Karakter Kresna di Shin Megami Tensei IV Final Terkena Protes dari Umat Hindu

February 6, 2016 8:24 pm
Karakter Kresna di Shin Megami Tensei IV Final Terkena Protes dari Umat Hindu

Jika Anda sudah pernah memainkan seri Shin Megami Tensei atau seri Persona, tentunya Anda tahu kalau seri tersebut menggunakan berbagai macam tokoh dari macam-macam mitologi. Mulai dari malaikat, iblis, makhluk mistis, tokoh legenda, hingga berbagai macam dewa-dewi dari berbagai kepercayaan muncul sebagai NPC, summon, teman bertarung, hingga musuh dan boss akhir. Mungkin di zaman modern ini, agak mengejutkan melihat hal tersebut berjalan tanpa ada komplain dari pihak tertentu, setidaknya sampai hari ini.

Kresna (Krishna) adalah salah satu dewa dalam kepercayaan agama Hindu yang merupakan inkarnasi kedelapan dari dewa Wisnu. Di game Shin Megami Tensei IV: Final yang akan rilis minggu depan di Jepang, Kresna muncul sebagai salah satu karakter yang tampaknya cukup berperan. Di game tersebut, Kresna ditampilkan sebagai pemimpin aliansi Politeis (yang juga beranggotakan Miroku/Maitreya, Odin, dan Medusa) yang mengganggu pertarungan antara Tuhan dengan Lucifer dan berlanjut menjadi pertarungan di antara ketiga pihak tersebut. I’ll be honest, that sounds METAL.

Rajan Zed, pemimpin dari Universal Society of Hinduism di Amerika telah melayangkan keluhan kepada Sega Sammy Holdings Inc. sebagai induk perusahaan dari Atlus atas penggambaran Kresna di game Shin Megami Tensei IV: Final dan ingin agar karakter tersebut dihapus dari gamenya. Zed menyampaikan bahwa memperbolehkan pemain untuk “mengendalikan” sang dewa itu berlawanan dengan ajaran umat Hindu di mana para umat seharusnya menaruh takdirnya di tangan para dewa.

Zed juga mengeluhkan penampilan Kresna di gamenya yang memiliki kulit sawo, sementara di ajaran Hindu sendiri lebih sering ditampilkan berkulit biru. Selain itu ia juga mengeluhkan penampilannya yang menggunakan topi fedora yang menurutnya lekat dengan image gangster.

krishcomplain2krishcomplain3
krishcomplain4
Kiri: Kresna di SMT IV: Final; Kanan: gambaran umum Kresna di ajaran Hindu;
Bawah: gambaran umum Kresna di wayang

Ini bukanlah pertama kalinya Rajan Zed mengirimkan keluhan ke sebuah videogame. Sebelumnya Zed pernah mengirimkan keluhan ke game pertama buatan India untuk PS2, Hanuman: Boy Warrior di tahun 2009 atas penggunaan Hanuman sebagai tokoh utama yang dikendalikan di game tersebut. Selain itu, di tahun 2012 Zed juga mengirimkan keluhan ke studio Hi-Rez atas kemunculan Kali dan dewa-dewi Hindu lainnya di game mereka, Smite.

Berikut beberapa reaksi terhadap topik tersebut di situs Hachimakikou:

– Memang sih dari pertama kali lihat Kresna di SMT IV itu ga ada kesan Hindu-nya sama sekali hahaha

– Kresna ada peran penting di ceritanya. Gamenya juga sudah dicetak, susah kalau mau diubah desainnya sekarang.

– Akhirnya kena juga hal yang merepotkan

– Bukannya dari SMT lama sendiri Kresna sudah pernah muncul? Kenapa baru sekarang

– Omong-omong, Wisnu sendiri sudah beberapa kali muncul, tapi Kresna sudah lama tidak muncul ya

Shin Megami Tensei IV: Final akan dirilis di Jepang di 3DS pada 10 Februari 2016.

Sumber: Hachimakikou