Pembuat Skin Minecraft Dituntut Melanggar Hak Cipta Oleh Kadokawa Karena Membuat Skin Kanmusu

February 3, 2016 10:03 am
Pembuat Skin Minecraft Dituntut Melanggar Hak Cipta Oleh Kadokawa Karena Membuat Skin Kanmusu

Minecraft merupakan sebuah game yang cukup berkembang di Jepang, terbukti dengan betapa seringnya Bukan_Randy mengikuti seri Let’s Play orang-orang Jepang dan kreativitas mereka dengan game tersebut. Dalam game Minecraft, kamu tidak hanya bisa berpetualang dalam dunia open world yang begitu luas, tapi juga bisa membuat berbagai macam hal. Misalnya kota Shiganshina dari seri Shingeki no Kyojin, dunia Oz dari Summer Wars, bahkan video klip Bad Apple.

JOI - skin minecraft kancolle melanggar lisensi (1)

Dalam game tersebut kamu juga bisa mendandani karaktermu yang biasanya memakai skin default Steve dengan skin baru, tidak terkecuali kanmusu dari seri Kantai Collection. Pada awalnya, skin tersebut dapat di-download dari blog junkfactoryf, namun sudah dihapus karena Kadokawa mengirimkan email ke pembuatnya dengan nama Twitter Kyou karena dianggap melanggar peraturan hak cipta. Kadokawa mengklaim kalau mereka mengalami kerugian besar, berikut adalah runtutan tweet milik penulis blog tersebut.

JOI - skin minecraft kancolle melanggar lisensi (2)

Kami baru saja menerima peringatan dari Kadokawa kalau skin Minecraft bertema kanmusu telah melanggar hak cipta dan harus dihapus. Saat ini entry di blog memang belum dihapus, tapi ada indikasi nanti harus dihapus juga. Tapi tenang saja karena hanya tema kanmusu saja yang akan dihapus.

JOI - skin minecraft kancolle melanggar lisensi (3)

Tapi yang benar saja, memangnya skin Minecraft bisa merugikanmu sebesar apa sih…

JOI - skin minecraft kancolle melanggar lisensi (4)

We are suffering enormous economic losses by these copyright infringements.
Ini baru bagian pertamanya dari email-nya saja, memang seberapa ‘besar kerugian ekonomi’ mereka.

JOI - skin minecraft kancolle melanggar lisensi (5)

Remove the following files immediately!! Thank you!
Nggak usah dibilang juga akan dihapus. Thank you juga! Tapi aku kesal.

JOI - skin minecraft kancolle melanggar lisensi (6)

Karena itu, kamu yang memakai skin kanmusu di Minecraft sebaiknya hati-hati. Kalau cuma main saja sepertinya tidak apa-apa, tapi bagaimana mereka yang membuat video.

JOI - skin minecraft kancolle melanggar lisensi (7)

Aah, gara-gara ini aku tidak ingin lagi kembali bermain KanColle. Sayonara KanColle.

Saya tidak menyangkal kalau lisensi para kanmusu memang dimiliki oleh Kadokawa dan apa yang dilakukan oleh pemilik blog, Kyou memang melanggar hak cipta. Namun saya lihat Kyou memiliki beberapa poin penting yang juga harus dikaji ulang. Di antaranya Kadokawa tidak pernah menjual skin kanmusu yang bisa ditiru oleh Kyou dan Kyou menyediakan skin tersebut untuk diunduh secara gratis dan tidak diperjualbelikan.

Satu-satunya jalan untuk mendapatkan keuntungan dari skin tersebut adalah menggunakan video yang diunggah ke situs seperti Niconico Douga, namun yang dijual adalah konten videonya dan bukan skin-nya. Walaupun itu sepenuhnya hak Kadokawa untuk menentukan apakah Kyou melanggar atau tidak, hal ini sepertinya agak berlebihan.

Lagipula kalau Kadokawa ingin membuat uang yang banyak, sebaiknya cepat realisasikan stiker LINE KanColle. Masa pedang-pedangan sudah lama ada, tapi kapal-kapalan yang duluan malah belum ada?

sumber: Yaraon!
gambar: Twitter