Game Paling Dinantikan di 2016 Part 1

January 23, 2016 18:18
Game Paling Dinantikan di 2016 Part 1

Di tahun 2016 ini ada banyak game yang dirilis, baik game dari Amerika dan Eropa dan juga dari Jepang. Karena JOI berfokus pada game Jepang, kali ini kami akan merekomendasikan game-game Jepang yang patut kalian nantikan di tahun ini.

Karena jumlah game-nya ada banyak, daftar kali ini akan dibagi menjadi dua bagian. Dan kalau kalian merasa game yang kalian nantikan tidak ada dalam daftar, ada kemungkinan game-nya masuk ke daftar game JRPG yang paliing dinantikan tahun ini.

Sama seperti daftar JRPG kemarin, daftar game ini akan dibagi menjadi dua bagian yaitu game-game yang direkomendasikan dan game-game yang masuk honorable mention.

Yakuza Kiwami

game-paling-dinantikan-di-2016-yakuza-kiwami

Tanggal Rilis: 21 Januari 2016 (Jepang)
Platform: PlayStation 4, PlayStation 3
Publisher: Sega
Developer: Sega

Dalam perayaan ulang tahun ke-10 dari seri Yakuza, Sega mengumumkan bahwa mereka akan membuat ulang Yakuza pertama yang rilis untuk PlayStation 2 pada tahun 2005. Tentunya Yakuza Kiwami tidak hanya sekedar membuat grafisnya menjadi lebih baik, tetapi juga menghadirkan banyak peningkatan.

Beberapa fitur barunya adalah sistem bertarung yang sudah disesuaikan dengan sistem dari Yakuza terbaru, sistem “Majima Anywhere” yang membuat Goro Majima muncul di hadapan kalian kapan saja, dan masih banyak lainnya.

Kenapa Harus Dimainkan: Semua orang yang sudah pernah bermain Yakuza mengatakan bahwa Yakuza adalah game yang wajib dimainkan. Selain bisa merasakan kehidupan menjadi Yakuza, kalian juga bisa melakukan banyak aktifitas seperti bermain arcade atau mengunjungi hostess club.

Yakuza Kiwami adalah kesempatan emas bagi kalian yang belum pernah bermain Yakuza dan ingin bermain dari game pertamanya, tetapi ingin menikmati visual yang lebih baik.

Trailer

Dragon Quest Builders

game-paling-dinantikan-di-2016-draque-builders

Tanggal Rilis: 28 Januari 2016 (Jepang)
Platform: PlayStation 4, PlayStation 3, dan PlayStation Vita
Publisher: Square Enix
Developer: Square Enix

Dragon Quest Builders adalah game spinoff unik dari seri RPG Dragon Quest. Dalam game ini, kalian akan berusaha kembali membangun dunia yang dihancurkan oleh Dragonlord. Sekarang kalian membangun kembali dunia Alefgard dari nol, balok demi balok.

Kalau kalian sudah melihat tampak game-nya, kalian pasti langsung menganggap game ini mirip dengan Minecraft. Secara garis besar, memang gameplay-nya mirip dengan Minecraft, tetapi ada banyak perbedaan dan juga elemen-elemen dari seri Dragon Quest.

Kenapa Harus Dimainkan: Dragon Quest dikenal sebagai game RPG legendaris di Jepang. Tetapi game ini jarang mendapatkan spinoff dengan gameplay yang berbeda. Dragon Quest Builders adalah salah satu spinoff dengan gameplay yang sangat berbeda.

Trailer

Mighty No. 9

game-paling-dinantikan-di-2016-mighty

Tanggal Rilis: 9 Februari 2016
Platform: PlayStation 4, PlayStation 3, Xbox One, Xbox 360, Wii U, PC, PlayStation Vita, Nintendo 3DS
Publisher: Deep Silver
Developer: Comcept, Inti Creates

Awalnya banyak orang yang hype dengan game ini karena dijanjikan sebagai penerus Mega Man yang diperlakukan buruk oleh Capcom. Tetapi hype-nya perlahan-lahan menurun karena game-nya diundur berkali-kali.

Dalam game ini, kalian adalah seorang android bernama Beck, unit kesembilan dari kelompok robot petarung bernama Mighty Numbers. Suatu hari, sebuah virus menginfeksi rekan-rekannya yang membuat mereka jahat. Sekarang Beck harus menghentikan mereka demi menyelematkan dunia.

Kenapa Harus Dimainkan: Hingga saat ini, tidak ada kabar baru mengenai Mega Man. Capcom hanya sekedar merilis ulang game-game klasiknya dalam satu paket saja. Mighty No. 9 adalah alternatif yang baik, apalagi ini dibuat langsung oleh kreator Mega Man, Keiji Inafune.

Trailer

Street Fighter V

game-paling-dinantikan-di-2016-street-fighter

Tanggal Rilis: 16 Februari 2016
Platform: PlayStation 4, PC
Publisher: Capcom
Developer: Capcom

Sekuel yang dinantikan para penggemar game fighting setelah berbagai versi Street Fighter IV. Tetapi ketika diumumkan cukup membuat gempar karena hanya hadir eksklusif di PlayStation 4 dan PC saja.

Street Fighter V dinantikan karena menghadirkan banyak hal baru seperti V-Gauge, V-Skill, V-Reversal, dan V-Trigger, berbagai karakter klasik (bahkan ada karakter klasik dengan tampilan baru seperti Ken) dan karakter baru, dan masih banyak lainnya.

Kenapa Harus Dimainkan: Street Fighter adalah seri game yang wajib dimainkan bagi penggemar game fighting. Dan sekarang pemainnya tidak dibatasi oleh platform lagi karena Street Fighter V mendukung bermain antar platform antara versi PS4 dan PC.

Trailer

Fire Emblem Fates

game-paling-dinantikan-di-2016-fire-emblem

Tanggal Rilis: 19 Februari 2016
Platform: Nintendo 3DS
Publisher: Nintendo
Developer: Intelligent Systems

Ketika Fire Emblem: Awakening dikerjakan, Intelligent Systems bertaruh nasib seri Fire Emblem pada game tersebut. Apabila tidak laku, seri Fire Emblem akan mati. Ternyata, game tersebut sangat laku. Karena itu, Nintendo menghadirkan dua versi, layaknya Pokemon,  untuk sekuelnya yang berjudul Fire Emblem Fates.

Versinya dibagi menjadi dua rute cerita yang kalian ingin ikuti: Birthright atau Conquest. Dalam Fire Emblem Fates, kalian sebenarnya adalah anggota keluarga Hoshido, tetapi ditangkap dan dibesarkan oleh keluarga Nohr. Di suatu momen di game-nya, kalian harus memilih memihak keluarga Hoshido atau keluarga Nohr.

Kenapa Harus Dimainkan: Fire Emblem adalah seri game strategi yang cukup sadis karena menghadirkan sistem permadeath, karakter yang mati tidak bisa hidup lagi. Karena itu, game ini sangat cocok bagi kalian yang menginginkan game yang sulit.

Game ini juga menghadirkan berbagai karakter yang moe dan ganteng karena karakternya didesain oleh Yusuke Kozaki, desainer untuk Fire Emblem Awakening, No More Heroes, dan lainnya.

Trailer

Dead or Alive Xtreme 3

game-paling-dinantikan-di-2016-doax-3

Tanggal Rilis: 24 Maret 2016
Platform: PlayStation 4, PlayStation Vita
Publisher: Koei Tecmo
Developer: Team Ninja

Dalam game ini, para gadis dari seri Dead or Alive berlibur ke Zack Island. Di sana, mereka melakukan banyak kegiatan seperti bermain voli, memanjat tebing, butt battle, dan masih banyak lainnya.

Sekuel terbaru dari seri Dead or Alive Xtreme ini menghadirkan banyak fitur baru yang “penting” seperti pakaian renang yang bisa melorot, Owner Mode untuk berinteraksi langsung dengan karakter favorit, dan masih banyak lainnya.

Kenapa Harus Dimainkan: Tidak perlu alasan untuk memainkan game ini yang penuh gadis cantik yang bermain di pantai.

Trailer

Star Fox Zero

game-paling-dinantikan-di-2016-starfox

Tanggal Rilis: 22 April 2016
Platform: Wii U
Publisher: Nintendo
Developer: Platinum Games

Nintendo memiliki banyak franchise yang sudah lama tidak ada kabar seperti F-Zero atau pun Metroid. Satu lagi franchise yang bernasib sama adalah Star Fox. Untungnya, sekarang  Nintendo tengah menyiapkan sekuel terbarunya yang berjudul Star Fox Zero untuk Wii U.

Gameplay dari Star Fox Zero masih serupa dengan game-game sebelumnya, yaitu berupa scrolling shooter. Tetapi sekarang banyak hal baru seperti Arwing yang bisa berubah menjadi mode Walker, Landmaster yang bisa berubah menjadi Gravmaster, dan kendaraan baru bernama Gyrowing.

Kenapa Harus Dimainkan: Salah satu alasan kenapa Wii U tidak laku adalah jarangnya game yang menggunakan fitur GamePad secara maksimal. Star Fox Zero adalah salah satu proyek dari Shigeru Miyamoto yang memaksimalkan penggunaan GamePad.

Dalam game ini, layar TV akan menampilkan tampilan game-nya dari belakang pesawat, sama seperti game-game Star Fox sebelumnya. Tetapi layar GamePad akan menampilkan tampilan dari kokpit dan digunakan untuk membidik musuh lebih akurat.

Trailer

Shingeki no Kyojin

game-paling-dinantikan-di-2016-shingeki

Tanggal Rilis: 18 Februari 2016 (Jepang), 2016 (Versi Inggris)
Platform: PlayStation 4, PlayStation 3, PlayStation Vita
Publisher: Koei Tecmo
Developer: Omega Force

Salah satu game yang paling dinantikan di 2016 adalah game Shingeki no Kyojin, yang kepopulerannya sangat melejit setelah anime-nya tayang. Dalam game ini, kalian akan menjadi salah satu anggota Survey Corps dan harus menghadapi Titan yang mengancam keberadaan manusia.

Tentunya semua yang ada di dalam Shingeki no Kyojin bisa kalian nikmati di sini, mulai dari 3D Manuever Gear untuk bergerak, senjata yang bisa hancur, dan berbagai variasi Titan yang harus kalian hadapi.

Kenapa Harus Dimainkan: Kapan lagi kalian bisa menjalani kehidupan di dunia Shingeki no Kyojin dan menghadapi para Titan?

Trailer

JoJo’s Bizzare Adventure: Eyes of Heaven

game-paling-dinantikan-di-2016-jojo

Tanggal Rilis: Musim Panas 2016
Platform: PlayStation 4 (Versi PlayStation 3 khusus Jepang)
Publisher: Bandai Namco
Developer: CyberConnect2

Salah satu poin menarik dari seri JoJo’s Bizzare Adventure adalah banyak karakter yang hadir dari berbagai generasi. Sama seperti All-Star Battle, game terbaru JoJo ini mengumpulkan banyak karakter dari tiap generasi JoJo.

Tidak seperti All-Star Battle, kali ini bentuk pertarungannya adalah model 2-vs-2 dan bisa berjalan bebas di stage-nya dengan berbagai efek

Kenapa Harus Dimainkan: Mari kita lihat apakah Bandai Namco bisa menebus dosanya dari All-Star Battle.

Trailer

Let It Die

game-paling-dinantikan-di-2016-let-it-die

Tanggal Rilis: 2016
Platform: PlayStation 4
Publisher: GungHo Online Entertainment
Developer: Grasshopper Manufacture

Di tahun 2013, Grasshoper Manufacture dan Suda51 memperkenalkan game PlayStation 4 berjudul Lily Bergamo yang terlihat penuh aksi dan menampilkan karakter perempuan yang menarik perhatian. Tetapi di E3 2014, game ini berubah menjadi Let It Die yang terlihat sangat kelam.

Sekarang, game-nya menjadi game free-to-play dan kematian menjadi konsep utama. Apabila kalian mati, karakter kalian akan tampil di permainan orang lain sebagai musuh.

Kenapa Harus Dimainkan: Suda51 biasanya memiliki ide gila untuk game-nya, jadi tidak aneh apabila Let It Die akan menghadirkan dunia yang unik. Sekarang kita harus melihat apakah Tae Ioroi dari Lily Bergamo pantas dihapus demi menghadirkan dunia yang kelam.

Trailer (Let It Die | Lily Bergamo)

Honorable Mention

Mario & Luigi: Paper Jam

game-paling-dinantikan-di-2016-mario-luigi

Tanggal Rilis: 22 Januari 2016
Platform: Nintendo 3DS
Publisher: Nintendo
Developer: AlphaDream

Kenapa Harus Diperhatikan: Game ini mempertemukan dua game RPG yang dimiliki Nintendo: Mario & Luigi dan Paper Mario.

Trailer

Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm 4

game-paling-dinantikan-di-2016-naruto

Tanggal Rilis: 9 Februari 2016
Platform: PlayStation 4, Xbox One
Publisher: Bandai Namco
Developer: CyberConnect2

Kenapa Harus Diperhatikan: Menghadirkan karakter dari seluruh dunia Naruto, termasuk dari film The Last: Naruto the Movie dan Boruto: Naruto the Movie. CyberConnect2 juga mengubah sistem pertarungannya agar game-nya lebih asyik dimainkan.

Trailer

Project X Zone 2

game-paling-dinantikan-di-2016-pxz2

Tanggal Rilis: 16 Februari 2016
Platform: Nintendo 3DS
Publisher: Bandai Namco
Developer: Monolith Soft

Kenapa Harus Diperhatikan: Sekuel dari game yang mempertemukan karakter-karakter dari berbagai game yang dirilis oleh Bandai Namco, Sega, dan Capcom. Sekuel dari spiritual successor Namco X Capcom ini juga kedatangan tamu dari game-game Nintendo.

Trailer

Sorry. No data so far.