Inilah 8 Mainan Yang Luar Biasa Mahal Yang Pernah Dibuat Oleh Orang Jepang

January 6, 2016 3:06 pm
Inilah 8 Mainan Yang Luar Biasa Mahal Yang Pernah Dibuat Oleh Orang Jepang

Kita semua pernah khilaf, tidak saya, tidak kamu, tidak juga kolektor-kolektor lainnya. Namun mungkin hal ini tidak berlaku bila kamu berada dalam kalangan para sultanpamanimmortals, dan kelompok-kelompok sejenis yang lebih lancar dalam hal pengucuran dana dalam membiayai perkhilafan mereka. Saya yakin juga, hanya mereka-mereka ini yang mampu membeli barang-barang dalam daftar kali ini.

JOI - mainan jepang termahal makan duit

Khilaf untuk mainan adalah sesuatu yang terus terjadi bila para kolektor menghadiri konvensi-konvensi tertentu, atau secara tidak sengaja menemukan wishlist yang mengganjal baik di dunia asli maupun di dunia maya. Namun segila apapun khilafmu, beberapa barang di bawah ini mungkin tidak akan pernah menjadi korban kekhilafan. Ada juga kamu harus menyusun sebuah financial planning yang matang untuk membelinya, karena beberapa dari mereka kurang lebih harganya cukup bersaing dengan KPR (Kredit Pemilikan Rumah) belakangan ini. Penasaran?

Mungkin memang Jepang suka sedikit gila bila menyangkut mainan. Mari kita mulai daftar mainan-mainan buatan Jepang yang harganya mahal banget ini.

8. Ultraman Spacium Ray Premium Grade

Harga: 525,000 JPY/sekitar 59,000,000 IDR

Kita mulai daftar ini dengan melihat figure Ultraman termahal yang pernah dibuat dalam sejarah. Figure ini dibuat untuk merayakan ulang tahun Tsuburaya Productions yang ke 50 dan Toserba Daimaru Matsuzaka menyiapkan sebuah figure setinggi 50cm ditampilkan dalam toko mereka.

JOI - mainan termahal dari jepang (1)

Untuk menambah keaslian (dan harga), figure ini menggunakan sebuah batu sapphire asli untuk sebagai batu penanda yang bertengger di dada Ulraman. Figure ini dibuat dengan tangan dan hanya akan diproduksi sebanyak 50 buah saja.

Bila melihat kisaran harga batu sapphire asli dengan ukuran 1cm berkisar antara 10-50 juta tergantung kualitasnya, mungkin saja kamu membayar mahal untuk batu tersebut dan bukan figurenya sendiri.

7. Gameboy lapis emas dan berlian

Harga: 25,000 USD/sekitar 346,000,000 IDR

Tentunya, kamu yang tumbuh di tahun 90an pasti pernah memiliki sebuah mimpi untuk memiliki Gameboy milikmu sendiri. Sebuah konsol portabel yang sangat mudah dibawa kemana-mana yang dapat langsung membuatmu menjadi anak paling keren di sekolahan. Namun Gameboy yang satu ini tidak hanya akan membuatmu jadi paling keren, tapi juga menjadi target penculikan nomor 1 di sekolahmu.

JOI - mainan termahal dari jepang (4)

Gameboy lapis emas yang satu ini mungkin masih bisa dimainkan, namun saya tidak berani menghitung beratnya yang mungkin akan menghapus aspek ‘portabel’ dari konsol tersebut. Karena pastinya Gameboy ini akan jauh lebih berat dari pendahulunya yang memiliki casing plastik. Tapi kalau kamu punya 300 juta tidak terpakai yang nongkrong di pojokan rumah, why don’t you relive your own old passion, with styleYou probably want to get that insured though.

6. Patung emas Godzilla

Harga: 6,000,000 JPY/sekitar 674,000,000 IDR

Merayakan ulang tahun serinya yang ke 60, DeAgostini membuat sebuah patung emas Godzilla yang ditemani dengan musuh bebuyutannya, King Ghidorah! Figure ini hanya dibuat sebanyak 6 set saja, dan dihargai cukup mahal karena terbuat dari emas padat yang dibentuk menjadi kaiju tersebut.

Saya yakin pajangan yang satu ini pun bukan sesuatu yang ingin kamu letakkan di luar rumah. Impian memiliki Godzilla menjaga kebun ditemani dengan Ghidorah mungkin adalah sebuah impian yang luar biasa, namun kedua kaiju ini lebih mungkin menarik perhatian para pencuri dibandingkan menakuti mereka. Kecuali kamu pasang flamethrower asli di pekarangan kamu untuk memanggang beberapa pencuri malang.

5. Kartu Pokemon Illustrator

Harga: 100,000 USD/ sekitar 1,141,000,000 IDR

Masuk ke salah satu hobi paling membingungkan karena banyak orang yang berani membayar harga premium untuk selembar kertas bergambar untuk anak-anak, adalah dunia TCG atau Trading Card Game. Datang dari seri Pokemon, kartu Pokemon Illustrator ini tidak pernah dicetak dalam bahasa Inggris, dan hanya dicetak sejumlah 6 lembar, dan hanya 5 lembar yang diedarkan. Kartu yang digambar oleh Atsuko Nishida ini dikeluarkan pada tahun 1997, dan diberikan kepada pemenang kontes ilustrasi Pokemon Card Game.

Selain kartu Pokemon, ada juga kartu lain yang memiliki harga kurang lebih setara dengannya, yaitu kartu Black Lotus dari permainan Magic The Gathering yang pernah terjual seharga 27,000 USD. Namun sebuah kartu ultra rare beta deck Black Lotus saat ini sedang dilelang dengan harga 100,000 USD. Saya pun bingung apakah ada orang yang mau membeli kartu-kartu tersebut, karena lebih banyak investasi yang lebih nikmat darinya.

4. RX 78-2: Gundam Fix Platinum

Harga: 30,000,000 JPY/sekitar 3,495,000,000 IDR

Pernah berdebat mengenai Gundam orisinal lebih baik daripada Gundam palsu? Kalau kamu beli Gundam yang satu ini kamu tidak perlu takut lagi untuk menemui perdebatan itu, karena saya tidak yakin ada perusahaan yang cukup gila untuk membuat titanium palsu. Berikut ini adalah sebuah kerja sama antara Bandai dengan perusahaan perhiasan Ginza Tanaka yang membuat sebuah Gundam dari 1,400 gram titanium asli dan berlian 0,15 karat untuk bagian mata dan kameranya.

JOI - mainan termahal dari jepang (2)

Memiliki tinggi 125mm, berat 1 kg dan terdiri dari 89 bagian, Gundam Fix Platinum ini dibuat selama 2 tahun. Gundam ini dibuat dengan pertimbangan membuat sebuah masterpiece dari “king of precious metals” yang akan bertahan selamanya di mata para penggemar. Memang tidak ada rencana untuk menjual dan memproduksi masal Gundam tersebut, selain materialnya yang begitu langka, lebih susah lagi mencari pembeli yang punya 3,5 milyar nganggur untuk dibelikan Gundam titanium ini.

Tapi bila kamu tertarik, ada juga versi ‘murah‘ dari Gundam yang terbuat dari emas dan dijual seharga 20,000,000 JPY atau sekitar 2,3 milyar IDR.  

3. Nintendo Wii Supreme

Harga: 487,000 USD/sekitar 6,750,000,000 IDR

And it’s not even a Wii U for God’s sake! Sebagai acuan, sebuah Wii Mini dijual seharga 99 USD di Wal Mart, Amerika dan sebuah konsol Wii U diberi harga sekitar 429 USD bagi para warga biasa. Namun bila kamu merasa sedikit royal dan ingin memiliki sesuatu yang sedikit berbeda dari konsol Nintendo biasa, kenapa kamu tidak membeli sebuah Wii Supreme dengan harga di atas?

JOI - mainan termahal dari jepang (3)

Tentu yang membuat mahal konsol ini adalah pelapis emasnya yang dikabarkan sampai seberat 2,500 gram emas padat dan 3 buah tombol berlian yang menghiasinya. Kotaku memiliki estimasi harga sampai sekitar 200,000 USD untuk semua emas dan berlian tersebut, sisanya adalah harga asli dari jeroan Wii tersebut dan ongkos pembuatannya. Lumayan juga yah hampir 300,000 USD untuk sebuah karya seni, tapi apa sih yang tidak bisa dipecahkan dengan sekaleng cat semprot emas “gloss” seharga 20,000 rupiah merek Ditton di toko bangunan?

2. Kuda-kudaan emas

Harga: 400000 GBP(Great Britain Poundsterling)/sekitar 8,148,000,000 IDR

Pasangan artis Jay-Z dan Beyonce Knowles membuat sebuah tingkatan baru dalam sebutan ‘sayang anak‘ karena mereka mengeluarkan uang yang ‘tidak sedikit‘ untuk persiapan kelahiran anak mereka. Secara total saya tidak heran bila mereka menghabiskan lebih dari 10 milyar IDR sebelum bayi mereka lahir, karena tidak hanya untuk kuda-kudaan emas yang dibuat oleh Ginza Tanaka yang juga membuat Gundam Platinum tersebut, tapi juga kamar seharga 240,000 GBP, kasur seharga 30,000 GBP dan masih banyak pengeluaran lain yang sepertinya bisa untuk makan kamu seumur hidup.

JOI - mainan termahal dari jepang (1)

Saya tahu sih kalau anak memang sesekali harus dimanja, dan pastinya mereka senang dengan kedatangan anak pertama mereka. Ditambah mereka pernah keguguran sebelum ini sehingga anak kedua mereka ini juga sangat berarti bagi mereka. Saya juga penganut paham “your money, your rules” yang seharusnya tidak ambil pusing mengenai pengeluaran mereka. Tapi 8 milyar untuk kuda-kudaan tuh rasanya sedikit, berlebihan.

1. Kartu stainless steel Black Luster Soldier

Harga: 998,000,000 JPY/sekitar 100,000,000,000 IDR

Kembali dari hobi paling membuat saya bingung dengan pemberian harga masing-masing kartunya, TCG, kini datang dari seri Yu-Gi-Oh! sebuah kartu Black Luster Soldier seharga 100 milyar IDR! Kartu ini terbuat dari bahan stainless steel, hanya dibuat satu lembar saja dan diberikan kepada pemenang turnamen Yu-Gi-Oh! pertama pada tahun 1999.

Dijual di situs CardCollectors.jp, kartu ini selain dihargai 100 milyar IDR, juga akan disertai dengan kartu-kartu langka lain bila seseorang memang akan membelinya. Yang membeli kartu ini juga akan mendapatkan sebuah sertifikat keaslian kartu tersebut, tapi saya tidak yakin ada yang akan membeli kartu tersebut seharga 100 milyar IDR. Selain tidak bisa digunakan di turnamen, kartu tersebut bahkan bukan Black Luster Soldier – Envoy of the Beginning yang lebih berguna di pertandingan.

Kartu ini memang belum pernah terjual, tapi saya tidak heran bila harganya bisa sampai selangit begitu.

Jadi, sultan mana yang berani memberi barang-barang di atas? Harap diingat daftar di atas adalah mainan-mainan termahal yang dibuat atau dengan kerjasama perusahaan Jepang. Saya tidak tahu apakah ada mainan dari negara lain yang lebih mahal dari barang-barang di atas, tapi kalau harganya sebesar itu sih saya tidak tahu apakah masih dapat disebut dengan mainan.

Setidaknya bila suatu saat nanti istri atau orang tua kalian marah-marah karena beli mainan baru, tunjukkan saja artikel ini. Minimal di atas langit masih ada langit lah.

Sorry. No data so far.