Pengadilan di Tokyo Mengatakan Seorang Idol Seharusnya Bebas Untuk Memiliki Pacar

January 20, 2016 19:02
Pengadilan di Tokyo Mengatakan Seorang Idol Seharusnya Bebas Untuk Memiliki Pacar

Seorang idol tidak boleh berpacaran“, adalah sebuah peraturan yang sudah dimaklumi dalam dunia idol. Selain akan mengganggu aktivitas idol tersebut, ditakutkan pacar idol tersebut akan menerima ancaman baik dari dunia maya maupun dunia asli dari penggemar yang cemburu. Namun ada kemungkinan aturan tersebut diubah karena dianggap menghalangi cara hidup seseorang oleh pengadilan.

Sebuah perusahaan talenta di Jepang baru saja menuntut seorang mantan idolnya yang berusia 23 tahun untuk membayar kompensasi karena telah melanggar klausal kontraknya. Idol tersebut telah memacari seorang penggemar pria di tahun 2014 lalu. Namun Hakim Katsuya Hara dari Pengadilan Daerah Tokyo tidak memihak pihak agensi dan mengatakan kalau kontrak tersebut “sangat membatasi kebebasan dalam mencari kebahagiaan“. Dia juga berkata kalau mencari pasangan adalah kebebasan bagi setiap orang.

JOI - hakim mengatakan idol harus bisa menemukan pasangan sendiri (3)
Sumber

Mantan idol tersebut menandatangani kontrak dengan agensi tersebut pada tahun 2012. Setelah itu diketahui kalau dia menjalin hubungan dengan seorang penggemar pria dan meminta untuk membatalkan kontraknya pada tahun 2014. Hakim Hara juga mengatakan kompensasi yang bisa diminta oleh agensi tersebut juga terbatas.

Berbeda dengan kasus sebelumnya yang diadakan pada bulan September. Dalam kasus tersebut, hakim Akitomo Kojima menyetujui tuntutan agensi dan berkata, “Ketahuan memiliki hubungan romantis akan berdampak negatif kepada image idol terebut. Untuk mendapatkan dukungan penggemar pria, klausal larangan berhubungan romantis diperlukan.” Hakim Kojima menimpakan kesalahan pembubaran grup idol kepada gadis tersebut dan membebaninya denda atas biaya kostum dan pelajaran. Total denda yang harus dibayarkan mencapai 650,000 JPY atau sekitar 78,000,000 IDR.

Idol dalam kasus bulan September tersebut tidak meminta banding dan kasus tersebut diselesaikan pada bulan Oktober.

JOI - hakim mengatakan idol harus bisa menemukan pasangan sendiri (2)

Apakah dengan keputusan yang diambil oleh Hakim Hara dapat mengubah peraturan dunia idol? Memang untuk memacari siapapun adalah kebebasan dari masing-masing individual dan sudah sejatinya manusia untuk tidak melawan kodrat dari alam. Buktinya idol tersebut bisa jatuh cinta kepada penggemarnya sendiri, siapa tahu kamu juga bisa merebut hati idol pujaanmu.

sumber: ANN
gambar: pixiv/f05a0521