[Celebrity Sunday] Ken Akamatsu

November 22, 2015 12:27
[Celebrity Sunday] Ken Akamatsu

Celebrity Sunday kali ini akan kembali mangaka ternama yaitu Ken Akamatsu, mangaka yang terkenal atas seri Love Hina dan Mahou Sensei Negima!. Akamatsu adalah mangaka yang cukup unik karena selain mengerjakan serial manga, dia juga aktif sebagai businessman yang ingin memajukan industri manga di Jepang.

Pria kelahiran tahun 1978 ini adalah lulusan sastra Jepang. Pada saat duduk di bangku SMA, Akamatsu bergabung dengan klub Micro Computer dan menjadi ketuanya. Meski masih duduk di bangku SMA, Akamatsu dan teman klubnya sempat merilis game Paladin untuk PC-8801 pada tahun 1985. Pada saat kuliah, Akamatsu bergabung dengan banyak klub seperti klub anime, klub manga, hingga film. Akamatsu memulai karirnya sebagai mangaka di tahun 1993 ketika manga-nya yang berjudul “Hito Natsu no Kids Game” berhasil mendapatkan penghargaan pilihan juri di Weekly Shonen Magazine Newcomer Award ke-50.

celeb-sunday-ken-akamatsu-foto

Semua serial yang dikerjakan Akamatsu bisa dibilang sukses. Setelah mendapatkan penghargaan, Akamatsu mengerjakan A.I. Love You (A.I. ga Tomaranai!) yang berjalan selama tiga tahun. Di 1998, Akamatsu mulai mengerjakan Love Hina yang membuat namanya semakin terkenal. Manga tersebut mendapatkan adapatasi serial anime dan juga penghargaan Kodansha Manga Award ke-25.

celeb-sunday-ken-akamatsu-kanon

Sebelum mengarang Negima!, tepatnya pada bulan Juli 2002, Akamatsu menikah dengan istrinya yang bernama Kanon Akamatsu. Istrinya sendiri adalah mantan idol yang lebih muda 11 tahun darinya dan hobi cosplay. Di tahun 2006, Kanon sempat mendirikan blog yang bernama “Nanahikari” dengan tema bagaimana kehidupan istri mangaka yang juga merupakan fans Ken Akamatsu. Di blog-nya dia menulis berbagai macam hal mulai dari keseharian sebagai istri yang mendukung suaminya sebagai mangaka, tentang masakan dan bento, hingga cosplay ketika beres-beres rumah, dimulai dari mengenakan pakaian maid hingga bervariasi.

Di tahun 2003, Akamatsu mengarang Mahou Sensei Negima! yang berjalan hingga tahun 2012. Manga tersebut sangat terkenal karena mendapatkan adaptasi anime dua macam, dan juga serial dorama. Dikatakan bahwa istrinya adalah model untuk karakter heroine Asuna Kagurazaka. Saking suksesnya Negima, seri terbaru karya Akamatsu yang berjudul UQ Holder! masih berhubungan dengan dunia Negima.

celeb-sunday-ken-akamatsu-negima

Akamatsu memiliki cara mengerjakan manga yang unik bernama “Collage.” Cara kerja ini sudah mulai digunakan sejak karya A.I. Love You. Cara kerjanya adalah Akamatsu akan menggambar masing-masing latar belakang, karakter, hingga balon dialog di kertas yang berbeda-beda. Setelah itu, dia akan memotong masing-masing obyeknya dan kemudian akan ditempel ke dalam naskah komiknya. Karena cara kerja yang lama ini, Akamatsu memiliki proses yang berbeda dengan mangaka lainnya. Manga-nya dikerjakan layaknya kerja kelompok. Ketika naskahnya selesai, naskah Akamatsu berbeda dengan mangaka lainnya karena lebih tebal.

Karena proses kerja yang lama ini, jadwal terbit manga-manga karya Akamatsu cukup unik. Meski manga-nya digambar selama satu minggu, tapi perlu waktu 8 hari untuk mengerjakannya. Karena itu, manga yang dikarangnya selalu hiatus selama satu minggu setiap terbit empat chapter baru. Desain studio Akamatsu juga berbeda dengan desain mangaka pada umumnya karena dia benar-benar mendorong cara kerja kelompok. Berkat pengalaman di klub anime, susunan studio Akamatsu lebih mirip dengan studio anime agar bisa memaksimalkan keahlian masing-masing asistennya. Selain itu, ketika membahas setting dan cerita, Akamatsu selalu meminta pendapat asistennya secara proaktif.

celeb-sunday-ken-akamatsu-love-hina

Di tahun 2010, Akamatsu mendirikan perusahaan bernama J-Comi yang sebagai situs tempat membaca manga-manga yang sudah tidak dicetak lagi secara gratis. Situsnya ditujukan sebagai perpustakaan untuk manga-manga yang sudah tidak dicetak lagi. Manga-manga yang disimpan di J-Comi bisa dibaca secara gratis dan tidak memiliki DRM. Bahkan J-Comi tidak menghentikan orang-orang yang meng-upload manga-nya ke situs file sharing atau scanlation. Mangaka yang memasukan manga-nya ke J-Comi akan tetap mendapatkan untung melalui iklan.

celeb-sunday-ken-akamatsu-uq-holder

Ken Akamatsu sekarang masih mengerjakan seri UQ Holder! yang dirilis sejak tahun 2013. Kalian bisa mengikuti mangaka ini di Twitter dan Tumblr.