertarung di Smash Bros.! The Legend of Zelda: Twilight Princess HD Diresmikan!!

Setelah hampir setengah tahun tidak ada, Nintendo baru saja mengadakan Nintendo Direct pada pagi ini. Ternyata livestream tersebut cukup penuh kejutan diantaranya adalah konfirmasi The Legend of Zelda: Twilight Princess HD untuk Wii U, pengumuman versi Inggris dari Dragon Quest VII dan Dragon Quest VIII untuk Nintendo 3DS yang diminta banyak orang, hingga pengumuman Cloud Strife akan ikut bertarung di Super Smash Bros. for Wii U and 3DS. Berikut adalah pengumuman-pengumuman yang disampaikan Nintendo hari ini.

The Legend of Zelda: Twilight Princess HD Dikonfirmasikan untuk Wii U

Setelah banyak rumor beredar, Nintendo akhirnya mengkonfirmasikan “The Legend of Zelda: Twilight Princess HD” untuk Wii U ketika Nintendo Direct dimulai. HD remaster ini dikerjakan oleh Tantalus dari Australia. Bersamaan dengan konfirmasi ini, mereka juga memperkenalkan amiibo Wolf Link yang kompatibel dengan game ini. Selain Wolf Link, amiibo lainnya dari seri The Legend of Zelda juga akan bisa digunakan. Sebagian data dari amiibo Wolf Link akan bisa digunakan dalam The Legend of Zelda baru untuk Wii U yang akan rilis di 2016.

nintendo-direct-zelda-wii-u

nintendo-direct-zelda-amiibo-wolf-link

The Legend of Zelda: Twilight Princess HD akan dirilis pada tanggal 4 Maret 2016. Nintendo menawarkan bundel game-nya dengan amiibo Wolf Link serta bonus pre-order berupa soundtrack.

Sumber: Gematsu

Trailer Xenoblade Chronicles X Terbaru Penuh Rasa Humor

Nintendo telah merilis trailer terbaru untuk “Xenoblade Chronicles X” yang rilisnya tidak lama lagi. Trailer ini cukup berbeda dengan trailer-trailer sebelumnya yang cukup serius karena penuh dengan rasa humor. Xenoblade Chronicles X akan dirilis pada tanggal 4 Desember 2015. Nintendo juga mengumumkan bahwa Data Pack untuk game ini sudah dirilis. Data Pack ini ditujukan untuk yang membeli versi fisik dan akan membuat waktu loading lebih cepat. Untuk versi digital tidak perlu mengambil Data Pack karena sudah terpasang di dalamnya.

Sumber: Gematsu

Pokemon Picross Siap Hadir di 3DS Sebagai Game Gratis

Dalam Nintendo Direct, Nintendo memberi kejutan berupa game Pokemon baru yang akan hadir di Nintendo 3DS berjudul “Pokemon Picross.” Dalam game puzzle ini, kalian harus menemukan gambar yang tersembunyi dengan petunjuk berupa angka yang menandakan posisi kotak yang harus dihapus. Tiap gambar yang berhasil diungkap akan menjadi Pokemon-mu dan bisa dimasukkan ke dalam party untuk menggunakan skill mereka. Game ini akan bisa dimainkan secara gratis dan akan dirilis pada awal Desember.

Sumber: Gematsu

Trailer Pokken Tournament Versi Wii U Tampilkan Shadow Mewtwo

Trailer terbaru untuk “Pokken Tournament” versi Wii U ditayangkan dalam Nintendo Direct pagi ini. Bersamaan dengan ditayangkannya trailer tersebut, Nintendo mengungkapkan bonus cetakan perdana berupa kartu amiibo yang digunakan untuk membuka karakter Shadow Mewtwo. Pokemon tersebut juga bisa digunakan dengan cara lainnya jika tidak punya kartu amiibo-nya. Pokken Tournament versi Wii U akan dirilis di Jepang pada tanggal 18 Maret 2016. Versi Inggris akan dirilis pada musim semi 2016.

Sumber: Gematsu

Star Fox Zero Pastikan Rilis di 22 April 2016

Nintendo akhirnya mengkonfirmasikan tanggal rilis untuk “Star Fox Zero” dalam Nintendo Direct pagi ini. Game untuk Wii U ini akan dirilis pada tanggal 22 April 2016. Bersamaan dengan pengumuman ini, mereka juga merilis trailer terbaru yang memperkenalkan anggota Star Fox dan juga kendaraan-kendaran yang bisa digunakan yaitu Arwing, Landmaster, dan Gyrowing. Game buatan Platinum Games ini menghadirkan tampilan yang unik. Layar TV akan memperihatkan tampilan third-person, sedangkan layar GamePad akan memperlihatkann tampilan dari kokpit.

Sumber: Gematsu

Mario & Luigi: Paper Jam Rilis di Januari 2016

Nintendo telah mengkonfirmasikan tanggal rilis dari “Mario & Luigi: Paper Jam” untuk Nintendo 3DS dalam Nintendo Direct pagi ini. Game RPG ini akan dirilis pada tanggal 22 Januari 2016. Game ini adalah crossover antara seri Mario & Luigi dengan Paper Mario. Nintendo juga mengumumkan bahwa game ini kompatibel dengan amiibo seri Mario. Ketika amiibo digunakan, kalian akan mendapatkan Character Card yang memberikan efek yang sangat menguntungkan ketika bertarung.

Sumber: Gematsu

Square Enix Siapkan Collector’s Edition untuk Final Fantasy Explorers

nintendo-direct-final-fantasy-explorers-ce

Dalam Nintendo Direct, Square Enix mengungkapkan bahwa mereka akan menghadirkan Collector’s Edition untuk “Final Fantasy Explorers” yang akan hadir di Nintendo 3DS. Bundel seharga 69,99 dolar ini berisikan:

  • Game Final Fantasy Explorers
  • Boks khusus dengan gambar oleh Yoshitaka Amano
  • Sampel OST berisikan 20 lagu “Songs of the Journey”
  • Collector’s hardcase untuk Nintendo 3DS
  • Quest untuk membuka senjata legendaris:
    • Crimson Blitz dari Lightning Returns: Final Fantasy XIII
    • Thyrus dari Final Fantasy XIV
    • Venus Gospel dari Final Fantasy VII
    • Death Penalty dari Dirge of Cerberus: Final Fantasy VII

Final Fantasy Explorers akan dirilis pada tanggal 26 Januari 2016.

Sumber: Gematsu

Fire Emblem Fates Rilis per 19 Februari, Tawarkan Special Edition

Nintendo telah mengungkapkan tanggal rilis dan “cara kerja” penjualan dari “Fire Emblem Fates” untuk Nintendo 3DS. Game strategi ini akan dirilis pada tanggal 19 Februari 2016 dalam dua versi: Birthright dan Conquest dengan harga 39,99 dolar per game. Kalau kalian sudah membeli salah satu versinya, kalian bisa membeli versi lainnya dalam bentuk digital dengan harga 19,99 dolar. Rute ketiga yang berjudul Revelation akan dirilis belakangan dengan harga yang sama, 19,99 dolar.

nintendo-direct-fire-emblem-fates-special-edition

Kalau kalian ingin mendapatkan semuanya secara sekaligus, kalian bisa mengambil Special Edition dengan harga 79,99 dolar yang isinya adalah:

  • Game Fire Emblems Fates (satu cartridge sudah berisikan ketiga rute Birthright, Conquest, dan Revelation)
  • Artbook
  • New Nintendo 3DS XL Carrying Pouch

Sumber: Gematsu

Game Klasik Pokemon Red, Blue, dan Yellow Hadir ke 3DS Virtual Console per Februari 2016

Nintendo mengumumkan bahwa mereka akan merilis tiga game klasik ke 3DS Virtual Console. Game-nya adalah “Pokemon Red, Blue, dan Yellow.” Untuk wilayah Jepang, Nintendo juga akan merilis Pokemon Green. Dulu diversi Game Boy bisa bertukar Pokemon dengan menggunakan Game Link Cable. Agar bisa kembali melakukannya di 3DS, Nintendo menambahkan fitur bertukar Pokemon secara wireless. Ketiganya akan dirilis pada tanggal yang sama dengan versi Game Boy dulu, yaitu pada tanggal 27 Februari 2016 untuk Nintendo 3DS.

Sumber: Gematsu

Eropa Dapatkan Collector’s Edition untuk Bravely Second

nintendo-direct-bravely-second-collector

Nintendo mengumumkan bahwa mereka menghadirkan Deluxe Collector’s Edition untuk “Bravely Second: End Layer.” Sayangnya bundel ini hanya tersedia untuk Eropa saja. Bundelnya berisikan:

  • Game Bravely Second: End Layer
  • CD soundtrack
  • Agnes Mini Figurine
  • Deluxe Artbook setebal lebih dari 250 halaman

Bravely Second: End Layer akan dirilis pada kuartal pertama 2016 untuk Nintendo 3DS.

Sumber: Gematsu

Hyrule Warriors Legends Tambahkan Karakter Linkle yang Mirip Link

nintendo-direct-hyrule-warriors-legends-linkle

Dulu, Koei Tecmo merilis sebuah gambar konsep untuk Hyrule Warriors yang memperlihatkan karakter orisinal yang mirip dengan Link tetapi perempuan. Gambar tersebut membuat gamer ramai dan menginginkan karakter tersebut hadir di game-nya. Sekarang, Nintendo dan Koei Tecmo mengumumkan bahwa “Hyrule Warriors Legends” untuk Nintendo 3DS kedatangan karakter orisinal bernama Linkle. Dia berasal dari desa kecil yang penuh dengan Cucco dan bertarung dengan menggunakan dual crossbow.

Hyrule Warriors Legends akan dirilis pada tanggal 25 Maret 2016 untuk Nintendo 3DS.

Sumber: Gematsu

Setelah Penantian Lama, Dragon Quest VII dan Dragon Quest VIII Versi 3DS Akhirnya Dapatkan Versi Inggris

Square Enix telah lama merilis “Dragon Quest VII: Fragments of the Forgotten Past” dan “Dragon Quest VIII: Journey of the Cursed King” untuk Nintendo 3DS di Jepang. Banyak gamer di seluruh dunia yang menginginkan versi Inggris dari kedua game, tetapi Square Enix tidak mengumumkannya. Sekarang, Nintendo mengumumkan bahwa mereka siap menghadirkan versi Inggris dari kedua game tersebut pada tahun 2016.

Dragon Quest VII: Fragments of the Forgotten Past akan dirilis ada awal musim panas 2016, sedangkan Dragon Quest VIII: Journey of the Cursed King akan dirilis pada tahun 2016.

Sumber: Gematsu

Mengejutkan! Cloud Strife dari Final Fantasy VII Ikut Bertarung di Super Smash Bros. for Nintendo 3DS and Wii U

Nintendo menutup Nintendo Direct pagi ini dengan kejutan bahwa Cloud Strife dari Final Fantasy VII akan ikut bertarung di “Super Smash Bros. for Nintendo 3DS and Wii U“. Pengumuman ini mengejutkan karena dulu Final Fantasy VII eksklusif hadir di PlayStation saja. Cloud akan tampil dengan tampilan orisinal dan tampilan versi Advent Children. Selain Cloud, Nintendo juga menambahkan stage Midgar dan juga kostum Chocobo untuk Mii Fighter. Tanggal rilis dan harga untuk karakter baru ini masih belum diumumkan.

Nintendo juga mengumumkan bahwa mereka akan mengadakan “Super Smash Bros.Special Broadcast” pada bulan Desember. Kemungkinan mereka akan mengumumkan hasil Smash Ballot, polling untuk menentukan karakter yang ingin dihadirkan dalam game ini, di acara tersebut.

Sumber: Gematsu

Nintendo Tambahkan Dua Stage dan Gear Baru ke Splatoon

Dalam Nintendo Direct, Nintendo mengumumkan bahwa mereka akan menghadirkan dua stage baru dan banyak Gear baru untuk “Splatoon.” Stage-nya adalah Museum d’Alfonsino dan Mahi-Mahi Resort. Kedua stage-nya unik, stage museum memiliki bagian yang berputar yang akan mempengaruhi taktik kalian. Sedangkan stage kedua akan berubah di paruh akhir ronde yang menambahkan area yang harus dilapisi cat. Mereka akan merilis update baru yang berisikan Gear pada hari ini, sedangkan stage Museum d’Alfosino akan rilis besok.

Nintendo mengatakan bahwa Splatoon akan terus mendapatkan update setidaknya hingga Januari 2016.

Jepang Kedatangan Game Klasik Mother 3 untuk Wii U

nintendo-direct-mother-3

Nintendo mengumumkan bahwa mereka siap menghadirkan “Mother 3” ke Wii U Virtual Console pada tanggal 17 Desember 2015, sayangnya khusus untuk Jepang saja. Game RPG klasik ini memang hanya dirilis di Jepang saja dan banyak gamer yang ingin bisa bermain game ini dengan menggunakan versi Inggris. Karena di E3 2015 merilis versi Inggris dari Mother pertama, yang juga tidak ada versi Inggrisnya, mudah-mudahan mereka akan merilis game ini. Diluar Jepang, Mother 2 dikenal sebagai Earthbound.

Simak Gameplay dari Shin Megami Tensei IV: Final

Dalam Nintendo Direct khusus Jepang, Nintendo dan Atlus memperlihatkan tampak gameplay dari “Shin Megami Tensei IV: Final.” Game ini melanjutkan cerita dari Shin Megami Tensei IV tetapi dengan karakter baru yang menjadi pembunuh dewa dan akan terlibat dalam pertarungan antar dewa yang terjadi di Tokyo masa depan. Shin Megami Tensei IV: Final akan dirilis di Jepang pada tanggal 10 Februari 2016 untuk Nintendo 3DS.

Gen’ei Ibunroku #FE Hadirkan Sistem Class Change ala Fire Emblem



Dalam Nintendo Direct pagi ini, Nintendo memperkenalkan dua fitur baru untuk “Gen’ei Ibunroku #FE,” game RPG yang menggabungkan dunia Shin Megami Tensei dengan Fire Emblem. Sistem pertama adalah sistem crafting untuk membuat senjata baru. Masing-masing senjata akan memiliki status yang berbeda-beda. Sedangkan sistem kedua adalah Class Change yang sama seperti dengan di seri Fire Emblem. Seiring Mirage makin kuat, kalian akan bisa menggunakan Master Seal untuk mengubah Class Mirage. Selain itu, mereka juga mengumumkan bahwa tiga lagu dari game ini akan hadir di Wii Karaoke U yang hanya ada di Jepang saja mulai 1 Desember. Masing-masing lagu akan dilengkapi dengan video klip.

Gen’ei Ibunroku #FE akan dirilis di Jepang pada 26 Desember 2015 untuk Wii U. Versi Inggris akan dirilis pada tahun 2016.

Culdcept Revolt Siap Hadir di Nintendo 3DS

Nintendo telah mengumumkan game baru berjudul “Culdcept Revolt” yang akan hadir di Nintendo 3DS. Game yang dikerjakan oleh Omiyasoft ini adalah entri terbaru dari seri Culdcept setelah 12 tahun. Game ini akan menghadirkan lebih dari 200 kartu baru untuk digunakan serta peraturan dan sistem yang ditingkatkan. Game ini akan dirilis pada tahun 2016.

Sumber: Gematsu

Monster Hunter X Umumkan Kolaborasi Star Fox

Capcom kembali mengumumkan kolaborasi baru untuk “Monster Hunter X” dalam Nintendo Direct pagi ini. Setelah kolaborasi Toon Link dan Macross Delta, kali ini kolaborasi yang dihadirkan adalah dengan Star Fox yang akan membuat Palico menggunakan kostum dan senjata yang khas tersebut. Di Jepang, kostum ini hanya bisa didapatkan dari 7SPOT WiFi di 7-Eleven.

Selain itu, Capcom juga memperkenalkan variant monster terbaru yaitu Tigrex yang tampil lebih biru dan lebih ganas. Monster Hunter X akan dirilis di Jepang pada tanggal 28 November untuk Nintendo 3DS.

Sumber: Gematsu