Kemiripan Presiden Baru Taiwan Dengan Kirishima “Kancolle” Pengaruhi Penjualan Doujin

February 2, 2016 6:51 pm
Kemiripan Presiden Baru Taiwan Dengan Kirishima “Kancolle” Pengaruhi Penjualan Doujin

Kaum penggiat anime dan manga di Taiwan boleh bangga punya presiden baru yang tampak menghargai industri yang sedang berkembang di luar Jepang itu, namun tidak bagi para doujinka salah satu kapal moe dari Kancolle. Karena katanya penjualan doujin mereka menurun setelah presiden mereka mulai terkenal. Apa pasal?

Tentunya kamu masih ingat berita yang kami bahas beberapa hari lalu, dimana presiden baru Taiwan, Tsai Ing Wen mendapatkan “moefikasi” berupa gadis lucu dengan kuping dan ekor kucing yang mirip dengannya (setidaknya 40 tahun lalu) dan menggunakannya untuk kampanye. Sebagai bentuk lanjutan apresiasi terhadap penggiat animasi dan pop culture yang menyukai salah satu bentuk kampanya tersebut, Tsai dilaporkan tampak menghadiri salah satu event doujin di Taiwan untuk melihat lebih jelas para pelaku industri tersebut. Biasanya kamu pasti meneriakkan namanya sebagai bentuk dukungan kan? Tapi tidak dengan Tsai, alih-alih namanya diteriakkan, pengunjung event malah meneriakkan nama “Kirishima!”

Rupanya, di Taiwan tampaknya sudah berlaku sebuah norma baru, bahwa “Presiden baru kita mirip sama Kirishima Kancolle! Moe!” sehingga kedatangannya dalam event tersebut disambut hangat. Hanya saja bukan sebagai pemimpin bangsa baru yang memikul tanggung jawab mensejahterakan masyarakat, namun lebih kayak kita neriakin cosplayer beken yang sedang melintas depan kita. Semirip apa sih? Lihat saja salah satu “cosplay“nya:

Namun bukan saja huru-hara kemeriahan dan kesenangan yang nampak dalam event tersebut setelah Tsai datang. Dilaporkan, sejak “norma” itu berlaku, doujin yang menampilkan Kirishima sebagai karakter utamanya jadi gak laku dijual! Wajar sih, saya bisa membayangkan banyak warga Taiwan yang sekarang sedang membaca doujin Kirishima jadi teringat wajah dan sosok Tsai di doujin mereka, sedang “begini” dan “begitu”. Cannot Unsee!

Sampai berita ini dimuat belum ada tanggapan dari kubu Tsai mengenai fenomena sosial yang tidak biasa ini. Namun saya hanya bisa turut berduka bagi para penggemar Kirishima yang mungkin sedang mempertimbangkan untuk menyegel koleksi doujin Kirishima mereka rapat-rapat. Setidaknya sampai masa jabatan Tsai berakhir.

Sumber: Rocketnews