[Celebrity Sunday] Mamoru Miyano

December 20, 2015 15:44
[Celebrity Sunday] Mamoru Miyano

Untuk Celebrity Sunday kali ini, JOI akan kembali membahas seiyuu. Kali ini seiyuu yang dibahas adalah Mamoru Miyano, seiyuu yang terkenal dengan suara ikemen dan wajah gantengnya. Selain aktif sebagai seiyuu, pria berumur 32 tahun ini juga aktif sebagai penyanyi dan aktor.

Tidak aneh apabila Miyano terlihat multitalenta. Sejak SD, Miyano sudah bergabung dengan Himawari Theater Group yang terkenal melatih aktor junior. Di sana, dia berfokus pada aktivitas drama panggung. Tetapi karena masih kecil, Miyano tidak mengikuti latihan secara rutin dan malah bergabung dengan klub sepak bola hingga SMA. Dia baru mulai serius setelah lulus SMA. Sambil kerja sambilan di toko buku, Miyano ikut full-day class di Himawari Theater Group. Kelas ini terkenal banyak murid yang menyerah karena terlalu sulit dan keras, tetapi Miyano tetap bisa bertahan.

Meski baru mulai serius setelah lulus SMA, Miyano sebenarnya sudah tampil di TV sejak SD kelas 1, tepatnya pada sebuah iklan untuk perusahaan Seiyuu. Setelah itu, dia berkali-kali mendapatkan peran untuk drama panggung, bahkan hingga muncul di serial drama di TV. Di paruh akhir 2000, Miyano lebih sering mendapatkan peran seiyuu, tetapi sempat mendapatkan peran di The Prince of Tennis Musical, film live-action, dan juga serial drama.

Miyano pertama kali mendapatkan pekerjaan sebagai seiyuu ketika duduk di bangku kelas 3 SMA. Dia berhasil lolos audisi untuk melakukan dubbing serial TV dari Amerika yang berjudul Caitlin’s Way. Ini adalah pertama kalinya Miyano akting di depan mikrofon yang membuatnya jadi kebingungan. Tetapi pada saat itu, sutradaranya mengajarkan berbagai teknik seiyuu kepada Miyano selama satu tahun. Setelah itu, Miyano aktif sebagai seiyuu, tetapi namanya mulai melejit setelah mengisi suara Riku di Kingdom Hearts yang rilis tahun 2002 dan Light Yagami di Death Note pada tahun 2006.

celeb-sunday-mamoru-miyano-foto

Berkat perannya sebagai Light, Miyano mendapatkan penghargaan best lead actor di Seiyuu Awards kedua dan penghargaan di kategori seiyuu dalam Tokyo Anime Award ketujuh di Tokyo International Anime Fair ke-2008. Selain aktif sebagai seiyuu, Miyano juga saat ini terkenal sebagai penyanyi. Dia mulai mengikuti kelas menyanyi dan menari ketika duduk di bangku SMA karena khawatir akan masa depannya. Miyano memulai karirnya sebagai penyanyi dengan menyanyikan lagu “Kuon” untuk ending Koutetsu Sangokushi. Dia mendapatkan dorongan dari Nana Mizuki ketika rekaman untuk Dragonaut: The Resonance untuk menjadi penyanyi. Miyano merasa dia bisa menjadi penyanyi berkat Nana dan menanggap Nana sebagai kakaknya.

Meski memiliki suara ikemen, tampan yang ganteng, sudah berkeluarga dan memiliki anak laki-laki, hingga pandai menyanyi dan menari, Miyano juga terkenal dengan tingkah lakunya. Dalam acara stage, acara livestream, dan acara lainnya, Miyano sering bertingkah kocak. Banyak tingkah laku kocaknya yang bisa kalian cari di internet, mulai dari menyanyikan lagu “Koi wa Hop Step Jump,” membuat skit bodoh bersama seiyuu lainnya, dan masih banyak lainnya.

celeb-sunday-mamoru-miyano-cacat

Kalau melihat kondisi seiyuu perempuan, yang sekarang naik daun adalah seiyuu-seiyuu baru. Sedangkan seiyuu veteran sudah jarang tampil sebagai karakter utama, mungkin karena bayarannya yang lebih mahal. Tetapi Mamoru Miyano sampai saat ini masih sering mengisi suara tokoh utama. Untuk tahun 2016 saja, Miyano sudah dijadwalkan untuk mengisi suara beberapa karakter utama seperti Kei dari Ajin, Biba dari Kabaneri of the Iron Fortress, dan Osamu dari Bungou: Stray Dogs.

celeb-sunday-mamoru-miyano-ultraman

Kalian bisa mengikuti Mamoru Miyano melalui blog-nya, Facebook, dan YouTube.

Sorry. No data so far.