Berkat ‘Girls und Panzer’, Peningkatan Pajak Kota Oarai Meningkat Pesat

January 12, 2016 7:25 pm
Berkat ‘Girls und Panzer’, Peningkatan Pajak Kota Oarai Meningkat Pesat

Beberapa kota dan prefektur akhir-akhir ini memang kadang terlihat menggunakan anime sebagai metode promosi pariwisata, seperti Saitama dengan Anohana dan beberapa serial anime di kota lain. Tapi peningkatan paling pesat mungkin terlihat di Oarai, di prefektur Ibaraki, yang menikmati peningkatan pendapatan daerah sampai ratusan kali lipat gara-gara anime tank moe Girls und Panzer.

Oarai adalah kota yang menjadi setting cerita utama dari serial Girls und Panzer. Tidak hanya tempatnya, beberapa budaya lokal juga didepiksikan dalam anime tersebut. Melihat kepopuleran serial tersebut, yang tetap sukses dengan anime layar lebarnya bahkan beberapa tahun setelah serialnya berakhir pemerintah setempat tampak punya siasat baru.

1_20160108135009ad4
Pemerintah setempat memperkenalkan sistem “hadiah” bagi para penduduknya yang membayar sumbangan pajak minimal sebesar 10.000 yen dan sang pembayar akan mendapatkan poin yang bisa dituker dengan berbagai merchandise Girls und Panzer (termasuk beberapa merchandise yang “sekedar” ditempeli label pilot tank moe tersebut, tampaknya)

CYJ3tmaUEAE7GHIs
Berkat itu, pendapatan pajak kota Oarai meningkat pesat. Di tahun fiskal 2014 (April 2014 – Maret 2015) kota tersebut mendapatkan 7.63 juta yen pajak sepanjang tahun. Tapi setelah sistem “Girls und Panzer” ini diperkenalkan, kota tersebut berhasil mengumpulkan 160 juta yen di bulan Desember saja! Total pajak yang sudah terkumpul saat ini mencapai lebih dari 177 juta yen menurut laporan resminya.

Jangan meremehkan kekuatan moe!

Sumber: ANN