10 Alasan Mengapa Kuroneko Yamato di Jepang Adalah Kurir Pengiriman Terbaik di Dunia

February 8, 2016 2:31 pm
10 Alasan Mengapa Kuroneko Yamato di Jepang Adalah Kurir Pengiriman Terbaik di Dunia

Yamato Transport adalah pengiriman door-to-door terbesar di Jepang. Perusahaan pengiriman ini lebih dikenal umum sebagai “kuroneko” (lit. “kucing hitam”) di Jepang karena logo ibu kucing yang sedang membawa anaknya dengan mulutnya yang lucu. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1919 oleh Yasuomi Ogura, yang juga pembuat logonya, dan beliau merasa kalau logo tersebut akan mengingatkan pegawainya untuk menangani parsel-parsel seperti mereka menangani anak-anak mereka.

Tetapi apa yang membuat Kuroneko dicintai oleh orang-orang Jepang?

1. Mereka akan mengirim paket kamu di manapun kamu berada

Apakah kamu tinggal di daerah bersalju yang tidak bisa dilalui ban biasa? Tidak masalah, karena Kuroneko mempunyai kendaraan spesial di armada mereka untuk mencapai lokasi kamu di manapun itu. Di dalam armada pengiriman mereka juga ada kapal feri yang mereka gunakan untuk mencapai beberapa pulau yang agak terpencil di Jepang.

2. Mereka akan kirim ke alamatmu walaupun mereka hanya memiliki nomor telepon dan kode pos kamu.

Untuk saat-saat ketika komputer mengacaukan pengisian alamatmu, Kuroneko tidak akan menyerah dan mengembalikan paket ke si pengirim. Mereka akan memberikan pelayanan lebih dan menggunakan informasimu, seperti nomor telepon dan kode pos, untuk mencari tahu ke mana paketmu harus pergi.

3. Mereka akan memberikan label “Tangani pelan-pelan seperti memegang puding”

Mau kamu sedang menunggu satu paket buku atau mengirim sesuatu yang rentan pecah, kamu bisa yakin kalau paketmu akan ditangani dengan ekstra hati-hati. Kamu bahkan bisa mengirim puding di sebuah piring dan penerimanya akan menerima makanan bergoyang itu dalam kondisi sempurna. Lalu kalau kamu benar-benar mengirim puding, sang supir bersumpah tidak akan menggigit sedikit jika mereka lapar.

4. Mereka akan bekerja sampai kehilangan jari (sarung tangan) mereka

Selain sarung tangan mereka adalah sarung tangan paling imut yang pernah kamu lihat, mereka akan bekerja sampai jari-jari sarung tangannya berlobang.

5. Pelanggan dapat menukar poin Kuroneko untuk mendapatkan sarung tangan itu juga

Sayangnya kamu tidak bisa membeli sarung tangan dengan corak kucing tersebut di toko mana pun, tapi kamu bisa mendapatkannya dari katalog mereka dengan poin Kuroneko. Kamu butuh sekitar 150 poin dan kamu bisa memilih antara warna hijau, pink, biru, dan kuning. Siapa sih yang tidak suka barang imut?

6. Mereka akan selalu perhatian terhadap para kucing

Mau kucing itu sedang di rumah seseorang atau kucing liar yang sedang istirahat di kolong mobil, pegawai Kuroneko tampaknya sangat perhatian agar para kucing tersebut yang menjadi inspirasi logo mereka sedang melewati hari-hari dengan indah.

7. Mereka juga peduli terhadap lingkungan

Di zaman ketika kita harus lebih menjaga lingkungan kita, Kuroneko juga ikut berperan dengan menggunakan gerobak yang terpasang ke sepeda. Kamu bisa melihat ini di mana-mana di perkotaan seperti Tokyo.

8. Mereka akan menumpang pada bus penumpang

Salah satu cara lain perusahaan ini dalam menjaga lingkungan adalah dengan menitipkan paket-paket mereka ke dalam bus-bus jarak jauh yang memang akan searah dengan tujuannya. Irit gas dan emisi, dan membuat ongkos pelanggan lebih irit juga!

9. Mereka akan membantu siapapun, termasuk perusahaan saingan

Pada foto di atas, orang kedua dari kiri adalah pegawai Kuroneko. Empat orang lainnya bekerja untuk Sagawa Express, perusahaan pengiriman saingan. Jangan pernah menelantarkan sesama tukang kirim!

10. Mereka membantu mensponsori film Ghibli “Kiki’s Delivery Service”

Kata “takkyubin” adalah kata yang diciptakan dan dijadikan merek dagang oleh Kuroneko ketika mereka memulai jasa pengiriman door-to-door mereka. Walaupun izin untuk menggunakan kata tersebut tidak dibutuhkan, Kuroneko bahkan tidak hanya mengizinkan penggunaannya, tetapi dengan semangat mensponsori filmnya, mungkin karena seekor kucing hitam bernama Jiji memainkan peran yang sangat penting dalam film tersebut.

Jika 10 hal ini tidak membuatmu percaya dengan Tim Kuroneko, kami pun tidak tahu lagi apa yang harus kami lakukan. Satu hal lagi yang saya pribadi senang dengan Kuroneko adalah mereka memiliki customer service yang bisa berbicara bahasa Inggris dengan lancar! Ini sangat memudahkan orang-orang luar negeri yang tinggal di Jepang yang masih belum terlalu lancar bahasa Jepangnya untuk mengatur kembali pengiriman mereka.

Sumber: Rocketnews

Featured Image: Naver