‘Final Fantasy XV’ Pamerkan Gameplay Stealth dan Banyak Informasi Lainnya

February 1, 2016 15:40
‘Final Fantasy XV’ Pamerkan Gameplay Stealth dan Banyak Informasi Lainnya

Kemarin, Square Enix baru saja mengadakan Active Time Report episode 7 untuk “Final Fantasy XV.” Livestream kali ini mengungkapkan banyak sekali informasi baru. Tetapi semuanya berkisar pada informasi dari Jump beberapa waktu yang lalu. Berikut adalah detil-detilnya.

Magic

Ada dua jenis magic dalam Final Fantasy XV: elemental magic dan ring magic. Ring magic baru bisa digunakan setelahkalian mencapai suatu poin tertentu di ceritanya, dan hanya bisa digunakan oleh pemilik Royal Ring of Lucis, yang diwariskan oleh keluarga kerajaan.

Elemental magic terdiri dari Fire, Blizzard, dan Thunder. Serangan sihir ini efeknya akan berubah, bergantung pada cuaca dan lingkungan. Contohnya, beberapa obyek seperti rumput akan terbakar apabila kena Fire. Dari awal, Fire adalah serangan yang luas, tetapi serangan yang besar dapat melukai teman. Jika kalian menggunakan Thunder ketika hujan, serangannya akan menjadi lebih kuat. Sedangkan apabila ada air ketika menggunakan Blizzard, airnya akan beku. Jika musuh datang ke sana, gerakannya akan menjadi lambat, atau bahkan bisa menjadi beku.

Dalam Final Fantasy XV, elemental magic dianggap sebagai item, tetapi bukan berarti bisa dibeli. Di berbagai lokasi akan ada element, suatu jenis energi yang bisa kalian kumpulkan. Energi ini bisa digunakan untuk membuat magic atau disimpan sebagai item. Kalian bisa meng-equip-nya dalam slot senjata. Dalam video gameplay di bawah, kalian bisa melihat Noctis menggunakan Fire layaknya granat.

Laporan Pekerjaan Kedua

Square Enix juga merilis video laporan pekerjaan kedua dan terakhir yang melihat proses pengerjaan game-nya. Laporan dalam video ini diambil berdasarkan build versi Agustus dan September tahun lalu.

Niflheim Empire

Niflheim Eempire adalah lawan kalian di Final Fantasy XV. Mereka memiliki pasukan bersenjata yang sangat banyak. Sekarang, Square Enix telah merilis informasi mengenai kondisi kerajaannya ketika game-nya dimulai.

Niflheim Empire sudah menjajah dan menguasai hampir seluruh negara di dunia ketika ceritanya dimulai. Tetapi Kingdom of Lucis masih mempertahankan kebebasannya dan merupakan pertahanan terakhir melawan Niflheim, yang sayangnya ditekan terus oleh Niflheim.

Niflheim dan Lucis mengandalkan hal yang berbeda seaebgai sumber kekuatan militer mereka. Kekuatan Lucis yang menakjubkan berasal dari magic. Mereka memiliki kristal dan menggunakan kekuatannya untuk membangun barrier yang melindungi kotanya dari serangan lawan. Sedangkan Nifhleim menggunakan teknologi mesin. Tentara mereka adalah magitek trooper yang buka manusia, dan jumlahnya sangat banyak.

Akan terjadi banyak kejadian ketika ceritanya dimulai, tetapi penjelasan di atas adalah kondisi di awal game.

final-fantasy-xv-atr-7-graph

Square Enix juga memperkenalkan karakter-karakter dari Niflheim Empire.

final-fantasy-xv-atr-7-iedolias

Iedolas Aldercapt adalah adalah pemimpin dari Niflheim yang kejam. Politik yang dia gunakan hanyalah memperluas wilayah saja. Tetapi pada awal game, dia tidak memimpin kerajaannya secara langsung. Dia sudah setengah pensiun dari politik.

final-fantasy-xv-atr-7-ardyn

Kanselir Ardyn Izunia adalah orang yang sebenarnya memegang kekuasaan Niflheim Empire. Dia adalah orang yang suka bercanda, benar-benar licik, dan memiliki peran penting di ceritanya. Verstael (yang bisa dilihat di diagram di atas) adalah peneliti yang membuat teknologi untuk Magitek Infantry. Ardyn memperbanyak pembangunan Magitek Infantry buatan Verstael dan menggunakannya sebagai kekuatan kerajaan.

final-fantasy-xv-atr-7-glauca

Jendral Glauca adalah pemimpin militer. Di bawahnya adalah berbagai pasukan Magitek Infantry dan perwira yang memimpinnya. Semua pasukan Niflheim adalah Magitek Infantry trooper, kecuali perwiranya adalah manusia. Jadi di peperangan yang bertarung adalah robot yang dikendalikan oleh manusia.

final-fantasy-xv-atr-7-magitek

Semua tentara di bawah kapten adalah magitek troopers buatan. Ada dua model Magitek Infantry: “Current Combat Prototype” yang terlihat di demo Episode Duscae. Mereka dibuat untuk perang, dan dioptimalkan untuk bertarung. Mereka diturunkan ke pertarungan dari assault landing craft. Sedangkan “Former All-Purpose Mode” adalah tentara yang digunakan untuk berbagai tugas di luar pertarungan. Dalam trailer “Dawn,” mereka terlihat menjaga pos pemeriksaan.

final-fantasy-xv-atr-7-aranea

Aranea Highwind adalah “dragoon” yang disukai banyak fans. Dia sudah terlihat sejak game ini masih berjudul Final Fantasy Versus XIII. Dia adalah kapten dari Third Army Corps 86th Airborne Unit milik Niflheim Empire. Dia ahli pertarungan udara, jadi banyak yang memanggilnya sebagai “dragoon.”

Video Gameplay Baru

Video gameplay terbaru memperlihatkan Noctis dan kawan-kawan menyusup ke markas lawan di Niflheim. Menyusup markas adalah salah satu kegiatan yang bisa kalian nikmati di luar cerita utamanya.

Kalian bisa melihat banyak peningkatan dalam video di atas, seperti kamera yang lebih nyaman, interface yang berubah, senjata yang diaktifkan melalui directional pad, dan lainnya. Ketika melakukan combo dengan anggota party, kameranya akan berpindah ke karakter teman, lalu kembali ke Noctis.

Event Maret

final-fantasy-xv-atr-7-unconvered

Square Enix telah mengungkapkan detil mengenai acara di bulan Maret yang mereka siapkan. Acara yang bernama “Uncovered: Final Fantasy XV” ini akan diadakan pada tanggal 30 Maret di Shrine Auditorium, Los Angeles. Kalian bisa mendapatkan tiketnya secara gratis. Apabila kalian tidak bisa datang, acara ini dapat ditonton lewat Twitch dan YouTube.

Event ini akan mengumumkan banyak detil seperti tanggal rilis, nama resmi dari tech demo untuk Final Fantasy XV, dan informasi lainnya. Hajime Tabata selaku sutradara gamenya telah menjanjikan kalau gamenya tidak akan ditunda lebih lama lagi dan rilis di tahun 2016.

Sumber: Gematsu