Lihat Suasana Keramaian Stasiun Kereta Di Hari Comiket 89 Lalu

January 6, 2016 15:15
Lihat Suasana Keramaian Stasiun Kereta Di Hari Comiket 89 Lalu

Semua pasti sudah tahu bahwa salah satu event “suci” kita, Comiket itu dikunjungi oleh ratusan ribu orang dalam kurun waktu 3 hari di Tokyo Big Sight. Bagi yang belum pernah merasakan “medan perang” itu sendiri, pernahkah terbayang olehmu keramaian yang diciptakan di “pintu gerbang pertama” dari medan perang tersebut, yaitu stasiun kereta dekat tempat acaranya?

Mari berbicara angka. Comiket 89 belum mengeluarkan laporan (atau mungkin belum saya temukan) tentang jumlah pengunjung dalam acara ini. Namun sebagai perbandingan; Comiket 88 Agustus lalu didatangi lebih dari 550.000 orang! Setengah juta orang hadir dalam waktu 3 hari. Bandingkan dengan event terbesar di Jakarta, AFA ID, yang dalam waktu 3 hari dikunjungi oleh “hanya” kurang dari 100.000 pengunjung.

d39874ff-s

Tokyo Big Sight merupakan venue event yang sangat besar, sehingga meskipun memang pasti ramai banget, setidaknya kita masih bisa jalan didalamnya. Tapi bagaimana dengan stasiun keretanya? Lihat sendiri suasana di pagi hari menjelang Comiket di stasiun Tokyo Kokusai Tenjijou saat kereta pertama tiba, jam 4:55 pagi:

Dalam waktu 5 menit, stasiun yang kosong dan tenang itu berubah menjadi lautan otaku! Usaha para petugas untuk memperingatkan orang-orang agar jangan berlari nampak sia-sia. Stasiun pun dipadati otaku dalam sekejap:

Tidak cuma pagi hari, ingat bahwa Comiket berlangsung sampai jam 5 sore. Bagi khalayak awam atau yang memang sekedar “ingin” tahu, pasti memilih datang lebih siang. Dan bisa ditebak, lebih banyak yang seperti itu. Jadi seharian penuh stasiun dipenuhi pengunjung:

Comiket sudah selesai. Jarahanmu lengkap dan kamu ingin segera pulang untuk mengistirahatkan kaki dan punggung yang pegal? Bagus, 550.000 orang juga memikirkan hal yang sama di jam tutup comiket, jam 5 sore. Enjoy:

Jadi bagi yang kepikiran untuk akhirnya menyambangi Comiket di kemudian hari, persiapkan diri dan taktik perangmu!

Sumber: Rocketnews