Akihabara Expo di Amerika Dibatalkan Karena Dana Event Dilarikan Oleh CEOnya

November 19, 2015 1:33 pm
Akihabara Expo di Amerika Dibatalkan Karena Dana Event Dilarikan Oleh CEOnya

Halaman resmi Facebook acara Akihabara Expo yang rencananya akan diadakan pada tanggal 18-20 Desember di Anaheim, California mengumumkan acara tersebut terpaksa dibatalkan. Dalam pengumumannya, acara tersebut terpaksa dibatalkan karena “adanya rumor dan dugaan” yang menyebabkan anggota staf dan para bintang tamu batal untuk ikut serta.

Pada tanggal 30 Oktober lalu, pengguna Facebook Mikey Pham mendengarkan kekhawatiran temannya, Eddie Lecheka mengenai acara tersebut. Dia curiga CEO Akihabara Expo Michael Pham menggunakan dana acara untuk kepentingan pribadinya, bukan untuk menyusun kontrak bagi bintang tamu ataupun bisnis yang dimilikinya telah terdaftar dengan baik. Mikey Pham memberitahu ANN bila dia tidak memiliki hubungan baik dengan Michael Pham maupun acara tersebut, dia hanya mendapatkan informasi berdasarkan para staf, bintang tamu, dan teman-teman Michael. Dia juga memiliki bukti dokumentasi, namun dia berjanji kepada sumbernya bila dia tidak akan menyebarkan bukti tersebut.

Mikey juga mengatakan Akihabara Expo memiliki investor yang datang dari Asia, namun Michael membantah pernyataan ini dan mengatakan dia mendapatkan dana dari dirinya, bantuan crowdfunding, dan bantuan finansial dari seorang teman yang ingin namanya tetap anonim. Michael juga memberikan sebuah bukti audit (tidak resmi) yang dilakukan oleh Masuod Karkehabadi di halaman resmi Akihabara Expo yang menyatakan bahwa tidak ada bukti Michael menggunakan dananya untuk kepentingan pribadi.

JOI - akiba expo dibatalkan karena diduga uangnya dibawa kabur (2)

Sebelumnya, Michael telah mengajak Karkehabadi untuk menjalankan ruangan permainan di Akihabara Expo, namun Karkehabadi menolak untuk bergabung dengannya. Karkehabadi memberi tahu ANN setelah Mikey membuat dugaan, dia menawarkan jasa dirinya sebagai akuntan untuk melaksanakan audit independen tanpa bayaran. Michael setuju dan memberikan Karkehabadi akses ke laporan keuangan termasuk rekening bank dan Paypal miliknya.

Mikey juga mendapatkan kabar dari teman yang kenal dengan Teddyloid kalau Teddyloid tidak pernah menyelesaikan kontrak tertulis dengan Akihabara Expo, bahkan setelah namanya ditambahkan ke situs Akihabara Expo Bintang tamu lain termasuk band Jepang BRADIO dan Chelsy telah mengkonfirmasi kedatangan mereka ke Akihabara Expo. Situs mereka juga mengatakan bahwa Crunchyroll akan datang sebagai “tamu”, namun Crunchyroll mengkonfirmasikan tanggal 3 November bahwa mereka tidak terafiliasi dalam hal apapun dengan Akihabara Expo. Michael mengaku dia sudah “dihubungi oleh (Crunchyroll) community outreach program”.

Mikey juga kemudian menyatakan Akihabara Expo, LLC business yang didirikan pada bulan Juli 2014 terdaftar milik Michael Pham dari Garden Grove, California. Michael kemudian menyatakan kepada ANN kalau dia berencana untuk memindahkan Akihabara Expo menjadi bisnis lain.

Setelah pengumuman pembatalan acara tersebut, Michael sudah membuat sebuah formulir refund. Michael mengatakan bahwa dia berencana memproses semua refund dan saat ini “mencari pekerjaan untuk membayar kembali orang-orang”. Uang tersebut akan digunakan untuk membatalkan Mariott; penerbangan bintang tamu, bahan bakar, makanan, dan peralatan untuk acaranya yang saat ini dibiayai oleh Mariott.

sumber: ANN