[Impression] Digimon Adventure Tri

November 26, 2015 10:55 am
[Impression] Digimon Adventure Tri

Sejak diumumkan tahun lalu, Digimon Adventure Tri berhasil membuat hype para penggemarnya, tak terkecuali untuk para netizen di Indonesia karena Digimon Adventure membawa kenangan sendiri sebagai anime yang rutin tayang setiap hari minggu di salah satu tv swasta beberapa tahun yang lalu.

Cerita dari Digimon Adventure Tri mengambil waktu 6 tahun semenjak petualangan pertama Taichi dan kawan-kawan sebagai DigiDestined, atau yang biasa kita sebut “anak-anak terpilih” dan 3 tahun semenjak kejadian Digimon Adventure 2. Mengisahkan Taichi dan kawan-kawan yang beranjak dewasa terlibat dalam sebuah peristiwa dimana terjadi sebuah anomali yang menyebabkan pintu Digital World terbuka dan membuat Digimon datang ke bumi. Taichi dan kawan-kawan harus berhadapan dengan Digimon yang membuat kekacauan dan mencari tahu penyebab masalah ini timbul.

Digimon Adventure Tri terdiri dari 2 bagian yang dimana bagian keduanya akan ditayangkan tahun depan. Berikut impresi dari JOI untuk Digimon Adventure Tri  bagian pertama. Apakah berhasil memenuhi harapan para fans-nya?

Para karakter yang telah dewasa!

digimontri5

Digimon Adventure Tri menghadirkan seluruh anak-anak terpilih yang telah dewasa dan rata-rata sudah SMA, kecuali Hikari dan Takeru tentunya. Ada perasaan yang menyenangkan melihat karakter yang biasa kita tonton dari wujud anak-anak menjadi dewasa seperti ini dengan sifatnya yang masih sama seperti mereka kanak-kanak.

digimontri1kayaknya dari dulu kamu doang yang tidak berubah, wahai yamato

Meskipun begitu mereka berubah tidak seperti anak-anak lagi seperti Taichi yang menjadi pemain bola dan masih ngarep Sora, Yamato yang memilih bermain band dan masih berusaha nikung Taichi, Takeru yang menjadi playboy, Hikari yang ternyata banyak yang nge-fans, Sora yang bimbang diantara dua pilihan, Joe yang berfokus dengan ujiannya, Koushiro yang menjadi engineer handal dan Mimi yang akhirnya kembali dari Amerika. Penggambaran karakternya pun menurut saya sudah sesuai dan saya tidak akan meminta lebih karena terpuaskan.

Pertarungan intens yang seru

digimontri2

Tentu bukan Digimon namanya kalau tidak ada battle. Ya disini ada battle antar Digimon yang seru dan intens, terutama untuk pertarungan terakhir dimana kita bisa melihat Omnimon beraksi lagi! Tentunya hal ini memuaskan saya dan mungkin beberapa penonton. Selain Omnimon jangan lupakan battle Digimon lain seperti Kabuterimon, Birdramon, Angemon, Gatomon, Togemon, Greymon, Garurumon hingga ada War Greymon dan Metal Garurumon!

Masih kaya Digimon Adventure yang lama kok

digimontri6

Ini yang pasti akan memuaskan kalian pemain tua termasuk saya sendiri. Semua masih seperti Digimon Adventure lama! Lagu opening Butterfly, animasi perubahan Digimon yang diiringi dengan lagu Brave Heart hingga lagu ending I Wish tetap ada. Seakan membawa semua nostalgia yang ada dari Digimon Adventure pertama. Bahkan saat saya menonton dan ada Digimon evolve dan lagu Brave Heart diputar, saya sampai teriak kegirangan!

Verdict: Show me your brave heart/10

digimontri7

Digimon Adventure Tri menghadirkan nostalgia akan sebuah seri Digimon yang menjadi fan service untuk kita yang sudah tua-tua ini. Menurut saya movie part 1 nya sendiri cukup memuaskan untuk membawa perasaan nostalgia. Tetapi selain itu sebenarnya movie ini biasa saja, ya tipikal shounen movie pada umumnya.

Jaman memang sudah berubah, kalau dulu kita ngobrol dengan teman mengenai Digimon apa yang paling keren, sekarang omongan kita mungkin sudah berputar siapa karakter yang merupakan doujin material, klaim waifu, atau bahkan siapa pair paling oke. Atau kalau mengutip kata signum “kalau dulu suka vanilla, mungkin sekarang senangnya NTR”. Begitupun dengan ini, mungkin jika 10 tahun yang lalu saya menonton ini, saya akan menganggap bahwa movie ini super keren, tetapi tidak untuk masa sekarang.

Ada hal yang menarik memang yang membuat kita merasa semakin tua. Kalau dulu kita biasa aja melihat konflik Taichi, Yamato, Sora sekarang kita langsung peka dan mencap hal itu NTR, tikung dan sejenisnya. Dan kalau dulu kita menganggap hubungan Yamato dan Taichi itu keren seperti sahabat, sekarang mungkin kita merasa mereka seperti pasangan homo.

digimontri3dulu: “wuih taichi dan yamato keren banget udah kaya saudara! aku mau jadi kaya mereka!”

sekarang: “kok kaya homo ya”

Overall, Digimon Adventure Tri sangat wajib ditonton untuk penggemar seri ini terutama untuk kalian yang sudah tua yang dulu bela-belain bangun pagi setiap hari minggu demi menonton Digimon. Meskipun tidak terlalu memuaskan, tetapi setidaknya movie ini berhasil membawa perasaan nostalgia ke para fans-nya.

Apa? kamu gak tau Digimon Adventure atau belum pernah nonton? Mari terlebih dahulu simak artikel dari JOI soal Digimon Adventure disini! Kemudian tonton gih sana.