[Waifu Wednesday] Ushio

January 6, 2016 19:54
[Waifu Wednesday] Ushio

Membuka rubrik Waifu Wednesday pertama di tahun 2016 ini, saya harus melakukan diskusi yang tidak panjang bersama Nugrahadi. Pada awalnya saya ingin membahas waifu saya sendiri tapi rasanya nanti seperti ego trip, lalu saya beralih ke dunia per-idol-an namun sayang Ryuukikun masih sibuk sehingga belum bisa dimintai tolong. Karena itu saya berpaling ke dunia perkapalan dimana saya dan Nugrahadi kemudian setuju kalau kita harus membuka tahun ini dengan salah satu kapal paling kasihan imut, Ushio.

JOI - waifu wednesday ushio (7)

Terkenal karena sifatnya yang pemalu dan ukurannya yang kurang proporsional untuk ukuran loli, Ushio cepat mendapat popularitas di kalangan para teitoku. Ditambah dengan adanya seorang seniman spesifik yang senang ‘menyiksa‘ Ushio di doujin buatannya membuat popularitas Ushio sebagai gadis yang tertindas menjadi lebih kuat lagi di antara penggemar.

Namun sisi positifnya, sekarang semua orang tidak rela kalau Ushio diapa-apain dan akan berusaha semampunya untuk melindungi kapal seberat 2,000 ton gadis remaja yang satu ini.

+ Loli dengan aset berlebih

JOI - waifu wednesday ushio (1)

Sebenarnya saya sedikit bingung apakah Ushio bisa dikategorikan sebagai seorang loli atau tidak, dikarenakan asetnya yang berlebih dan menjadi banyak incaran para teitoku di seantero dunia. Ya, walaupun disembunyikan dengan meriam miliknya, Ushio memiliki badan yang tidak kalah dengan Urakaze ataupun Hamakaze. Saya pun yakin di antara kapal destroyer tipe Fubuki, dialah yang memiliki dada paling besar.

Hal ini juga menyebabkan Ushio menjadi sangat pemalu dan tidak percaya diri dalam berhadapan dengan orang lain. Dia selalu kagetan kalau ditegur oleh para teitoku dan sering kali digambarkan tidak pandai berbicara kepada orang lain. Bahkan saat dia menjadi MVP di medan perang pun dia tidak ingin mendapatkan perhatian dari orang-orang lain, padahal itulah yang paling menarik dari dirinya. Sungguh ironis.

+ Sifatnya membuat kita ingin melindunginya

Terima kasih kepada seorang doujinka dengan inisial H.K yang selalu membuat doujin berwarna biru dan menolak melanjutkan Nanoha Betrayers image Ushio sebagai gadis yang tertindas semakin menjadi. Pada awalnya, dia hanya menggambar Ushio yang pemalu, tapi lama kelamaan kok sepertinya ada yang aneh. Tapi karena itu, saya merasa ingin melindungi Ushio dengan lebih serius lagi supaya tidak ada tangan-tangan yang kurang ajar berani menjamah dirinya.

JOI - waifu wednesday ushio (5)

Untungnya Ushio tidak mendapatkan sifat tsundere dari Akebono, karena bila dia mulai marah dan mengeluarkan kata-kata kasar seperti Akebono, sepertinya dia tidak akan Ushio lagi. Kamu juga harus mencoba mendengar perkataannya saat terkena moderate damageSuaranya itu loh, kalau kamu tidak ingin segera kembali ke pangkalan sepertinya kamu adalah seorang sadis.

Alasan lain saya ingin melindungi Ushio adalah karena dia kapal pertama dan terakhir yang pernah saya tenggelamkan secara tidak sengaja dalam game KanColle.

+ Cocok dalam berbagai busana

Sepertinya para developer KanColle sadar betapa populernya Ushio di kalangan para penggemar dan memutuskan untuk memanfaatkannya lebih baik lagi. Sejak saat Ushio mendapatkan remodel kai-ni, Ushio menjadi lebih sering mendapatkan CG baru. Terhitung (kalau tidak salah) ada 8 kostum baru Ushio yang dapat kamu mainkan di event-event yang berbeda. Seperti saat natal, saat dia memakai baju renang di musim panas, juga saat dia memakai cardigan di atas seragamnya.

JOI - waifu wednesday ushio (2)

Dengan banyaknya CG berbeda tersebut, para teitoku juga makin memberikan perhatian kepadanya. Beberapa bahkan menyesal telah melakukan remodel kepada Ushio karena CG musim dinginnya lebih baik daripada yang kai-ni. Tapi kalau nasi sudah menjadi bubur apa mau dikata?

JOI - waifu wednesday ushio

Cocok sebagai waifu? Saya meragukan Ushio bisa menjadi waifu yang mumpuni, selain karena dia masih kecil (tapi kalau sama kapal, umur berapapun harusnya legal, ya?) dia juga kurang banyak hal yang harusnya dimiliki oleh seorang waifu. Setidaknya dia bisa menjadi calon waifu yang digemari oleh banyak orang dan kamu harus melindunginya segenap jiwa sebelum dia akhirnya bisa masuk ke umur yang legal untuk menikah, karena…

– Korban bully

Sifat Ushio menjadikannya seorang korban bully yang empuk baik oleh para teitoku maupun teman sepangkalannya. Berbeda dengan Shoukaku yang menjadi korban… itulah. Setidaknya Ushio hanya kena bully kecuali dalam doujin biru-biru itu loh yang kadang nasibnya suka digantung sehelai benang. Untungnya doujinka lain masih menjaga level bullying mereka ke level yang acceptable.

JOI - waifu wednesday ushio (8) sumber

And do I like seeing Ushio getting bullied? You bet I do! Melihat Ushio di-bully sebenarnya menyenangkan, karena dia sangat imut apalagi kalau kita mendengar teriakannya yang bernada tinggi. Tapi rasanya juga saya ingin mengelus-elus kepalanya setelah selesai nge-bully Ushio, kasihan soalnya. Tapi menyenangkan.

– Sepertinya gampang untuk diculik

Selain gampang diculik, mungkin Ushio-nya sendiri yang mudah nyasar karena walaupun dia adalah sebuah kapal destroyer yang telah melalui lebih dari 5 pertempuran dalam masanya, sifatnya yang pemalu ini sangat mudah untuk membuat seseorang menculiknya. Apalagi sifatnya yang pasif dan pasrah juga menjadikannya target empuk yang kemudian dieksploitasi oleh seorang doujinka dengan akun Twitter @strangestone.

JOI - waifu wednesday ushio (4)

Padahal sebenarnya Ushio memiliki kekuatan untuk menghajar siapapun dengan sekali tonjok. Kekuatan kanmusu sebaiknya tidak dianggap remeh seberapapun pemalunya dia, namun Ushio juga sepertinya tidak senang dengan kekerasan. Jadi yah, harap kamu jaga Ushio kamu masing-masing yah. Jangan sampai tertangkap sampai nasibnya harus seburuk kakaknya, Zuikaku.

Pada akhirnya, apakah Ushio seorang waifu material yang baik? Sejujurnya saya pun tidak tahu karena menurut saya dia masih terhitung seorang calon, tapi bila kamu bertanya apakah saya suka dengan Ushio, jawabannya pasti IYA. Pake caps lock. Ushio memang masih muda, tapi dengan arahan yang baik dari kapal-kapal yang lebih dewasa, saya yakin dia bisa menjadi seorang waifu yang baik.

JOI - waifu wednesday ushio (9)

Yang harus diingat saat akan menjadikan Ushio seorang waifu adalah selalu menjaganya sebisa mungkin, kecuali Ushio sendiri kemudian bisa bertindak untuk dirinya sendiri dan tidak malu lagi untuk menggunakan meriam 127 mm untuk membuat lubang di badan penyerangnya.

Apakah kamu termasuk orang yang ingin meminang Ushio sebagai waifu? Atau malah sudah kamu kasih cincin?

JOI - waifu wednesday ushio (6)
Please protect your Ushio
Semua salah Himura.