Game PS2 Bisa Berjalan di PS4 Melalui Emulator

November 20, 2015 2:04 pm
Game PS2 Bisa Berjalan di PS4 Melalui Emulator

Setelah beredar rumor dan analisa dari Digital Foundry, Sony akhirnya mengkonfirmasikan bahwa game-game PlayStation 2 akan hadir di PlayStation 4 melalui emulator. Informasi ini dikonfirmasikan langsung oleh Sony melalui Wired.

“Kami sedang berusaha untuk menghadirkan game-game PS2 ke generasi terkini melalui teknologi emulator PS2,” ujar perwakilan Sony kepada Wired. “Kami tidak ada komentar lebih lanjut untuk saat ini.” Gematsu juga bertanya kepada Sony apakah emulator PS2 melalui disc akan didukung, tetapi Sony tidak memberikan komentar.

Sebelumnya, Digital Foundry memperlihatkan sebuah analisa yang unik. Konsol PlayStation 4 dengan tema Star Wars sudah dirilis dan game tersebut dilengkapi dengan lima game Star Wars klasik yang bisa dimainkan di PS4. Tiga di antaranya adalah Star Wars: Jedi Starfighter, Star Wars: Racer Revenge, dan Star Wars: Bounty Hunter yang sebelumnya rilis di PS2. Ternyata versi PS4 ini bukan game-nya di-port ke PS4, melainkan tetap game PS2 tetapi berjalan di PS4 melalui emulator. Uniknya, meski game-nya berjalan melalui emulator, game-nya mendukung trophy (yang hanya ada di PS3 dan PS4 saja) dan juga kualitas gambar yang ditingkatkan melalui post-processing serta frame rate yang lebih tinggi dan stabil.

Pada tanggal 5-6 Desember, Sony akan mengadakan PlayStation Experience 2015 di Amerika. Kemungkinan besar mereka akan mengungkapkan informasi mengenai emulator PS2 untuk PS4 ini dalam acara gaming tersebut.

Sumber: Gematsu