Apakah Seri Gundam Extreme VS Tidak Akan Tampil Lagi di Konsol?

January 26, 2016 10:42 am
Apakah Seri Gundam Extreme VS Tidak Akan Tampil Lagi di Konsol?

Seri game Mobile Suit Gundam Extreme Versus adalah salah satu seri game Gundam yang banyak diminati dan kualitasnya diakui. Seri game 2-vs-2 ini memiliki tingkat permainan kompetitif tinggi dan balance gameplay yang telah diasah di tiap sekuel dan ekspansinya. Sayangnya fokus utamanya di Arcade sering membuat para penggemar yang tidak memiliki akses ke mesin Arcade-nya harus menunggu cukup lama karena port konsolnya terhitung cukup lama dan malah seringkali berdekatan dengan jadwal rilis ekspansinya di Arcade. Namun, belakangan ini beredar sebuah kabar buruk bagi pemain versi konsolnya.

mobile-suit-gundam-extreme-vs-force-3

Rilisnya Gundam EXVS Force di PS Vita awalnya adalah sebuah keajaiban yang ditunggu-tunggu oleh para penggemarnya. Kapan lagi bisa main EXVS di konsol portable, dengan grafik bagus, dan bahkan ada unit-unit yang belum tampil di versi Arcade-nya? Namun begitu gamenya dirilis, semua pujian berputar balik 180 derajat. Banyaknya konten yang dipotong dari versi Arcade-nya, singkatnya mode single player-nya, dan yang terutama, tidak bisa bermain online 2-vs-2 tetapi hanya ad hoc 1-vs-1 ketika salah satu ciri utama dari EXVS adalah pertandingan seru antar player. Sebenarnya apa yang terjadi?

noexvs

Situs Yaraon menampilkan sebuah potongan gambar yang diduga berasal dari acara presentasi internal Bandai Namco. Di gambar tersebut tampak beberapa tulisan seperti “Pertarungan seru antar player adanya di game center!”, sebuah garis yang menunjuk ke EXVS Force dengan tulisan “Bukan ‘pertarungan antar player’ tetapi permainan yang bisa dinikmati sendirian”, dan juga garis dan coretan ke arah konsol PS3 dan PS 4 dengan tulisan “Tidak ada rencana untuk merilis adaptasi lengkap dari Arcade”. Bisa disimpulkan kalau presentasi ini menunjukkan kalau Bandai Namco ingin menekan pemain untuk terus memainkan gamenya di Arcade, sekalipun jika itu berarti mereka tidak akan merilis lagi versi port konsolnya.

Belum ada konfirmasi lebih lanjut apakah gambar tersebut memang benar-benar digunakan di acara presentasi internal Bandai Namco. Namun, mengingat jarak port yang sampai lebih dari setahun tiap serinya, dan juga konten single player (yang sayangnya tidak memuaskan) di EXVS Force nampaknya membenarkan rencana Bandai Namco di atas.

Moga-moga kabar ini tidak benar, karena kalau tidak, para penggemar seri EXVS di sini hanya bisa berdoa kalau mesin arcade Gundam EXVS Maxi Boost benar-benar akan dirilis di Indonesia setelah kemarin-kemarin sempat ada location test singkat.

Sumber: Mecha Damashii & Yaraon