Desain Karakter Mushibugyou Menuai Kontroversi Karena Dianggap Meniru Game China

February 1, 2016 19:02
Desain Karakter Mushibugyou Menuai Kontroversi Karena Dianggap Meniru Game China

Bila normalnya kita mendapatkan berita kalau banyak game atau seri China yang menjiplak karya dari seri Jepang, namun hari ini beritanya terbalik. Kali ini perusahaan game China yang disebut dengan Wave Games mengabarkan kepada situs video game Jepang, Inside Games kalau karakter dalam manga buatan Hiroshi Fukuda, Juujou Senjin!! Mushibugyou sangat mirip dengan karakter dalam game mereka, Girls Frontline (Shoujo Zensen).

JOI - manga mushibugyou diduga plagiat game (2)

Juru bicara dari Wave Games mengirim sepucuk surat yang mengekspresikan kekaguman mereka terhadap dunia animemanga, dan game Jepang sebelum kemudian masuk ke dalam topik utamanya. Surat tersebut dikirim ke penerbit Weekly Shonen Sunday dan inilah isi dari surat tersebut:

Mengenai masalah yang sedang berlangsung, kami rasa perusahaan kami sudah memberikan referensinya dan desain baju karakter yang benar-benar sama, ini terlalu mirip untuk dianggap menjadi sebuah kebetulan. Terlebih, ilustrator kami, samail sangat yakin kalau ilustrasi miliknya adalah desain yang orisinil.

Hasil kontak kami dengan pihak editorial Shonen Sunday dijawab dengan sangkalan atas masalah tersebut. Kami hanya ingin sebuah permintaan maaf secara formal, dan tweet dari bagian editorial mengenai masalah ini sangat mengecewakan. Hiroshi Fukuda pernah berkata alasan beliau menjadi seorang mangaka adalah “karena YaibaUshio & Tora, dan majalah mingguan Shonen Sunday ada di dunia ini.” Kami juga sama; kami ada di posisi kami sekarang karena dunia animemanga, dan game Jepang yang luar biasa itu ada.

[Shoujou Zensen] memang belum menjadi karya yang terkenal di Jepang, tapi banyak ilustrator Jepang dan seiyuu yang bekerja dengan kami. Memanggilnya judul asing yang tidak pernah didengar oleh Hiroshi Fukuda sama juga sebuah hinaan bagi kami. Juga bagi 8,000 pengikut akun Twitter Jepang kami. Kami menginginkan sebuah permintaan maaf dari Shonen Sunday bagi para ilustrator dan seiyuu.

Wave Games adalah perusahaan yang terbilang cukup baru dan baru berdiri sejak bulan Juli 2015 lalu. Game mereka pun dapat dibilang cukup sukses dengan seiyuu-seiyuu ternama yang jadi pengisi suaranya seperti Yui Horie, Haruka Tomatsu, dan Ai Kayano.

Masalah ini pertama kali merebak karena pengguna Twitter dengan nama internet, “Phantania” mengunggah sebuah tweet yang menguak kesamaan desain antara karakter Mushibugyou dengan Shoujou Zensen pada tanggal 12 Januari. Sayangnya saat ini tweet tersebut sudah dihapus namun gambarnya sudah beredar di internet.

JOI - manga mushibugyou diduga plagiat game (3)

Karakter di kiri adalah desain karakter game Shoujou Zensen Kar98k yang pertama kali dikeluarkan pada tanggal 7 Agustus 2015. Di bagian kanan adalah desain Onmyou Karakuri Shinigami dari seri Mushibugyou yang diperlihatkan pertama kali di manga-nya pada tanggal 6 Januari 2016.

Berikut adalah tweet dari editor Shonen Sunday yang diumumkan pada hari Senin:

Beberapa hari lalu, kami menerima berita mengenai kesamaan karakter manga Mushibugyou dengan seorang karakter dari game asing yang tidak pernah didengar oleh Hiroshi Fukada. Penulis tidak berniat untuk menciptakan kesalahpahaman yang tidak perlu ini bagi para penggemarnya, karena itu mulai edisi ke 9, desain karakter tersebut akan diganti.

JOI - manga mushibugyou diduga plagiat game (4)

Pada majalah mingguan Shonen Sunday edisi ke 9 yang terbit pada tanggal 27 Januari, karakter desain Karakuri Shinigami pun diganti.

sumber: ANN