Star Wars: The Force Awakens Dikalahkan Oleh Yokai Watch di Box Office Jepang

December 23, 2015 10:43
Star Wars: The Force Awakens Dikalahkan Oleh Yokai Watch di Box Office Jepang

Siapa yang tidak tahu Star Wars? Seri ciptaan George Lucas yang pertama kali ditayangkan pada tahun 1977 ini telah menjadi sebuah berita terlaris belakangan ini. Baik penggemar lama dan baru, semua bersuka cita saat episode ketujuh, Star Wars: The Force Awakens akhirnya diputar di bioskop-bioskop lokal minggu lalu. Rekor Box Office pecah, diskusi Star Wars dapat kita temui dimana-mana, tidak lupa spoiler pun bertebaran.

JOI - star wars dan yokai watch box office jepang (2)
But spoilers aren’t cool, please refrain yourself from spoiling things for other people
.

Namun walaupun berhasil memecahkan lebih dari 10 rekor (dan masih bisa bertambah)dengan margin yang cukup eksponensial dari pesaingnya, hal tersebut tidak terjadi di Jepang karena Star Wars hanya berhasil duduk di peringkat kedua box officenya. Posisi pertama diraih oleh Yo-Kai Watch the Movie 2: King Enma and the 5 Stories, Nyan!.

JOI - star wars dan yokai watch di box office jepang

Sebenarnya, Star Wars adalah sesuatu yang sangat besar di Jepang dahulu kala saat film tersebut pertama kali diputar. Sangat besar, poster Star Wars sampai hampir menutupi tampilan depan bioskop di Jepang menyisakan hanya sedikit tempat untuk poster film lainnya. Sangat besar, George Lucas dan para pemeran tampil sebagai endorser untuk berbagai macam produk Panasonic. Sangat besar, bahkan iklan tuna kalengan memakai endorser Luke Skywalker dan kawan-kawan.

Berbeda dengan negara-negara yang menggunakan hasil penjualan tiket sebagai acuan untuk menentukan siapa yang berhasil duduk di puncak box office, Jepang menggunakan jumlah tiket yang terjual. Yahoo! telah mengumumkan kalau saat ini, Yo-Kai Watch adalah raja dari box office Jepang dengan penjualan tiket sebanyak lebih dari 975,000 lembar. Star Wars: The Force Awakens harus puas di posisi kedua dengan penjualan tiket sebanyak lebih dari 800,000 lembar.

JOI - star wars dan yokai watch box office jepang (3)

Di sisi lain, mereka tidak mengikutsertakan hasil penjualan tiketnya, mayoritas penonton Yo-Kai Watch adalah anak kecil, sehingga tiket mereka pasti lebih murah dibandingkan para penggemar yang menyaksikan Star Wars. Tercatat Yo-Kai Watch berhasil meraup keuntungan sebesar 8,71 juta USD atau sekitar 1,05 milyar JPY sedangkan Star Wars berhasil meraup keuntungan sebsar 10,3 juta USD atau sekitar 1,25 milyar JPY. Lumayan, lebih sedikit tiket terjual tapi lebih banyak uang masuk ke kantong.

In the end, kedua film pastinya sangat dinikmati oleh para penggemarnya masing-masing sehingga bisa memimpin box office Jepang. Kalian sendiri lebih senang menonton yang mana?

sumber: Kotaku