Netizen Jepang, “Musaigen no Phantom World Cuma Gadis Imut Doang, Gak Ada Ceritanya!”

February 13, 2016 1:43 pm
Netizen Jepang, “Musaigen no Phantom World Cuma Gadis Imut Doang, Gak Ada Ceritanya!”

Perhatian: Artikel ini akan mengandung preview Musaigen no Phantom World episode ke 7, harap melanjutkan membaca dengan kesadaran penuh akan informasi ini.

Siapa saja yang sudah menonton anime Musaigen no Phantom World sampai ke episode terbaru, episode 6? Bagaimana menurut kalian, baguskah anime tersebut setelah tayang setengah season? Mungkin ada juga yang memutuskan untuk berhenti menontonnya karena berbagai alasan. Tayangan tersebut saat ini ternyata sedang menjadi perbincangan di Jepang karena menurut banyak netizen, Musaigen no Phantom World tidak punya daya tarik yang signifikan.

Musaigen, yang pada awalnya dipuja-puja karena diusung oleh studio kawakan setingkat KyoAni memang merupakan anime yang dinanti-nanti terutama karena desain karakternya. Saya sendiri tidak memiliki kata-kata yang pantas untuk menggambarkannya dalam 3 Eps Rule selain banyak waifu material-nya. Bahkan Kaptain berkata 3 Eps Rule tersebut lebih seperti Waifu Wednesday daripada sebuah artikel first impressionI agree.

Justru karena waifu material-nya kini anime tersebut diperbincangkan, beberapa poin-poin yang bisa diambil dari pembicaraan para netizen Jepang kali ini adalah:

Cuma gadis moe untuk pemilik fetish tertentu

JOI - Musaigen is nothing but cute girls (2)

Yang ini sepertinya tidak perlu dijelaskan panjang-panjang, karena sekali melihat anime-nya saja juga sudah ketahuan ada berapa waifu idaman dalam anime ini. Most likely semuanya bisa menjadi kandidat waifu kamu. Dibantu dengan adegan-adegan suggestive dan beberapa sudut kamera yang agak-agak subtle membuat pemilik fetish tertentu bahagia dengan anime ini.

Tidak ada cerita yang berarti

JOI - Musaigen is nothing but cute girls (4)

Sampai saat saya menulis 3 Eps Rule kemarin, saya merasakan anime ini memiliki kemiripan cerita dengan Bakemonogataribut boy am I wrong. Bila Bakemonogatari menjalin cerita dari kisah-kisah kecil setiap karakter yang akan mempengaruhi banyak sekuel dan prekuelnya, Musaigen tidak memiliki itu. Saat ini saya merasa Musaigen hanyalah sedikit bagian dari seri monogatari yang disuntikkan dalam premis light novel generik.

Quite weak protagonists (for now, probably), multiple strong heroines with the potential of being his love interests, top that with fanservice and no other significant male characters aroundnow where have I seen that before…

Rasanya cuma anime bait saja

JOI - Musaigen is nothing but cute girls (3)

Nama besar KyoAni dan presentasi karakter yang baik, dibantu dengan pemasaran word-of-mouth yang dilakukan beberapa penggemar untuk memasarkan para karakter Musaigen memang sukses besar. Banyak orang yang terpancing untuk menonton anime ini, apalagi didasari oleh light novel pemenang award KyoAni. Tapi banyak juga yang ekspektasinya ‘terbanting’ dan terpaksa meninggalkannya.

Sebenarnya diskusi tersebut masih panjang dan banyak orang yang mengekspresikan alasan lain untuk berhenti menonton anime ini. Kamu bisa melihat sebagian transkripnya via situs Yaraon! lewat tautan ini. Diskusi tersebut sepertinya muncul karena adanya sebuah preview episode 7 Musaigen yang menggambarkan para karakter dalam nekomimi dan bertingkah seperti kucing.

JOI - Musaigen is nothing but cute girls (5) JOI - Musaigen is nothing but cute girls (6)

It’s probably the final nail in the coffin for some, mereka yang mengharapkan ada cerita dalam anime ini mungkin kecewa dengan preview tersebut dan akhirnya meledak. Tentu sebagian netizen tidak bisa dianggap sebagai suara semua orang, tidak berarti semua otaku Jepang menganggap Musaigen tidak layak tonton lagi. Secara pribadi saya masih menikmati Musaigen karena karakternya dan tidak berharap cerita yang aneh-aneh.

Kalau saya mau cerita lebih baik saya nonton Boku Dake ga Inai Machi, or better yet, reading it.