Konami Melarang Hideo Kojima Untuk Menerima Penghargaan Untuk Metal Gear Solid V

December 4, 2015 3:28 pm
Konami Melarang Hideo Kojima Untuk Menerima Penghargaan Untuk Metal Gear Solid V

Satu lagi kejadian yang membuat kita berkata, “What the hell, Konami?” kembali terjadi. Di dua acara penghargaan video game yang diadakan dalam dua hari terakhir, Metal Gear Solid V: Phantom Pain berhasil memenangkan beberapa penghargaan. Dan melihat berbagai kisah hubungan Konami dengan Kojima beberapa waktu terakhir, mungkin kita sudah tidak heran kita tidak melihat Hideo Kojima di kedua acara tersebut, meskipun itu sangat, sangat mengesalkan.

Metal Gear Solid V: Phantom Pain berhasil memenangkan User’s Choice Award dan penghargaan Platinum di Playstation Awards di Tokyo pada 3 Desember 2015 lalu dan memenangkan Best Action Adventure Game di Game Awards di Los Angeles hari ini. Meskipun begitu, Hideo Kojima tidak tampil di kedua acara tersebut untuk menerima penghargaannya.

fckonami1
Kepala PR Konami di Playstation Awards

Penghargaan di Playstation Awards diterima oleh kepala Public Relations Konami, sementara penghargaan di Game Awards diterima oleh Kiefer Sutherland, pengisi suara Big Boss di Metal Gear Solid V: Phantom Pain.

fckonami2
Kiefer Sutherland dan Mark Hamill di Game Awards

Kondisi Kojima yang absen dari kedua acara penghargaan ini diperjelas di Game Awards oleh sang pembawa acara, Geoff Keighley, yang menjelaskan:

“Seperti yang Anda ketahui, Hideo Kojima tidak berada di sini dan saya ingin menjelaskan sedikit tentang itu. Tn. Kojima dengan segala keinginannya ingin datang ke acara ini, namun sayangnya baru-baru ini ia dikabarkan oleh seorang pengacara yang mewakilkan Konami bahwa ia tidak diizinkan untuk datang ke acara penghargaan ini untuk menerima penghargaan apapun. Ia masih terikat kontrak. Dan sangat mengecewakan dan tidak dapat dibayangkan bagiku kalau seorang artis seperti Hideo tidak diperbolehkan untuk datang dan merayakan penghargaan ini bersama kawan dan rekan-rekannya.”

Sebelumnya Kojima dikabarkan telah keluar dari Konami sejak 9 Oktober 2015 lalu, meski Konami menyangkalnya dan mengatakan bahwa Kojima masih bekerja di bawah Konami dan sedang berlibur. Belum diketahui mana yang benar, mengingat ada juga kemungkinan Kojima memang telah keluar dari Konami tapi masih terikat no-compete clause (tidak boleh berkerja untuk perusahaan lain dalam bidang yang sama untuk beberapa waktu setelah pemutusan kerja).

Ini juga bukan pertama kalinya Kojima dihalangi untuk hadir di sebuah acara game. Kojima sendiri selalu hadir di acara Tokyo Game Show (TGS) dari tahun 2004 hingga 2014, namun di TGS 2015, Kojima hanya hadir sebagai seorang pengunjung, sementara acara stage MGS V dibawakan oleh orang lain.

Buruknya hubungan Konami dengan Kojima (dan internalnya sendiri) mungkin sudah menjadi rahasia umum, tetapi melihat efeknya sampai mempengaruhi beberapa acara penghargaan di mana sang pencipta game tidak bisa menerima penghargaan atas game buatannya itu jelas bisa membuat banyak orang (semakin) kesal.

Sumber: Destructoid & Kotaku