[Celebrity Sunday] Yoko Hikasa

January 3, 2016 11:46 am
[Celebrity Sunday] Yoko Hikasa

Dalam Celebrity Sunday kali ini, JOI akan membahas tentang seiyuu bernama Yoko Hikasa. Kali ini Hikasa dipilih untuk merayakan pengumuman pernikahannya pada akhir tahun kemarin. Hikasa terkenal bisa memerankan karakter yang sangat bervariasi, dan juga tingkah lakunya yang suka bercanda.

Wanita kelahiran 1985 ini memutuskan ingin menjadi seiyuu ketika masih kecil, tepatnya ketika menonton Sailor Moon dan Evangelion. Hikasa kagum melihat Kotono Mitsuishi yang bisa memerankan karakter yang sangat berbeda yaitu Usagi dari Sailor Moon dan Misato dari Evangelion. Setelah lulus SMA, Hikasa masuk sekolah kejuruan (seperti SMK, tetapi setara dengan universitas) dalam bidang fashion. Sambil sekolah, Hikasa juga belajar menjadi seiyuu di Japan Naration Acting Research Institution. Ketika belajar di sana, Hikasa berhasil mendapatkan beasiswa karena lulus dari Free Newcomer Training Audition.

celeb-sunday-hikasa-yoko-1

Hikasa pertama kali debut sebagai seiyuu di serial anime Sketchbook ~full color’s~ yang mengisi suara Minamo Negishi. Nama Hikasa mulai melejit setelah memerankan Mio Akiyama di K-ON! yang tayang di tahun 2009. Sejak saat itu, Hikasa mulai mengisi suara banyak karakter. Tetapi dia baru pertama kali mengisi suara tokoh utama dalam Seikimatsu Occult Gakuin yang tayang di 2010 mengisi suara Maya Kumashiro. Di Seiyuu Award keempat, Yoko Hikasa bersama Aki Toyosaki, Satomi Satou, Minako Kotobuki, dan Ayana Taketatsu berhasil memenangkan penghargaan musik sebagai unit Houkago Tea Time.

Sesuai dengan idolanya, Hikasa terkenal bisa memerankan karakter yang bervariasi. Beberapa contohnya adalah karakter yang moe seperti Mio dari K-ON! atau Nashetania dari Rokka no Yuusha. Tetapi Hikasa lebih terkenal mengisi suara karakter yang tipe serius atau cool seperti Rias dari High School DxD, Houki dari Infinite Stratos, Emi dari Hataraku Maou-sama!, dan masih banyak lainnya. Kadang-kadang Hikasa mendapatkan peran karakter yang tidak beres seperti Nobara dari Inu x Boku SS dan Steph dari No Game No Life.

celeb-sunday-hikasa-yoko-2

Selain ahli menggunakan suaranya untuk mengisi suara karakter atau menyanyi, Hikasa juga memiliki banyak kemampuan unik. Wanita yang baru menikah ini memiliki hobi memasak dan pintar menjahit. Di luar itu, Hikasa memiliki banyak sertifikasi. Untuk kaligrafi dengan kuas dan dengan pena, Hikasa masing-masing memiliki sertifikat tingkat tiga. Untuk aromaterapi, Hikasa memiliki sertifikat tingkat dua. Masih banyak sertifikat lain yang dimilikinya, contohnya adalah sertifikan natural food coordinator. Berkat talentanya ini, Hikasa sering diundang ke berbagai acara TV.

Hikasa juga hobi main game. Dia sering bermain game bersama teman-teman seiyuu-nya. Game yang paling disukai Hikasa adalah Monster Hunter. Capcom biasanya selalu mengundang bintang yang suka Monster Hunter untuk membintangi iklan atau acara mereka. Karena Hikasa benar-benar suka Monster Hunter, bahkan dia membeli Wii demi memainkan Monster Hunter 3, Hikasa jadi sering mendapatkan pekerjaan yang berhubungan dengan Monster Hunter, salah satunya adalah sebagai pembawa acara Monster Hunter Radio.

Setelah sukses sebagai seiyuu, Hikasa sekarang cukup aktif sebagai penyanyi. Sejak pertama kali bekerja sebagai seiyuu, Hikasa sudah dikenal memiliki kemampuan menyanyi yang baik. Dia pun tertarik untuk berkarir sebagai penyanyi. Tetapi Hikasa baru bisa mendapatkan tawaran menyanyi di K-ON!. Setelah itu, Hikasa berkali-kali mendapatkan tawaran untuk menjadi penyanyi dari produser. Tetapi Hikasa menolaknya dengan mengatakan, “Kegiatannya hanya bernyanyi, dan ada banyak orang yang ingin menjadi penyanyi. Sedangkan saya adalah seorang aktris. Karena itu saya memerlukan waktu untuk berpikir.”

Ketika mengisi suara di Ro-Kyu-Bu!, Hikasa juga ikut menyanyikan lagu temanya bersama seiyuu lainnya. Pada saat itu, Hikasa sering bernyanyi dan tampil di konser. Merasa sangat senang melakukan aktivitas tersebut, Hikasa pun merubah pikiran yang akhirnya memutuskan untuk menjadi penyanyi. Karena sudah sering menyanyikan lagu karakter, Hikasa tidak perlu lagi latihan tambahan ketika menjadi penyanyi, langsung melakukan rekaman. Hikasa debut sebagai penyanyi pada tahun 2013 dengan menyanyikan lagu ending dari serial anime Shingeki no Kyojin.

Dalam event untuk anime atau game, Hikasa terkenal sering bercanda dengan tingkah laku yang “tidak beres.” Salah satu lawakan yang sering digunakannya adalah “Tehepero(・ω<).” Karena sering digunakan dalam berbagai acara, seiyuu lainnya yang ikut tampil di acara tersebut jadi sering menggunakannya. Tehepero pun mulai menyebar, bahkan hingga dibuatkan lagu orisinal oleh azusa dan digunakan oleh Mayuyu dari AKB48.

Yoko Hikasa aktif di blog resminya, tetapi kadang-kadang dia suka muncul di akun Twitter Yoko Hikasa Solo Project.