[Celebrity Sunday] Hajime Shachou

February 14, 2016 1:18 pm
[Celebrity Sunday] Hajime Shachou

Celebrity Sunday kali ini sedikit berbeda karena tidak membahas artis yang terkenal di dunia nyata, melainkan “artis” yang terkenal di dunia maya. Artis yang akan dibahas kali ini adalah Hajime Shachou (Direktur Hajime), seorang YouTuber asal Jepang. Kebetulan pada hari Valentine ini, Hajime juga merayakan ulang tahunnya yang ke-23.

Hajime sudah memiliki channel YouTube sejak tahun 2012. Pada awalnya, Hajime memiliki channel yang serupa dengan channel-channel YouTuber asal Jepang lainnya, yaitu mengulas berbagai produk Jepang, mulai dari makanan dan minuman hingga barang elektronik. Meski begitu, kadang-kadang dia membuat video yang aneh seperti mencoba mewarnai rambut dengan minuman cola.

Tetapi ternyata terbukti bahwa video-video aneh ternyata lebih laku. Semua video aneh dia berhasil ditonton sampai jutaan kali. Beberapa contoh videonya yang sangat sukses adalah eksperimen Coca-Cola pertama yang mencoba membuat Mentos berbentuk tombak agar bisa mencapai dasar botol Coca-Cola. Sedangkan eksperimen kedua adalah mencoba mandi dengan Coca-Cola, tetapi seluruh tubuhnya ditempeli Mentos. Kedua video ini sudah ditonton lebih dari 10 juta kali.

Setelah itu, Hajime masih rajin membuat video “biasa” dan video “aneh.” Tetapi di tahun 2014, Hajime bergabung dengan UUUM, salah satu Multi-Channel Network terbesar di Jepang. UUUM adalah Multi-Channel Network, sebuah organisasi yang akan membantu YouTuber dalam berbagai hal seperti pendanaan, promosi, dan lainnya. Tetapi mereka akan meminta persenan dari pemasukan YouTuber dari iklan. UUUM didirikan oleh Hikakin, seorang beatboxer yang juga aktif sebagai YouTuber.

Sejak bergabung dengan UUUM, Hajime semakin rajin membuat video-video eksperimen gila. Karena sudah mendapatkan pendanaan yang lebih besar, eksperimen yang dilakukannya pun makin gila-gilaan. Contohnya adalah membeli 365 burger dan membeli semua menu yang ada di restoran Sukiya. Karena banyak video eksperimen gila, kalian bisa menikmati video Hajime tanpa perlu mengerti bahasa Jepang.

Salah satu ciri khas video gila Hajime adalah memperlihatkan betapa borosnya dia. Hajime pernah melakukan eksperimen menghubungkan 100 earphone ke iPhone, mengeluarkan semua gacha yang ada di mesinnya, menyatukan semua minuman yang ada di mini market, menghubungkan 40 kabel extension, dan masih banyak lainnya.

Sekarang, jumlah subcriber Hajime di YouTube sudah mencapai 2,7 juta orang. Karena pengikutnya sudah banyak, baru-baru ini 20th Century Fox bekerjasama dengan Hajime untuk mempromosikan film The Martian di Jepang.

Hajime Shachou merilis video setiap hari. Kalian bisa mengikutinya di channel utama dan channel keduanya. Hajime juga memiliki akun Twitter yang bisa kalian ikuti.