Konami dan Sony Konfirmasikan Keluarnya Hideo Kojima, Kojima Productions Siapkan Game PlayStation yang ‘Edgy’

December 17, 2015 09:49
Konami dan Sony Konfirmasikan Keluarnya Hideo Kojima, Kojima Productions Siapkan Game PlayStation yang ‘Edgy’

Setelah laporan dari Nikkei, sekarang Konami merilis pernyataan resmi mengenai keluarnya Hideo Kojima dari Konami. Selain itu, Sony juga mengkonfirmasikan bahwa mereka bekerjasama dengan studio barunya yang bernama Kojima Productions untuk menghadirkan game pertama mereka eksklusif untuk PlayStation 4.

Konami telah mengirimkan berbagai pernyataan ke situs game di Jepang seperti Inside Games, 4Gamer.net, dan GAME Watch mengenai keluarnya Kojima dari Konami. Mereka mengatakan bahwa kontrak Kojima dengan Konami sudah habis pada tanggal 15 Desember. Di saat yang bersamaan, Sony Computer Entertainment juga merilis sebuah video yang mengungkapkan bahwa SCE dan Kojima Productions telah membentuk perjanjian untuk game pertama mereka yang akan dirilis eksklusif untuk PlayStation 4.

Kojima Productions adalah studio independen baru yang didirikan oleh Hideo Kojima. Studio barunya ini terdiri dari staff-staff Kojima Productions lama yang dulu menjadi bagian dari Konami. Selain Kojima, studionya juga beranggotakan produser Metal Gear Solid Kenichiro Imaizumi, desainer Metal Gear Solid Yoji Shinkawa, dan asisten Kojima, Ayako Terashima.

Mendengar berita ini, IGN pun langsung terbang ke Jepang untuk melakukan wawancara dengan Hideo Kojima tentang studio barunya.

Dalam wawancaranya, Kojima mengatakan bahwa game pertama mereka untuk PlayStation 4 masih dirahasiakan. Tetapi mereka ingin membuat game dengan skala yang tidak terlalu besar dengan tujuan untuk membuktikan eksistensi mereka. Kojima ingin membuat sesuatu yang memenuhi ekspektasi orang-orang, tetapi pada saat yang sama menghadirkan sesuatu yang baru yang belum pernah dilihat. Karena sekarang mereka adalah studio indie, sekarang Kojima Productions bisa membuat game yang lebih “edgy.”

Kojima juga menjelaskan tentang logo baru studionya yang memperlihatkan sebuah tengkorak dengan siluet helm. Logonya mengingatkan akan logo Militaires Sans Frontières dari Metal Gear Solid Peace Walker.

kojima-productions-new-logo

“Saya selalu suka astronot, dan [logo baru Kojima Productions] didesain agar terlihat seperti ksatria abad pertengahan atau helm astronot,” ujar Kojima. “Konsepnya adalah, dengan teknologi baru dan semangat pelopor, kami ingi membawa kalian ke dunia baru – dalam batasan dunia digital – kami ingin pergi bersama kalian ke dunia baru yang belum pernah dilihat orang.”

Kojima pun melanjutkan, “Sedangkan untuk tengkoraknya, kita adalah homo sapiens – orang yang memiliki akal – tetapi kita juga adalah homo ludens – orang yang bermain – dan konsep dibalik logonya adalah: Dengan teknologi baru dan semangat pelopor, kami menghadirkan permainan ke dunia baru.”

Dalam wawancarnya, Kojima mengatakan bahwa dia akan terus membuat game hingga meninggal. Jadi kalian tidak perlu khawatir.

Sumber: Gematsu (1, 2), IGN

Sorry. No data so far.